ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Kenapa Bus Zaman Now Posisi Mengemudinya Rendah?
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane akan bahas seputar kenapa bus zaman posisi mengemudinya rendah Gansis.




Ketika membandingkan bus zaman dulu dan bus zaman now, akan ditemukan kalau bus zaman now atau bus zaman sekarang itu posisi mengemudinya rendah. Mungkin mengherankan bagi Gansis yang membandingkan bus zaman dulu dan zaman sekarang.

Jadi, mengapa bus zaman sekarang posisi mengemudinya atau kokpitnya lebih rendah dari bus zaman dulu? Nah, oleh karena itu, ane akan menjawabnya nih di thread ini.

1. Faktor Psikologis





Serius. Jika posisi mengemudi dari supir bus tersebut lebih tinggi, maka supir dari bus akan lebih merasa bahwa dia lebih tinggi dari pengemudi-pengemudi lainnya Gansis.

Apa efeknya? Jelas, supir akan lebih termotivasi untuk ugal-ugalan. Karena merasa bahwa dia lebih tinggi dari pengendara-pengendara lainnya. Tentu, hal ini sangat membahayakan karena ugal-ugalan bahaya sekali. Ugal-ugalan dengan motor saja sudah berbahaya sekali, apalagi bus.




Maka dari itu, karoseri membuatkan tempat duduk supir yang lebih rendah Gansis. Salah satu tujuannya ialah mencegah ugal-ugalan dari segi psikologis. Dengan ini, resiko kecelakaan pun bisa ditekan, resiko ada korban yang terluka juga bisa ditekan.

2. Faktor Blindspot





Semakin tinggi duduknya, semakin besar blindspotnya. Blindspot di area depan menjadi semakin besar. Itu juga menjadi alasan mengapa bus-bus tingkat kokpitnya dibawah dan bukan diatas.

Jika blindspot lebih banyak, resiko kecelakaan juga akan lebih tinggi. Pernah gak nabrak gara-gara blindspot? Nah, mengurangi blindspot itu sangat penting, selain untuk mencegah bemper ancur gara-gara nyerobot nabrak tembok, untuk lebih jelas melihat kendaraan yang ada di depan.




Dengan posisi mengemudi yang lebih rendah, bemper akan lebih berpotensi untuk lebih awet dengan blindspot yang lebih rendah. Safety akan terdongkrak karena lebih gampang memperkirakan jarak antara ujung body bus dengan mobil di depan.

Nah, itu dia kenapa bus zaman now posisi mengemudinya rendah. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

hoorray
alfidanger
RifanX
RifanX dan 32 lainnya memberi reputasi
33
9K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.