• Beranda
  • ...
  • Madura
  • Gili Iyang, Pulau Kecil Eksotis yang Memiliki Kadar Oksigen Tertinggi Kedua di Dunia

anna1812Avatar border
TS
anna1812
Gili Iyang, Pulau Kecil Eksotis yang Memiliki Kadar Oksigen Tertinggi Kedua di Dunia




Madura, selain terkenal dengan kuliner sate dan bebek Sinjay, pulau ini juga tersohor akan keindahan alamnya yang masih hijau dan masih banyak wisatawan yang belum mengetahui tempat indah ini.

Pulau yang terletak di ujung timur Jawa Timur ini, ternyata menyimpan destinasi wisata dengan keunikan tersendiri. Gili Iyang merupakan salah satu dari deretan pulau kecil dengan kadar oksigen tertinggi kedua di dunia.

Quote:


Tempat wisata yang satu ini masih sepi pengunjung karena termasuk dalam tempat wisata tersembunyi. Pulau kecil yang berada di Kabupaten Sumenep atau lebih detailnya berada di desa Dungkek, Kecamatan Dungkek yang berjarak sekitar 28 KM dari pusat Kabupaten Sumenep tersebut, tidak menawarkan pasir putih, tapi pantai penuh karangnya yang justru membuat pulau ini lebih eksotis. Tanahnya yang cenderung berwarna coklat berpadu cantik dengan air laut yang biru jernih.

Quote:


Untuk bisa menuju Gili Iyang, Anda harus ke Desa Dungkek terlebih dahulu lalu menyewa perahu yang berada di pelabuhan. Lama perjalanan saat naik perahu menuju lokasi sekitar 45 menit.

Hal paling unik ketika Anda mengelilingi seluruh pulau, secara tidak langsung akan menambah kesehatan dan membuat awet muda. Hal ini disebabkan karena kandungan oksigen yang dimiliki kawasan ini sangat tinggi yaitu sekitar 21,5% yang merupakan tertinggi di dunia. 
sumber

Angka tersebut didapat dari penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit jawa Timur (BBTKLPP).

Selain mengandung oksigen yang tinggi, pulau ini juga jauh dari kata polusi karena jarangnya kendaraan bermotor yang melintas di Gili Iyang.  

Kandungan oksigen yang tinggi tidak hanya berasal dari banyaknya pepohonan yang masih rimbun, melainkan juga dari perputaran udara yang terjadi di pantai. Pantai di sini ditumbuhi banyak pohon sehingga membuat suasana cukup dingin dan terhindar dari terik matahari.

Quote:


Ketika berjalan-jalan di Gili Iyang, Anda akan menemukan tumpukan tulang ikan paus yang sengaja dipajang oleh warga sekitar yang bertujuan agar mereka dan wisatawan tahu bahwa Gili Iyang pernah disinggahi oleh ikan paus.

Quote:


Di Gili Iyang tidak hanya pantainya saja yang membuat terpukau, tapi juga ada deretan goa yang memanjakan mata para wisatawan. Tercatat ada 17 Goa yang ada di pulau ini, salah satunya adalah Goa Air yang memiliki kedalaman hingga 150 meter, Batu Cangga yang sangat fenomenal, dan Goa Mahakarya yang terkenal dengan kadar oksigennya yang tinggi. Perlu diketahui, meskipun lokasinya dekat dengan pantai, tetapi air yang ada di sini adalah air tawar.

Quote:


Quote:


Di tempat ini, Anda bisa menyelam di lautan biru, bersantai di pantai berkarang, atau bermain-main di pantai dengan pasir yang indah. Pulau kecil ini juga sangat cocok dipakai untuk berswafoto karena kondisi alamnya yang memang sangat instagramable. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen petualangan Anda di Gili Iyang dan membagikannya ke akun sosmed.

Quote:


Quote:


Bagi Anda yang memakai provider Smartfren Unlimited MAXI, tak perlu khawatir akan kehilangan sinyal di pulau ini. Dengan memakai Smartfren Unlimited MAXI, dijamin kecepatan dalam meng-uplot foto maupun video ke akun sosmed, akan lebih kencang, sehingga hasilnya pun akan lebih sempurna.

Quote:


Smartfren Unlimited MAXI juga sangat membantu ane dalam membuat konten tentang lokal pride Gili Iyang di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura ini.



emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Thread by : @anna1812
Referensi



emoticon-Cendol Gan
UriNami
toinxx08
istijabah
istijabah dan 60 lainnya memberi reputasi
61
7.9K
231
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Madura
Madura
icon
1.7KThread686Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.