News
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60ae82f1f39a4f2c2f211b0f/ratusan-ribu-rakyat-papua-teken-petisi-tolak-otsus-hanya-rekayasa-politik-jakarta
Suara.com - Juru Bicara Petisi Rakyat Papua, Sam Awon mengungkapkan sudah ada 714.066 rakyat Papua Barat hingga mereka yang berada di luar negeri yang menandatangani petisi menolak otonomi khusus (otsus) Papua. Mereka menganggap otsus bukan sebuah solusi bagi keinginan mereka untuk menentukan nasibnya sendiri. Petisi Rakyat Papua sudah berjalan sejak Mei 2020 hingga April 2021. Penolakan otsus mem
Lapor Hansip
27-05-2021 00:18

Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta

Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
Suara.com - Juru Bicara Petisi Rakyat Papua, Sam Awon mengungkapkan sudah ada 714.066 rakyat Papua Barat hingga mereka yang berada di luar negeri yang menandatangani petisi menolak otonomi khusus (otsus) Papua.

Mereka menganggap otsus bukan sebuah solusi bagi keinginan mereka untuk menentukan nasibnya sendiri.

Petisi Rakyat Papua sudah berjalan sejak Mei 2020 hingga April 2021. Penolakan otsus memang bukan hanya dilakukan pada saat ini, karena mereka telah memperjuangkan dari beberapa tahun ke belakang.

"Tahun 2000, 2001, 2005 gelombang perlawanan yang besar, 2011 itu landasan rakyat menolak otsus karena bagi rakyat Papua bahwa yang diinginkan bukan otsus, tapi hak menentukan nasib sendiri sebagai satu bangsa yang merdeka," kata Sam Awon dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (25/5/2021).

Otsus secara perdana dikeluarkan pasca reformasi pada 1998. Sejak dilahirkan, rakyat Papua menolak keras dengan adanya otsus tersebut.

Selama 20 tahun, mereka menganggap otsus merupakan produk pemaksaan yang gagal. Karena menurut mereka yang juga berasal dari 110 organisasi masyarakat Papua itu, fakta yang terjadi di lapangan, sektor-sektor ekonomi, pendidikan dan kesejahteraan tidak bermanfaat bagi rakyat Bumi Cenderawasih.

Selain itu, otsus juga dianggap gagal dalam memihak, memberdayakan serta memproteksi tanah dan orang Papua.

"Otsus hanya menjadi rekayasa politik Jakarta untuk menghalau tuntutan-tuntutan damai bangsa Papua untuk menentukan nasibnya sendiri," ujarnya.

Di samping itu, Sam Awon menerangkan kalau rakyat Papua ingin adanya penyelesaian secara damai, demokratis dan tuntas berdasarkan prinsip-prinsip internasional nan bermartabat.

"Rakyat Papua telah menolak dengan tegas segala bentuk kompromi sepihak yang mengatasnamakan rakyat Papua dan agenda-agenda pembahasan yang berujung keputusan tanpa melibatkan rakyat Papua selaku subjek dan objek persoalan rakyat di tanah Papua," tegasnya.
https://www.suara.com/news/2021/05/2...olitik-jakarta
Cek lagi siapa yang bikin Otsus perkembangannya bermasalah di Papua
700 ribu berarti 1/5 kira-kira dari total Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
Suara.com - Juru Bicara Petisi Rakyat Papua, Sam Awon mengungkapkan sudah ada 714.066 rakyat Papua Barat hingga mereka yang berada di luar negeri yang menandatangani petisi menolak otonomi khusus (otsus) Papua.

Mereka menganggap otsus bukan sebuah solusi bagi keinginan mereka untuk menentukan nasibnya sendiri.

Petisi Rakyat Papua sudah berjalan sejak Mei 2020 hingga April 2021. Penolakan otsus memang bukan hanya dilakukan pada saat ini, karena mereka telah memperjuangkan dari beberapa tahun ke belakang.

"Tahun 2000, 2001, 2005 gelombang perlawanan yang besar, 2011 itu landasan rakyat menolak otsus karena bagi rakyat Papua bahwa yang diinginkan bukan otsus, tapi hak menentukan nasib sendiri sebagai satu bangsa yang merdeka," kata Sam Awon dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (25/5/2021).

Otsus secara perdana dikeluarkan pasca reformasi pada 1998. Sejak dilahirkan, rakyat Papua menolak keras dengan adanya otsus tersebut.

Selama 20 tahun, mereka menganggap otsus merupakan produk pemaksaan yang gagal. Karena menurut mereka yang juga berasal dari 110 organisasi masyarakat Papua itu, fakta yang terjadi di lapangan, sektor-sektor ekonomi, pendidikan dan kesejahteraan tidak bermanfaat bagi rakyat Bumi Cenderawasih.

