munapiggAvatar border
TS
munapigg
Indonesia Kirim 200 Oxygen Concentrators ke India, Bantu Tangani Covid
Merdeka.com - Pemerintah mengirimkan bantuan hibah kemanusiaan kepada India untuk menangani pandemi Covid-19. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyatakan, bantuan kemanusiaan ini adalah bentuk solidaritas Indonesia untuk India.

"Bantuan kemanusiaan yang akan dikirimkan ini berupa 200 unit oxygen concentrators. Sebelumnya pada tanggal 10 Mei pemerintah bersama asosiasi dan pelaku industri Indonesia juga telah mengirimkan 1.400 tabung oxygen cylinders ke India, bantuan kemanusiaan ini adalah wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India, bantuan kemanusiaan ini diharapkan dapat membantu India dalam menangani pandemi Covid-19," katanya dalam konferensi pers YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/5).

Dia menyatakan Indonesia dan India merupakan sahabat lama dan bermitra sejak era Presiden Soekarno.

"Indonesia dan India adalah sahabat lama, sahabat dekat sekaligus mitra strategis. Persahabatan dua negara telah terjalin sejak masa Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru sampai sekarang di masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Modi," ujarnya.

Terkait penanganan pandemi, India-Indonesia telah bekerja sama sejak awal untuk pengadaan bahan baku vaksin. Bahkan, Retno mengingat, bagaimana pemerintah India memfasilitasi sehingga ekspor bahan baku obat yang pada saat itu sangat diperlukan oleh Indonesia dapat diperoleh.

"India juga berperan penting dalam mendukung pengadaan vaksin melalui kerangka multilateral melalui COVAC facility," jelasnya.

Selain itu, dia menyampaikan, bantuan yang dikirimkan untuk negara sahabat bukanlah hal yang pertama. Sebelumnya Indonesia pernah kirimkan bantuan ke Wuhan, Tiongkok dan Palestina.

"Indonesia juga memberikan bantuan kepada sahabat kita di Palestina, dan negara-negara pasifik Indonesia juga berkontribusi melalui CEPI untuk mendukung akses setara vaksin bagi semua negara,” tandas Retno.


sumber

Awas dinyinyiri jamaah bipangiyah

khu.lung
Cikklancang
rajkapoor
rajkapoor dan 4 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.