News
Batal
KATEGORI
link has been copied
17
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b04072a0e25d7b72560842/viral-vaksin-covid-19-disebut-mengandung-magnet-kemenkes-pastikan-hoax
Viral di media sosial yang menyebutkan efek setelah vaksin COVID-19 bisa menimbulkan reaksi magnetis. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan vaksin disebut mengandung magnet merupakan informasi bohong atau hoax (hoaks).
Lapor Hansip
28-05-2021 07:59

Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax

Past Hot Thread
Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 06:14 WIB

Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
Siti Nadia Tamizi (Biro Pers Sekretariat Presiden)


Quote:
Jakarta - 
Viral di media sosial yang menyebutkan efek setelah vaksin COVID-19 bisa menimbulkan reaksi magnetis. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan vaksin disebut mengandung magnet merupakan informasi bohong atau hoax (hoaks).

"Ini hoax ya," kata juru bicara vaksin Kemenkes, Siti Nadia Tamizi kepada wartawan, Kamis (27/5/2021).


Nadia mengatakan vaksin COVID-19 mengandung sejumlah bahan yang langsung menyebar ke seluruh jaringan tanpa menyisakan cairan di titik injeksi. Uang logam yang menempel di permukaan kulit dalam video viral tersebut pun menurut Nadia karena cairan keringat.

"Vaksin mengandung bahan aktif dan nonaktif, di mana bahan aktif berisi antigen dan bahan non aktif berisi zat untuk menstabilkan, menjaga kualitas vaksin agar saat disuntikkan masih baik, ada pun jumlah cairan yang disuntikkan hanya 0,5 cc dan akan segera menyebar di seluruh jaringan sekitar, sehingga tidak ada carian yang akan tersisa di tempat bekas suntikan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Nadia uang juga mengandung nikel yang tak bisa menimbulkan magnetis.

"Logam dapat menempel di permukaan kulit yang lembab biasanya disebabkan keringat. Pecahan uang logam seribu rupiah terbuat dari bahan nikel dan nikel bukan logam yang bisa menempel karena daya magnet," imbuhnya.


Viral Vaksin COVID-19 Mengandung Magnet

Narasi yang menyebutkan vaksin COVID-19 dapat menimbulkan reaksi magnetis pada tubuh sebelumnya beredar di media sosial. Dalam beberapa unggahan, tersemat pula video yang memperlihatkan sejumlah orang membuktikan kebenaran narasi tersebut.

Mereka tampak membuktikan kebenaran narasi reaksi magnetis itu dengan menempelkan magnet pada bagian lengan bekas suntikan vaksin COVID-19. Hasilnya, magnet-magnet itu pun menempel di lengan para penerima vaksin tersebut.

Dari unggahan tersebut, spekulasi kemudian berkembang mengenai adanya microchip magnetis dalam vaksin COVID-19. Microchip magnetis itu yang dianggap menyebabkan tubuh bereaksi seperti magnet. Lantas, benarkah ada microchip magnetis dalam vaksin COVID-19 dan menimbulkan reaksi pada tubuh?

Ahli fisika dari National High Magnetic Field Laboratory Amerika Serikat Eric Palm menegaskan tidak mungkin ada microchip magnetis yang terbawa dalam suntikan vaksin COVID-19. Palm menjelaskan ukuran jarum vaksin yang sangat kecil, yakni sepersekian milimeter, hanya akan mampu membawa partikel magnetis dengan kadar yang sangat rendah.


Opini dari Daddy:
Keren bray
emoticon-Matabelo
Ternyata ada yang menanamkan microchip magnet di vaksin untuk menciptakan human mutant kayak Magneto. emoticon-Kagets
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
toinxx08 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 08:02
Yang percaya pasti itu-itu juga...
profile-picture
profile-picture
Ndaru4u dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 08:02
Pengen jadi Human Mutant kayak Magneto? emoticon-army

Ayo vaksin segera emoticon-army

emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 08:03
Itu Hoaks bersumber dari antivax Amerika....nyebar kemana-mana. Jangan lsg percaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ndaru4u dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 08:06
Keringetnya lengket.. Jarang mandi kayaknya. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Ndaru4u dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 08:17
Sudah dipastikan itu reaksi magnetis dari microchip/nanobots yang terkandung dalam vaksin! emoticon-Marah














Gobloknya udah kayak kadrun belum, bre? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Ndaru4u dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 08:26
pasti yg percaya hal ginian golongan yg ntu ............ emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
Ndaru4u dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 08:32
Jangan mau dibegoin bule republikan agamis ga jelas

Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax

Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
Diubah oleh munapigg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ndaru4u dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 09:39
yg percaya pasti golongan ono noh
profile-picture
profile-picture
Ndaru4u dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 10:29
kalau dibaca pelan2 aja udah ketahuan kalau itu hoaks gan
profile-picture
profile-picture
Ndaru4u dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 11:45
waw gak nyangka naik HT
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
secer dan Ndaru4u memberi reputasi
1 1
0
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 16:04


emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh gofivik130
profile-picture
profile-picture
Ndaru4u dan daddydaddydoo memberi reputasi
2 0
2
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 19:57
lama lama bakalan ada yang bilang mengandunh benih raja iblis
profile-picture
Ndaru4u memberi reputasi
1 0
1
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 20:01
HTnya cepet amat ilangnya 😂.
profile-picture
Ndaru4u memberi reputasi
1 0
1
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 22:12
Yg bikin hoaks gk ngotak kali yaa.. Bisa bisanya disangka mengandung magnet.. Kalo bener misal kita ketemu orang yg sama sama udah divaksin ntar bisa nempel dong wkwk
profile-picture
Ndaru4u memberi reputasi
1 0
1
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
28-05-2021 23:50
Apakah yang komen di atas ane sudah pada di vaksin dua kali?.... Ane orang awam, tdk masuk daftar VIP jd blm di vaksin...emoticon-Cool
Yang sudah divaksin tolong buktikan kebenarannya dong... Mumpung masih anget nih beritanya... emoticon-Bingung
Diubah oleh Ndaru4u
0 0
0
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
29-05-2021 02:21
Yang bikin hoax sangat jenius nih gan 😅
0 0
0
Viral Vaksin COVID-19 Disebut Mengandung Magnet, Kemenkes Pastikan Hoax
31-05-2021 12:53
Wkwkwkw yg percaya ada chipnya siapa hayo 🙈
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia