machinAvatar border
TS
machin
Mengerikan, Ilustrasi Peran Manusia Digantikan Hewan. Manusia Dikonsumsi Ayam.
Selamat sore Agan Aganwati, salam sehat dan bahagia selalu ya. emoticon-Nyepi

sumber

Manusia merupakan makhluk yang mengklaim dirinya sendiri sebagai makhluk yang memiliki peradaban paling tinggi diantara makhluk lainnya. Pernyataan tersebut banyak kita jumpai pada banyak kejadian di sekitar kita. Mulai dari penebangan hutan asal-asalan yang menyebabkan banyak hewan yang terlantarkan dan mati karena habitatnya sudah rusak. Eksploitasi hewan besar-besaran, dari eksploitasi tenaga (misal kuda, kerbau, dan sapi) sampai eksploitasi daging hewan untuk dikonsumsi.

Memang siklus saling mengkonsumsi sangat diperlukan untuk keberlangsungan suatu ekosistem. Namun, jika tindakan tersebut lepas kontrol tanpa mempertimbangkan keseimbangan alam, hal itu akan membahayakan bagi keberlangsungan suatu ekosistem. 

Berbeda dengan TS, seorang artis terinspirasi membuat ilustrasi dengan tema pengambil alihan peran manusia oleh hewan saat dia sedang makan ayam goreng di restoran. Pada 2012, saat berlibur di Strasbourg, Prancis, dia mendapat ide yang kemudian mengubah arah seninya selamanya. Saat dia sedang makan sayap ayam di sebuah kafe, sebuah pikiran muncul di benaknya : "Akan terlihat seperti apa jika perannya dibalik?" Sejak saat itulah idenya mengubah persepsinya tentang dunia di sekitarnya dan kemudian dia menjadi seorang vegetarian.

Artis tersebut adalah barbaradanielsart 







Barbara membuat puluhan ilustrasi jika ayam memproduksi bayi manusia untuk mereka konsumsi dengan ilustrasi yang mengerikan. Bayi-bayi manusia yang masih hidup masuk dalam mesin penggilingan daging untuk dijadikan bahan makanan.

Tidak hanya ayam, barbara juga mengilustrasikan kucing yang mengambil alih peran manusia. Kucing memotong jari-jari manusia untuk menghindari pertumbuhan kuku-kuku mereka. Kucing tersebut melakukannya agar manusia tidak menyakiti majikan yang memeliharanya.

Kemudian Barbara juga mengilustrasikan bagaimana jika manusia yang dimakan oleh Babi. Babi menyajikan manusia layaknya manusia menyajikan babi bakar utuh di atas meja makan. Terlihat mengerikan sekali kalau dibayangkan.

Babi tersebut mengambil gambar dan menguploadnya ke sosial media, kemudian para babi saling mengomentari betapa terlihat lezat dan nikmatnya daging manusia itu.


Lalu, terdapat ilustrasi lain yang menggambarkan tentang pertukaran peran tikus dan manusia. Tikus yang biasanya digunakan sebagai objek penelitian, kini menjadi ilmuan yang menggunakan manusia sebagai objek penelitian. Banyak bangkai manusia yang sudah digunakan sebagai objek penelitian dibuang dan dimasukkan ke dalam lubang tanah. Bangkai manusia tersebut merupakan bangkai yang sudah terkontaminasi oleh penyakit yang menular, akibat telah digunakan sebagai objek penelitian oleh para tikus.

Banyak lagi ilustrasi yang menggambarkan pertukaran peran hewan dan manusia. Berikur TS share beberapa gambar karya Barbara.



Silahkan kunjungi instagram barbara.


Sapi yang melakukan pemerahan susu terhadap manusia. 

Kuda yang mengendarai delman dengan dibantu oleh tenaga manusia.

Burung Dodo yang mengawetkan kerangka manusia yang sudah punah. Perlu agan ketahui, kisah burung Dodo ini cukup menyedihkan. Burung ini sebenarnya masih banyak pada tahun 1600 an. Namun, karena burung ini tidak bisa terbang, manusia dengan leluasa memburunya. Pada tahun 1958, para pelaut yang tiba di pulau tempat burung ini ada, yaitu Pulau Mauritius memburu habis-habisan burung Dodo. Mereka suka mengkonsumsi burung ini karena dagingnya yang empuk dan termasuk hewan yang mudah untuk ditangkap. 


Mereka melakukan pembunuhan massal sampai akhirnya burung Dodo ini punah pada tahun 1662. 



Ilustrasi anjing yang melakukan pengebiran terhadap manusia. Kita tahu fakta bahwa, manusia seringkali berusaha untuk mengontrol populasi hewan, namun populasi manusia sendiri sudah hampir mencapai 8 Milliar. 

Ilustrasi tentang kebun manusia. Para Gorilla melihat manusia yang ada di dalam kandang  menikmati pemandangan bagaimana perilaku manusia dengan tujuan untuk edukasi bagi para anak Gorilla.

Hiasan dinding kepala manusia. Ilustrasi ini mewakili Rusa yang seringkali kepalanya digunakan sebagai hiasan dinding rumah. Rusa dalam gambar ini menggunakan kepala manusia untuk hiasan dindingnya. Terlihat aestetik sekali.

Kemudian Angsa yang memaksa manusia memakan makanan secara berlebihan. Agan Aganwati mungkin sudah tahu tentang Foie Gras, yaitu hati angsa yang dijual sangat mahal karena (katanya) rasanya enak. Angsa tersebut mendapatkan perlakuan seperti pada ilustrasi ini. Angsa-angsa dipaksa untuk makan -makanana secara berlebihan untuk mendapatkan kualitas hati yang bagus dan besar. Mengerikan.

Masih banyak lagi karya dari Barbara yang menggambarkan kengerian yang terjadi jika peran manusia tergantikan oleh hewan. 

Melihat ilustrasi ini memang mengerikan, namun cukup untuk menumbuhkan rasa empati kita terhadap sesama makhluk hidup. Kita memang butuh dan memerlukan protein hewani untuk kebutuhan pemenuhan kesehatan tubuh kita. Namun, alangkah baiknya jika dalam mendapatkan sumber protein tersebut dengan cara yang baik (tak menyiksa) dan tidak mengeksploitasi secara berlebihan.

Sekian Thread soreku yang sederhana ini, Agan Aganwati. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Sampai jumpa di Thread-ku lainnya.emoticon-Malu (S)
Sumber :1, 2, 3, opini pribadi



Tonozz
learntorape
rifaye
rifaye dan 20 lainnya memberi reputasi
21
16.1K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Komik & Ilustrasi
Komik & Ilustrasi
icon
2.7KThread1.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.