News
Batal
KATEGORI
link has been copied
139
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60acd53bd6f1301919309223/wamenkes-kejadian-ikutan-pasca-imunisasi-astrazeneca-lebih-tinggi-dibanding-sinovac
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, angka kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) dari vaksin Covid-19 AstraZeneca sedikit lebih tinggi dibandingkan Sinovac..
Lapor Hansip
25-05-2021 17:45

Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac

Past Hot Thread
https://nasional.kompas.com/read/202...razeneca-lebih

Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac


Quote:Wamenkes: Angka Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi Vaksin AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
Kompas.com - 24/05/2021, 17:59 WIB


Penulis Deti Mega Purnamasari | Editor Bayu Galih
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, angka kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) dari vaksin Covid-19 AstraZeneca sedikit lebih tinggi dibandingkan Sinovac. Meskipun demikian, vaksin AstraZeneca asal Inggris itu masih aman dan efektif digunakan.

Hal tersebut disampaikan Dante di acara vaksinasi terhadap 890 orang pegiat dan relawan pendamping perempuan dan anak korban kekerasan di Perpusnas, Jakarta, Senin (24/5/2021) yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Dilihat dari angka KIPI vaksin AstraZeneca lebih tinggi sedikit daripada vaksin Sinovac. Hanya, dari nilai kemanfaatan antara vaksin AstraZeneca dan Sinovac adalah sama," ujar Dante, dikutip dari laman resmi Kemenko PMK.


Oleh karena itu, kata Dante, saat ini pihaknya tengah melakukan evaluasi terhadap KIPI yang muncul. Apabila ada masyarakat yang sudah divaksin tersebut mengalami efek samping, ia pun meminta agar segera melapor ke pusat vaksinasi yang tersedia.

"Untuk hasil kajian KIPI dengan batasan usia sedang kami bahas dan dalam minggu-minggu ini kami keluarkan," kata dia. Adapun dalam acara vaksinasi tersebut, sebanyak 890 orang pegiat dan relawan pendamping perempuan dan anak korban kekerasan itu diberikan vaksin AstraZeneca.

Dante pun memastikan bahwa vaksin tersebut efektif dan aman. Sebab, kata dia, vaksin AstraZeneca telah digunakan lebih dari 1 miliar vaksinasi di seluruh dunia.

"Pemerintah lintas sektoral masih akan terus melakukan upaya percepatan vaksinasi," kata dia. "Kementerian Kesehatan menargetkan percepatan 1 juta vaksinasi per hari dengan asumsi vaksinasi yang ada saat ini sudah cukup ditambah vaksinasi gotong-royong yang dimulai sejak 18 Mei lalu," ucap Dante.

Judul dipotong karena aslinya kepanjangan.


Memang pada dasarnya teknologinya beda sih.

Sinovac: coronavirus dilemahkan/dimatikan (Teknik yang sama juga dipakai Sinopharm)

Astrazeneca-Oxford: protein coronavirus dimasukkan ke virus lain, adenovirus (Teknik yang sama juga dipakai Sputnik).

Kalau coronavirus kita sudah tahu ya.

Apa itu adenovirus? Adenovirus adalah virus jenis lain, yang bisa menulari manusia dan banyak hewan lain. Infeksi adenovirus biasa menyebabkan pilek biasa pada manusia. Astrazeneca-Oxford menggunakan adenovirus simpanse (ChAdOx1) untuk vaksinnya. Sementara Gamaleya (Sputnik) dan Johnson&Johnson menggunakan adenovirus manusia Ad26.

Dugaan saya, reaksi lebih keras terhadap vaksin Astrazeneca adalah karena sistem kekebalan bukan bertemu hanya satu virus (coronavirus) melainkan dua sekaligus (coronavirus dan adenovirus), makanya reaksinya jadi lebih hebat.