Selain itu, otsus juga dianggap gagal dalam memihak, memberdayakan serta memproteksi tanah dan orang Papua.

"Otsus hanya menjadi rekayasa politik Jakarta untuk menghalau tuntutan-tuntutan damai bangsa Papua untuk menentukan nasibnya sendiri," ujarnya.

Di samping itu, Sam Awon menerangkan kalau rakyat Papua ingin adanya penyelesaian secara damai, demokratis dan tuntas berdasarkan prinsip-prinsip internasional nan bermartabat.

"Rakyat Papua telah menolak dengan tegas segala bentuk kompromi sepihak yang mengatasnamakan rakyat Papua dan agenda-agenda pembahasan yang berujung keputusan tanpa melibatkan rakyat Papua selaku subjek dan objek persoalan rakyat di tanah Papua," tegasnya.
https://www.suara.com/news/2021/05/25/230000/ratusan-ribu-rakyat-papua-teken-petisi-tolak-otsus-hanya-rekayasa-politik-jakarta
Cek lagi siapa yang bikin Otsus perkembangannya bermasalah di Papua
Banyak banget warga Papua di luar negeri. Warga atau simpatisan provinsi Papua Barat dan Papua
Diubah oleh mabdulkarim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk untuk memberikan balasan
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 00:27
polisi diam saja ketika pelaku makar berkerumun mengabaikan prokes emoticon-Cape d...




profile-picture
profile-picture
loungerkaskus dan banteng.muda memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 00:39
mampus.
akibat tim petruk sibuk pamer ketololan teriak paling lantang di pbb bela hamas filistin.
ehh ternyata gencatan senjata itu jasa mesir dan qatar.emoticon-Ngakak (S)
sementara ketololan itu disaksikan provinsi wilayah timur umumnya dan kafir khususnta,
apa ada marwah yang tersisa tuh, apa masih ada respek tuh. semua sudah digadaikan demi menyenangkan mayo.emoticon-Ngakak (S)
tabur tuai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gaberoi! dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 00:59
Papua bukan arab
Skip
profile-picture
gesermeja memberi reputasi
1 0
1
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 01:23
Makin seru, makin serius.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gesermeja memberi reputasi
2 0
2
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 01:31
Yakin lu pada minta merdeka?? emoticon-Leh Uga

Ntar ujungnya impor makanan dll dari indo juga kayak timtim

emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 01:31
Israel harus tau,
Ada lost sheep-nya yg sedang dizolimi rezim Fir'aun.


emoticon-Leh Uga
profile-picture
selldomba memberi reputasi
1 0
1
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 01:50
Hati2 saja, indonesia timur bukan mayo I, kalo semua memberontak, pusing pala jakarta
0 0
0
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 02:19
coba sebelum demo nyalahin pusat

coba cek apakah kepala desa, camat,bupati, walkot, dan gubernur kalian ada di tempat yang seharusnya atau sedang wisata di Jakarta? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 03:14
fakta yang terjadi di lapangan, sektor-sektor ekonomi, pendidikan dan kesejahteraan tidak bermanfaat bagi rakyat Bumi Cenderawasih.


Kalo tidak di manfaatkan ya sampai kapan pun tidak akan bermanfaat
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 07:05
Yg bacot kek gini kalau gak opm ya mahasiswa modal bacot bikin hoax.

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 07:06
Yang penting palestinak
0 0
0
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 07:16
mendingan hukuman buat koruptor dana otsus diperberat korupsi 10 jt langsung hukum mati aja dan ga bisa banding dan organ tubuh yang masih berguna disumbangkan dan duit nya dipakai untuk rakyat papua.
0 0
0
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 07:40
Dikomporin Vanuatu minta merdeka,
Soalnya Vanuatu negara pulau kecil Oseania yang 50 tahun lagi belum tentu ada karena calon tenggelam korban Sea Level Rising akibat Global Warming.
Lumayan kalau berhasil, Vanuatu minta jatah 1 wilayah buat migrasi penduduk mereka, buat negara baru,
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 07:52
Kira kira yg demo tau apa kagak ye
Otsus yg ngelola siapa.?

emoticon-Bingung
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 09:47
israel ga mau bela papua ?
0 0
0
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 13:07
sekarang indonesia dibilang penjajah sama orang2 papua emoticon-Cape d...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 14:29
Jadi, sebaiknya bagaimana ya gan ini ke depannya, saya pgn tahu pendapatnya
0 0
0
Ratusan Ribu Rakyat Papua Teken Petisi Tolak Otsus: Hanya Rekayasa Politik Jakarta
27-05-2021 14:32
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Kasih papua merdeka,
tebakan ane gak beberapa lama nanti bakal terjadi perang saudara di sono.

emoticon-Malu
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia