adeb124Avatar border
TS
adeb124
Beda Gelas Beda Rasa Kopi, Bagaimana Bisa? Ini Ternyata Penjelasannya

Dalam minum kopi, taste atau rasa adalah bagian paling penting dalam menikmati kopi. Kenikmatan sajian kopi biasanya dilihat dari kualitas biji dan proses pembuatannya. Tentu saja beda gelas akan beda rasa kopi.

Selain itu, wadah atau gelas saat menyajikan kopi berpengaruh terhadap rasa kopi. Tentu akan beda rasa karena beda gelas penyajian.



Illustrasi (Image: Alamy Stock Photos)

Bagi penikmat kopi sejati, beda gelas sudah pasti beda rasa. Seringkali kopi dihidangkan dalam gelas, tetapi ada pula yang menyajikannya dalam gelas keramik. Sebenarnya, wadah kopi menjadi penting dalam menentukan citarasa kopi.

Berikut pengaruh bahan gelas untuk minum kopi yang berkaitan dengan rasanya:

1. Kaca 


Illustrasi (Image: Alamy Stock Photos)

Espresso atau cappuccino yang disajikan dalam gelas kaca akan menarik perhatian karena kualitas krem atau busa yang ada karena susu. Gelas kaca membuat minuman tetap hangat lebih lama.

Hal ini lantaran konduktivitas termal yang rendah dari gelas kaca mencegah panas cairan dengan cepat menyebar ke dalam cangkir. Untuk menyajikan dan mendapatkan kenikmatan kopi yang hangat atau es kopi, penempatan kopi di gelas kaca adalah yang tepat.

2. Keramik 

Illustrasi (Image: Alamy Stock Photos)

Gelas keramik membuat kopi tetap hangat, dan akan tidak panas jika kopi ditempatkan di gelas porselen ataupun gelas kaca. Permukaan bagian dalam yang berwarna  putih memberikan kontras warna yang baik, sehingga kopi terlihat kuat atau intens. 

Sementara, minuman kopi semacam espresso lebih baik disajikan di gelas keramik. Pasalnya, gelas keramik mampu menahan panas lebih baik. Bahkan, banyak kedai kopi di Eropa sengaja memilih keramik untuk menyajikan minuman kopinya agar tidak segera membeku.

Sedangkan harga gelas keramik biasanya lebih mahal dari gelas kaca tempered glass yang paling berkualitas sekalipun. Padahal, gelas kaca harganya bisa belasan ribu satu set, kalau gelas keramik biasanya di atas Rp 100 ribu.

3. Plastik


Illustrasi (Image: Alamy Stock Photos)

Tidak seperti gelas kaca ataupun keramik, gelas plastik akan menyerap bau seiring waktu. Hal ini tentunya akan mengurangi kenikmatan dalam minum kopi.

Seiring waktu, plastik menyerap bau dan rasa. Untuk melihat seberapa banyak cangkir plastik bisa menyerapnya, isi cangkir plastik tua dengan kopi dan minumlah.

4. Stainless Steel




Illustrasi (Image: Alamy Stock Photos)

Kopi yang disajikan dalam gelas berbahan stainless steel akan dingin lebih cepat karena panas dengan mudah ditransfer ke material tersebut.

Gelas dengan sentuhan perak atau silver juga dikaitkan dengan kualitas dan biaya dan memberikan tampilan yang lebih modern pada cangkir.

5. Kertas

Illustrasi (Image: Alamy Stock Photos)



Gelas sekali pakai yang terbuat dari kertas cenderung dilapisi dengan plastik untuk mencegah cairan bocor atau meresap.

Bukan kebetulan, kopi takeaway sering disajikan dalam cangkir atau dengan grip berwarna cokelat dan dibuat dari kertas atau karton daur ulang.

Gelas ini biasanya dipakai untuk penyajian kopi yang dibawa sambil jalan atau takeaway. Kini, hampir semua kedai kopi menggunakan gelas kertas untuk pembelian dibawa pulang.




minhakim20
cheria021
bedypop
bedypop dan 10 lainnya memberi reputasi
9
3.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.