• Beranda
  • ...
  • Solo
  • Pleseran, Tempat Plesiran Yang Adem Dan Nyaman Di Kaki Gunung Lawu

mayyarossaAvatar border
TS
mayyarossa
Pleseran, Tempat Plesiran Yang Adem Dan Nyaman Di Kaki Gunung Lawu
Piknik, pada dasarnya merupakan kebutuhan manusia untuk beristirahat dan refreshing dari penatnya keseharian. Piknik tak perlu jauh-jauh, di dekat-dekat kita aja udah oke kok. Bahkan, ada gurauan yang mengatakan, buat emak-emak, diajak suami ke sesemarket aja udah serupa piknik.

Halo Agan Sista, jumpa lagi dengan ane, Mayya Rossa, penyaji thread inspiratif dan informatif. Omong-omong soal piknik, ane mau sharing tentang salah satu tempat wisata yang baru hits di Solo. Eits, sekalian ngeramein COC Soloraya nih.



Kemarin, ane dan suamik berkesempatan jalan-jalan ke salah satu tempat yang sedang hits di Solo, yaitu Bumi Perkemahan Pleseran. Bumi perkemahan ini terletak di kaki Gunung Lawu, tepatnya di Jalan Nglurah, Area HutanTawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.


Lokasi ini, tepatnya, dari Pasar Tawangmangu, naik sedikit, lalu ambil kanan, pas di atas Panti sosial anak Tawangmangu. Nanti akan ada plang Jalan Nglurah. Nanti tinggal ikuti saja jalan itu.

Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi berbagai tanaman hias di kiri kanan jalan. Warga kampung sekitar memang menjual tanaman hias dan mendisplaynya di halaman rumah mereka.



Ane kemarin sampai sana sudah pukul setengah empat sore, jadi suasana sudah cukup dingin. Masuk area camp, kami langsung disambut oleh hutan pinus yang diselimuti kabut. Keren banget, euyy.



Bumi perkemahan ini bagus banget, GanSist. Buper ini dikelilingi hutan pinus, so, suasana di sini sejuk banget. Dan di situ, ada sungai kecil yang mengalir, lalu di bawah, sungai itu dibendung menjadi telaga yang bernama Telogo Asmoro.



Sungai ini pun berbatu-batu. Di telaga itu, banyak yang berendam, berenang, atau pun hanya duduk-duduk di atas ban. Wah, seru banget 'kan, GanSist?



Di sini, ada 3 camp area yang tersedia. Camp area merupakan area datar berumput yang diantaranya ada pohon-pohon pinus.


Camp Area 1


Camp Area 2


Camp Area 3


Di sana juga terdapat gardu pandang untuk menikmati pemandangan. Gardu pandang ada di atas telaga. Eits, bisa buat spot foto jugak loh!



Selain itu, ada juga wahana flying fox. Wahana ini melintang dari atas danau, hingga di belakang loket. Cukup untuk membuat deg deg sirr.


Jalan Utama

Oh ya, buat Agan Sista yang hobby fotografi, tempat ini cukup bagus buat foto-foto. Selain punya beberapa spot foto seperti sungai, telaga, gardu pandang, ada juga semacam photo booth di sana.



Tempat ini juga telah dilengkapi dengan kamar mandi dan WC, serta musholla. Lahan parkir juga cukup luas. Untuk mobil, bisa naik ke atas.


Toilet


Mushola

Oh ya, ini yang paling penting. Tiket masuk ke sana kemarin hanya 7.500 per orang untuk sekali berkunjung. Bila akan camping, kita hanya bayar 10.000 ajah loh. Untuk parkir roda dua juga hanya 2.000 rupiah. Oh ya, mobil pun bisa masuk sampai ke area camp.



Nah, Agan Sista sekalian, buat yang mau ke tempat ini, bisa ketik pleseran di maps ajah. Tempat ini recomended banget buat yang pingin ngadem, sekedar mendengarkan suara alam. Gemerisik pinus, desir air sungai, dan cicit burung cukup memdamaikan hati.

Jogja, 24 Mei 2021

Dari ane, yang kemarin jalan-jalan ke Pleseran setelah njagong manten.


Narasi pribadi dan dokumentasi pribadi (photo by Mas Bojo dan Mas Rahman, makasih)
Diubah oleh mayyarossa 24-05-2021 13:41
Daniswara92
siapika
toinxx08
toinxx08 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
3.5K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Solo
Solo
icon
623Thread742Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.