• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Duh Selain Corona, "Mucormycosis" Juga Penyakit Mematikan di India, Ini Gejalanya

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Duh Selain Corona, "Mucormycosis" Juga Penyakit Mematikan di India, Ini Gejalanya
Pandemi virus corona di India saat ini sedang meningkat dan sangat sulit dikendalikan, korban berjatuhan pun sangat banyak akibat pandemi ini. Bersamaan dengan virus corona, Negara India juga saat ini sedang menghadapi penyakit lain yang mematikan yang disebut dengan nama ilmiah "Mucormycosis" atau Black Fungus atau Jamur Hitam.

Efek yang disebabkan oleh Mucormycosis sama bahayanya dengan virus corona, hal ini bisa dibuktikan dari ganasnya black fungus yang sudah merenggut delapan nyawa orang karena penyakit ini di Maharashtra, India. Namun, dokter mengatakan jika pasien yang menginap black fungus tidak mendapatkan perawatan tepat waktu bisa merenggut nyawa pasien.

dr. Tatyarao Lahane, Kepala Direktorat Pendidikan Dan Penelitian Kedokteran, DMER percaya bahwa negara India akan terus diserang black fungus . Dokter juga mengatakan bahwa resiko dari jamur ini akan sama seperti virus corona sebelumnya, akan tetapi kali ini resiko dari jamur ini lebih Berbahaya.

Foto ilustrasi mata pasien yang terkena gejala black fungus | gettyimages.com

Jamur ini menyebar melalui kulit wajah, rahang, dan mata jika jamur hitam ini sudah mencapai otak penderita, maka peluangnya untuk hidup sangat kecil. Dokter Menggambarkan gejalanya seperti:

- Sakit kepala,
- Iritasi mata,
- Hidung tersumbat,
- Pembengkakan di bagian wajah,
- Masalah sinus dan lainnya yang belum terdeteksi.


Ahli kesehatan VK Paul, yang juga anggota NITI Aayog mengatakan, penyebab utama penyakit Mucoramycosis adalah jamur yang bernama Mucor, jamur Mucor dapat ditemukan di permukaan yang lembab pada tanah, dinding yang lembab dan lainnya. VK Paul Mengatakan, saat pasien corona ditempatkan pada tempat yang lembab yang memiliki sistem oksigen atau ventilator angin atau AC maka resiko pasien menjadi sangat rentan terkena jamur Mucor.

Foto bentuk jamur mucor | bbc.com

Di saat yang sama, dokter ahli bedah ENG Manish Munjal dari rumah sakit Sir Gangaram menyampaikan, resiko infeksi jamur hitam ini terus meningkat seiring waktu. Dalam beberapa hari terakhir ada enam pasien yang mengidap Mucormycosis dirawat di rumah sakit ini, untuk menyelamatkan pasien kami harus mengamputasi bagian yang terinfeksi black fungus diantaranya mata, tulang hidung dan rahang karena penyakit Ini.

Penyakit jamur hitam ini kini semakin banyak ditemukan pada pasien yang terinfeksi virus corona di India terutama di bagian Mumbai, Bangalore, Hyderabad, Delhi, Pune dan Maharashtra.



Referensi:
1. bbc.com - Mucormycosis: The 'black fungus' maiming Covid patients in India

2. cdc.gov - Fungal Disease Mucormycosis
Diubah oleh Sambelterasi052 01-09-2021 11:50
indramamoth
galigulagalu
Daniswara92
Daniswara92 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
10.6K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.