• Beranda
  • ...
  • Movies
  • Streaming vs TV Berlangganan, Agan Pilih yang Mana?

cintadine
TS
cintadine
Streaming vs TV Berlangganan, Agan Pilih yang Mana?
Selamat datang kembali di thread ane gan.



Media hiburan apa yang ada di rumah sebagian orang? Tentunya televisi dong gan. Nah, tv ini ada yang gratis menggunakan antena UHF dan menangkap siaran free to air. Ada juga yang memasang parabola dan berlangganan tv berbayar. Adanya tv berlangganan ini memang sudah lama ada termasuk di Indonesia. Namun sejak beberapa tahun terakhir, banyak penyedia tv berbayar di Indonesia yang gulung tikar karena kurangnya peminat hingga kualitas siaran yang kurang. Hal ini ditambah dengan munculnya layanan over the top (OTT) berupa streaming service yang menyediakan berbagai acara dan film yang berkualitas. Katakanlah salah satunya adalah Netflix. Kehadiran Netflix dkk harus diakui mengubah kebiasaan banyak orang dalam menonton konten hiburan.

Apakah benar kehadiran platform streaming seperti Netflix kian menggerus tv berlangganan? Berikut ini ane bandingkan keduanya beserta dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

TV Berlangganan


TV berlangganan adalah jenis siaran tv yang menggunakan jaringan satelit ataupun kabel atau yang biasa disebut tv kabel. Saluran premium hanya bisa ditangkap setelah pengguna membayar biaya langganan melalui provider tv berlangganan. Di Indonesia provider tv berlangganan pertama adalah Indovision yang sekarang sudah menjadi MNC Vision. Banyak provider tv berlangganan di Indonesia yang sudah bangkrut seperti Aora TV, Big TV, Topas, dll.

Pengguna dapat berlangganan tanpa paket internet namun sekarang ada yang sepaket dengan internet dengan fitur menonton acara lampau hingga 7 hari ke belakang. Namun paket tersebut terbilang lebih mahal. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan tv berlangganan.

Kelebihan

- Tak perlu berlangganan internet dan bisa ditonton sepanjang waktu selama masih berlangganan.

- Mendapatkan banyak channel apalagi jika berlangganan paket yang termahal

- Menonton live acara olahraga unggulan dan diremendasikan bagi yang suka nonton bola

Kekurangan:

- Harga berlangganan relatif mahal, bisa mencapai di atas dua ratus bahkan tiga ratus ribu per bulan.

- Tidak bisa nonton acara tv yang diinginkan dan harus nonton apa adanya sesuai jadwal yang ada

- Proses instalasi yang cukup ribet dan harus mendatangkan teknisi ke rumah.

- Rentan gangguan cuaca.


Platform Streaming


Media ini masih terhitung baru walaupun sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Platform streaming digital adalah layanan OTT yang menyediakan video sesuai permintaan para pengguna, dengan kata lain pengguna bisa dengan bebas menentukan tontonan yang sudah disediakan dan inilah keunggulan platform streaming. Saat ini yang merajai adalah Netflix dan disusul oleh HBO, Amazon Prime, Disney+, Hulu, dll. Platform streaming inilah yang disukai oleh generasi milenial dan Z karena kemudahannya di tengah harga paket internet yang semakin murah. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan platform streaming:

Kelebihan:

- Harga berlangganan lebih murah. Harga berlangganan Netflix yang paling murah di Indonesia bahkan hanya Rp. 55.000 per bulan untuk ponsel. Harga berlangganan tv berbayar bisa sampai tiga kali lipatnya dan itupun channelnya tidak lengkap.

- Bisa pilih tontonan sendiri tanpa harus menonton secara linear seperti di tv biasa. Pengguna bisa menonton series secara maraton, lengkap dan utuh tanpa resiko ketinggalan.

- Aktivasi mudah, tak perlu daftar ribet seperti mendatangi gerai dan panggil teknisi ke rumah untuk proses instalasi. Cukup bayar dan langganan langsung aktif.

- Bisa ditonton di mana saja termasuk di smartphone

Kekurangan:

- Harus menggunakan koneksi internet

- Dalam satu layanan streaming terkadang kita tidak bisa menemukan series favorit kita dan malah ada di layanan streaming yang lain.

Nah, ada lagi kelebihan dan kekurangan lainnya yang agan tahu? Dan agan pilih tv berlangganan atau streming nih? emoticon-Big Grin

Quote:
indramamothgaligulagaluDaniswara92
Daniswara92 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
5.7K
124
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.8KThread17.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.