Selain itu, pernah ada kasus terapi gen berujung maut yang melibatkan vektor adenovirus. Coba google "Jesse Gelsinger"...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
25-05-2021 23:55

jadoel

sama ni kmrin Kamis saya vaksin AZ ,,malamnya panasdingin,,Sampek 3hari meriang,,saya tanya yg pernah vaksin sinovac GK seberapa effek samping nya
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
25-05-2021 23:57
Hari Kamis ini ane dpat giliran vaksin pertama,cuman rada ngeri aja soalnya ane ada asma,klo batuk pilek biasanya suka kambuh. Gmana ya gan?kali aja ada orang kesehatan disini yg bs kasih masukan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 00:57
Ga tahu nih mau comment apa ? Bingung juga soal pervaksinan, pemikiran simpel ane, vaksin membuat tubuh kita kebal pada virus tertentu.
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 01:12
Ane kalau disuruh pilih lebih baik ga divaksin daripada badan ane kenape nape emoticon-Entahlah
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 01:42
2 temen ane yg vaksin az dari kantor dua duanya demam tinggi. efeknya emg lumayan ini kipi az
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 04:26
Sampe sekarang ane belom kena vaksin sinovac atau yg lainnya gan 🥺 jadi belom tau rasanya kek gimana
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 04:39
Wow gaswat dong
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 05:06
Pengalaman saja kemarin habis vaksin az karena habis shift malam waktu tensi sedikit tinggi 157/97 tapi masih bisa katanya batas tensi harus dibawah 180/110, karena kurang tidur kepala pusing habis vaksin sampai rumah makan minum parasetamol vit yg biasa di minum saja dan istirahat tapi lengan masih nyeri padahal dulu sering donor ngga nyeri habis di suntik
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 05:31
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Kalo ndak salah baca,

Inggris merekomendasikan umur di bawah 40 tahun supaya memakai vaksin lain yg bukan AZ,

pertimbangannya adalah dari risk-benefit & upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat supaya mau divaksin.

Kondisi di sini tentunya berbeda,
tapi mudah2an jadi pertimbangan oleh pemerintah.


emoticon-Angkat Beer
profile-picture
hazelmoon memberi reputasi
1 0
1
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 05:53
tiap hari muncul virus varian baru. Tapi vaksinnya pakai vaksin virus varian lama
emoticon-Leh Uga




0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 06:20
Di eropa, as, autralia ga di pake krn byk yg mati. Di buang ke indo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 07:39
semua sama aja yg penting baik biat kita
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 08:04
Mungkin memmang perlu ditelaah lebih lanjut mana yang lebih baik dan lebih minim efeknya. asihan juga kalau gak kenapa2 habis vaksin malah kena penyakit yang ditakuti sekarang ini
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 08:22
Jujur lbh prefer Sinovac klo ad ksempatan vaksin. Mslhnya tawaran dr kantor sprtinya bukan itu. Dan gw blm brani Astra Zenecca atau jenis lainnya. Krn slama ini baru pake AstraGraphia ajsih
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 08:57
Setau saya gan, astra dapat tentangan keras itu karena ada kasus trial klinik dan pasien yg sudah imunisasi memiliki efek darah jadi encer kemudian syok dan meninggal, ini terjadi pada pasien usia muda. Agan bisa ntn konfrensi persnya di website astrazenica nya. Bukan karena gak ada vaksin adrenovirus.

Jesse yg agan kasih contoh diatas adalah kasus kelainan genetik, oleh sebab itu pakai terapi gen. Ini kasus thn 70 an, saya rasa ini kasus udah lama sekali, karena saya percaya di tahun 2000 an sampai sekarang terapi gen lebih berkembang sehingga efek samping lebih kecil.

Sekarang fokusnya ke covid bukan adenovirus. Karena kecepatan reproduksi virusnya covid lebih besar dari pada adenovirus. Bdn kita sudah kenal dengan virus ini, tp klo covid belum. Oleh sebab itu fokusnya ke covid.
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 12:56
nah tp kalau makin banyak kejadian tersebut nanti gimana ya
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 14:32
Semoga vaksin anti corona ini manjuur. Segera puliih yang terkena virus tsb.. waspada bagi yang tak terkena virus inii
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 17:12
Jadi ini yang kira kira direkomendasiinnya yang mana ya buat vaksinnya?hehe
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
26-05-2021 22:11
Banyak negara sudah hold penggunaan astrzeneca
0 0
0
Wamenkes: Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi AstraZeneca Lebih Tinggi Dibanding Sinovac
27-05-2021 20:06
Kejadian ikutan gini harus dipantau bener-bener sih
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia