Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
266
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60aadf3c47e4fe299b75c9bd/sistem-cod-saat-pembeli-benar---benar-jadi-raja
Cash On Delivery (COD) adalah salah satu metode pembayaran dengan cara pembeli membayar barang saat barang diterima, atau lebih dikenal dengan istilah bayar ditempat. Dalam jual beli online, sistem pembayaran ini lebih disukai pembeli karena lebih menguntun
Lapor Hansip
24-05-2021 06:03

Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi RajaSistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja

Cash On Delivery (COD) adalah salah satu metode pembayaran dengan cara pembeli membayar barang saat barang diterima, atau lebih dikenal dengan istilah bayar ditempat. Dalam jual beli online, sistem pembayaran ini lebih disukai pembeli karena lebih menguntungkan. Selain tidak perlu repot mentransfer, pembeli juga merasa aman, karena ia baru akan membayar jika barang sudah ia terima.

Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja

Meski COD bukan hal baru, nampaknya masih banyak masyarakat kita yang masih awam dengan sistem ini. Karena namanya "bayar ditempat", mereka menganggap bahwa mereka bisa membuka paket dan mencobanya terlebih dahulu. Jika cocok dan sesuai dengan ekspektasi mereka, baru mereka akan membayarnya. Sebaliknya, jika pesanan tidak sesuai keinginan atau tidak sesuai dengan deskripsi, maka ia berhak menolak dan mengembalikannya ke kurir.

Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja

Padahal, pemahaman seperti ini jelas - jelas salah. Meski namanya "bayar ditempat", bukan berarti pembeli bebas membuka dan mencoba lalu mengembalikan paket ke kurir jika dirasa pesanannya tidak sesuai. Alur yang benar adalah, pembeli menerima paket dari kurir dalam keadaan segel masih utuh, lalu membayar senilai dengan tagihan yang tercantum pada invoice pada paket. Biasanya tagihan ini meliputi harga produk ditambah dengan biaya kirim. Pembayaran ini dilakukan secara tunai kepada kurir.

Sampai disini tugas kurir sudah selesai. Artinya, kurir tidak perlu menunggu pembeli membuka paket lalu mencobanya. Beberapa kasus yang sempat viral saat ini terjadi karena alur ini tidak dijalankan dengan benar. Pembeli menerima paket tanpa membayarnya terlebih dahulu, lalu meminta kurir menunggu sampai paket selesai dibuka. Begitu pembeli merasa pesanannya tidak sesuai, lalu ia mengembalikan paket ke kurir dan tidak mau membayarnya.

Pada kasus seperti ini jelas kurir lah yang dirugikan. Karena sesuai dengan SOP ekspedisi, kurir tidak boleh menyerahkan paket jika pembeli tidak membayar sesuai dengan tagihan. Itu artinya jika pembeli membuka segel dan mengembalikan paket, maka kurir yang menanggung biaya paket tersebut. Secara prosedur, paket yang sudah dibuka oleh pembeli sudah tidak bisa lagi diretur ke penjual. Atau dengan kata lain, kurir wajib membeli paket yang sudah dibuka tersebut. Itulah kenapa dalam beberapa kasus viral COD akhir - akhir ini, kurir selalu ngotot agar kiriman paket yang sudah dibuka harus dibayar oleh pembeli. Karena jika tidak, kurir lah yang wajib menggantinya.

Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja

Inilah salah satu alasan kenapa paket dengan sistem pembayaran COD rentan terjadi retur. Sebagai seller, ane sering sekali menerima retur dengan alasan bermacam - macam. Ada yang beralasan pembeli tidak mau membayar, pembeli tidak merasa order, uang pembeli kurang, pembeli tidak bisa dihubungi, dan banyak alasan serupa lainnya. Sistem COD memang sangat menguntungkan pembeli. Ibarat kata, pembeli benar - benar dimanjakan seolah mereka adalah raja yang wajib dilayani dengan baik oleh penjual. Jika tidak, mereka berhak menolak pembayaran meski barang sudah dikirim.

Meski, pihak marketplace biasanya memberi punishment bagi pembeli yang sering menolak pembayaran COD dengan membekukan pembayaran COD pada akunnya. Artinya, akun yang sering menolak pembayaran COD maka akunnya tidak bisa digunakan untuk order dengan sistem pembayaran COD untuk beberapa saat.

Sebenarnya, nilai plus dari sistem COD hanya pada kepraktisan karena tidak perlu melakukan transfer atau top up uang digital. Kalau masalah keamanan dan kesesuaian paket yang kita pesan tidak ada bedanya dengan pembayaran transfer ataupun uang digital. Ada hal yang sering dilewatkan oleh pembeli yang melakukan transaksi pembelian melalui marketplace yaitu membuat video unboxing saat membuka paketnya. Meski sedikit ribet, inilah satu - satunya hal yang harus kita lakukan, untuk mengantisipasi jika paket yang kita terima tidak sesuai dengan pesanan.

Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja

Jika memang produk yang kita terima tidak sesuai, baik cacat, rusak, pecah dan sejenisnya, alih - alih menekan tombol "pesanan diterima", sebaiknya kita menekan "ajukan pengembalian" dan menyertakan alasan kenapa kita menolak produk yang kita terima. Nantinya pihak marketplace akan meminta kita melampirkan bukti, baik foto ataupun video saat paket kita buka. Begitu juga penjual juga akan diminta mengirimkan video saat paket dikemas. Jika salah satu tidak bisa menunjukkan bukti valid, maka marketplace akan memenangkan pihak yang mampu menunjukkan bukti valid.

Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja

Sebagai contoh, jika pembeli mampu menunjukkan bukti video unboxing sedangkan penjual tidak mampu memperlihatkan video packing, maka marketplace akan memenangkan pembeli. Dalam hal ini ada beberapa penyelesaian. Bisa jadi pembeli diminta mengembalikan produk yang sudah diterima dan marketplace akan mengembalikan uang ke pembeli. Atau bisa juga, uang dikembalikan ke pembeli tanpa harus mengembalikan produk yang sudah diterima.

Disini pembeli benar - benar dimanjakan. Jadi, jadilah pembeli yang cerdas. Jangan terburu - buru menekan "pesanan diterima" jika belum memastikan barang yang kita pesan sudah sesuai. Cara ini bisa dilakukan, baik jika kita melakukan pembayaran dengan sistem COD, transfer, ataupun dengan uang digital. Jangan malah memaki - maki kurir karena pesanan tidak sesuai. Kurir hanya pengantar, bukan penjual. Kalau mau komplain, komplain-lah ke penjualnya, jangan ke kurirnya. Jangan sampai kebodohan pembeli, mengakibatkan kurir yang di rugikan. COD ada untuk memudahkan pembeli membayar secara tunai, bukan untuk mencoba lalu mengembalikannya ke kurir. Retur barang pun sudah ada prosedurnya, bukan main coba dan tak mau membayarnya.

Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja

Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 38 lainnya memberi reputasi
37
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 11:17
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 11:18
Rasanya pengen w tembak kaki nya biar cacat seumur hidup, manusia manusia Goblokkkkkk cap dongokkk campur tololllllllllllll plus begokkkkk kaya gitu,udah Goblokkkkkk tapi sotoy,angkuh pula...paling cocok lah buat bahan tes senjataemoticon-Belgia
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 11:49
sistem cod membuat banyak returan. bukan karena pecah atau salah kirim tp mungkin berubah pikiran tiba2 gak jari beli maka gak bayar otomatis barangnya diretur. mohon solusinya emoticon-Mewek
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 11:58
Penjual Nakal + Pembeli Oon = Nyusahin Kurir COD
Ngirim Barang Sengaja Gak Sesuai + Pembeli Gak liat Ulasan Negatif Pembeli lain = Nyusahin Kurir COD

Artinya Jadilah orang yang bijak dalam membeli barang via online, apa lagi COD. Jangan berkasus gak megang uang kalo barang dateng.
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 12:02
Kenapa banyak seller nerapi sistem cod?? Ane belanja sistem cod klo sellernya masih satu kota aja jadi gampang claimnya.

Sedangkan klo udah beda kota susah otomatis biaya returnnya ditanggung buyer iya klo barangnya bagus tapi klo ketemu seller penipu yg emang niat kirim barang tidak sesuai deskripsi gimana?

Mestinya hilangin aja sistem cod klo buyernya beda kota, sistem cod ini berlawanan ama insting dasar manusia yg kaga mau rugi
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 12:03
Ane ga bermaksud bela pembeli sih.
Ane antara 2011-2015 sering banget jualin kamera, lensa, aksesoris2nya, laptop, hp via FJB kaskus. Bisa ditracing kalau ga percaya. Belum lagi yang di tokobagus, olx, berniaga.
Nah sebelum marketplace ini populer dan memperkenalkan sistem COD, pembeli taunya COD itu ya yang dilakukan oleh forum jual beli. Seller ketemu buyer biasanya janjian di tengah2, cek barang cocok bungkus ga cocok cancel. bahkan ada buyer yang bela2in naik kereta dari surabaya janjian di beos. Barang yang dibeli mayan mahal juga dan rawan pecah jadi dibela2in.
Nah karena tradisi COD macam begini lebih lama dijalani daripada versi marketplace. Pembeli akhirnya menganggap COD itu ya yang seperti forum jual beli, bukan masketplace.
profile-picture
gembelaut memberi reputasi
1 0
1
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 12:05
yang terbaru nih sistem cod
buyer ngamuk mau sabet kurir pake samurai
karna barang tidaj sesuai lagi

harus nye yg seperi ini harus bisa di pidanakan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 12:27
Bener bener deh sistem cod ala marketplace bikin gaduh. Paling kasihan ya kurirnya. Kena getahnya mulu. Pembeli harusnya baca S&K dulu, dan Seller juga harusnya lebih baik lagi memastikan pesanan yang dikirim. Pihak marketplace juga bisa memperbaiki sistem ini.

Kurir kalo dicaci maki mungkin masih bisa terima. Lah kalo udah diancam pake senjata tajam dan senjata api udah ngeri banget. Iya kalo cuma diancam, kalo ditebas beneran atau di dor beneran gimana. Udah sering overload kena buyer cod yang macam begini
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 12:31
pengen ngakak deh liat si ibu itu yg goblok2in kuriremoticon-Wakaka
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 12:55
Hapusin sistem COD
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 13:07
Hasil dari 'konsumen adalah raja' yang terlalu diumbar berlebihan. Akhirnya konsumen egonya melampau tinggi melebihi otaknya.

emoticon-Tai

Tipe konsumen tolol yang ga layak pakai jasa tertentu.
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 13:48
Shopi cod shopi cod ......

Terusin sendiri
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 13:49
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Sekarang COD sudah berevolusi
dari Cash on Delivery
menjadi

baCOD

pembelinya baCOD dulu ngomel2 karena barangnya ga sesuai
tapi ngomel2nya ke kurir
bukannya ke seller

emoticon-Ngakak
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 13:49
Indonesia masih terlalu cepat 100 tahun buat belanja online. Masih banyak kera primitif yang belum paham sistemnya tapi sudah pegang smartphone 🙈
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 14:09
bukan raja, tp goblok
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 14:13
Hapus saja sistem COD, bikin banyak salah kaprah seprti yg dijelasin TS.
Seharusnya push buyer agar familiar dengan mobile perbankan. Agar terbiasa dengan dunia digital. Kalau terbiasa tidak mau bertransformasi, jadinya gitu merasa buyer adalah raja.
Ga ada alasan harusnya, ga bisa mobile perbankan. Bank2 juga sudah banyak masuk ke plosok, ada mart juga.
Kalau masih susah juga, ya ga usah belanja online.
Jangan hal mudah dibuat sulit
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 14:34
masalahnya pihak marketplace pun tidak menjelaskan ke konsumen bagaimana caranya.......


dan masalahnya konsumen itu langsung pilih COD tidak melihat manual book dlu....... kebanyakan kan gtu.... harusnya pas milih COD itu muncul notice penjelasan sampe 1-2x


emoticon-Ngacir
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 14:41
Gw krng paham tehnikalnya gmn mungkin pemikiran konsumen ini brng gw sesuai yg diinginkan tp si kurir minta uang. Berarti penyetoran uang ini akan diberikan kepada pihak perusahaan eccomerce nya dan disampaikan ke penjual online. Jadi mksd si konsumen ini adalah bila brng yg diantar tidak sesuai yg dinginkan konsumen oleh kurir internal eccomerce bkn kurir external kan bisa lsng dikembalikan ke gudang eccomerce. Tapi saya ini msh krng paham secara tehnikal sop eccomerce dan ini pendapat pribadi saja
Diubah oleh jeynotobing
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 14:42
mending klo kalian ngamuk, beli aja langsung ke pasar baru.. gak perlu cod cod online klo kagak faham
0 0
0
Sistem COD, Saat Pembeli Benar - Benar Jadi Raja
26-05-2021 14:49
Dari Sh*pee atau aplikasi penyedia COD juga ga tegas. Mereka harus bikin aturan yang nyekik buyer keparat jahanam macam emak-emak goblok dan bapak-bapak bawa katana. Aturannya ya musti tunduk dengan segala ketentuan COD. Kalo dah paham ya suruh ttd dan setuju.

Masukan juga ketentuan perdata atau pidana di aturan COD, agar suatu hari kalo ngotot goblok kek dua mahluk itu, bisa digugat dan dipidanakan.
Diubah oleh olympianovus
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia