News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
119
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a65822f965c502f160ed22/viral-kembali-ceramah-gus-dur-bela-israel-hamas-suka-bohong
Video ceramah lawas mendiang Mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur terkait Israel dan Hamas Palestina, kembali viral di publik. Setelah ditelusuri, video ceramah lawas Gus Dur soal Israel dan Hamas Palestina tersebut awalnya diunggah kanal Youtube Ning Amelia, seperti dilihat pada Kamis 20 Mei 2021. Dalam tayangan video berjudul ‘Gus Dur, Israel Tak Salah’ tersebut, aw
Lapor Hansip
20-05-2021 19:37

Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong

Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong

Video ceramah lawas mendiang Mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur terkait Israel dan Hamas Palestina, kembali viral di publik.

Setelah ditelusuri, video ceramah lawas Gus Dur soal Israel dan Hamas Palestina tersebut awalnya diunggah kanal Youtube Ning Amelia, seperti dilihat pada Kamis 20 Mei 2021.

Dalam tayangan video berjudul ‘Gus Dur, Israel Tak Salah’ tersebut, awalnya Presiden RI ke-4 itu secara tak langsung mengatakan bahwa banyak umat Islam yang mendukung Palestina tanpa memahami akar pemasalahan sesungguhnya.

Menurut Gus Dur, jika konflik antara kedua negara itu dipahami dengan benar maka Israel mungkin saja tak patut disalahkan.


Pasalnya, kata Gus Dur, meskipun Israel memang membunuh banyak warga sipil di Palestina namun Hamas juga melakukan hal serupa kepada penduduk di Israel.

“Israel selalu dianggap salah. Lha, Israel itu salahnya di mana? Kalau dia nembakin orang (Palestina) dan (dituduh) salah, Hamas kan juga begitu terhadap Israel. Mereka melemparkan peluru dan roket-roket ke pemukiman Yahudi, apa tidak mematikan orang juga?,” ujar Gus Dur.

Menurutnya, konflik antara Hamas Palestina dan Israel itu sebenarnya bisa diselesaikan dengan baik tanpa harus perang. Sebab, perseteruan keduanya bermula dari perbedaan pendapat mengenai wilayah negara.

“Karena di sana ada sengketa, sengketa yang lama sekali, bahwa menurut Israel, Yerusalem itu ibu kota mereka, tapi menurut Palestina bukan. Itu saja masalahnya,” kata Gus Dur.

Mengutip Hops.id, Gus Dur dalam tayangan video itu juga menyampaikan ke umat Islam di Indonesia agar tak terkecoh dengan gerakan Hamas yang seolah membela warga Palestina.

Hamas, menurutnya, kerap kali membuat propaganda seakan-akan hanya Israel yang bersalah. Padahal, ada peran mereka di balik semua kekacauan yang terjadi.

“Nah, yang susah kan sebenarnya Hamas itu sukanya berbohong. Seakan-akan Israel saja yang salah, dia tidak. Padahal faktanya tidak demikian, dia juga salah. Kalau kita mau obyektif, kita harus (lihat konfliknya) dari awal lah,” ungkapnya.

Namun sayangnya, Gus Dur dalam video itu tak menjelaskan secara rinci akar konlik antara Israel dan Palestina. Ia hanya bicara singkat, padat, dan apa adanya.

Selain itu, Gus Dur juga menilai bahwa pertempuran antara Israel dan Hamas Palestina hanya bisa berhenti lewat perundingan dua negara.

“Kita prihatin terhadap pertempuran-pertempuran yang terjadi di sana. Sebaiknya masalah ini diselesaikan dengan perundingan, bukan dengan pertempuran. Saya kira begitu saja, harus obyektif,” ujarnya.

https://makassar.terkini.id/viral-ke...s-suka-bohong/



profile-picture
profile-picture
profile-picture
atamlee dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 20:56
Gw aj taun 2014 baru paham soal perang israel vs palestine ini. Seenggaknya gak goblok kaya manusia batu yg taun 2021 masi jd korban drama pallywood
profile-picture
profile-picture
kakidal27 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 21:02
Ya jika lo datang ke kampung orang, ngambil wilayahnya lalu karena lo punya senjata yg lebih canggih dibilang gak salah ya gak ada penjajah yg salah di dunia ini.

Kalau analogi gusdur itu dipakai.

Belanda gak salah, yg salah itu pangeran diponegoro, imam bonjol, cut nyak dien..
Kenapa nyerang belanda ..

Wkwkwk

Kalau pun pakai ajaran taurat yahudi..mata dibalas mata.

Toh orang palestina yg mati di rudal israel jauh lebih banyak dari orang israel yg mati oleh hamas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pallywood2 dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 24 balasan
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 21:29

Komen template yang mainsream akhir akhir ini

"Palestina lu bantuin, negeri sendiri kaga lu perhatiin"
Ya lu sendiri lah bantuin yang di negeri sendiri, malah ngarepin kadrun mulu

"Awas donasi nya malah ke hamas"
Ya lu donasi juga lah ke israel, biar bantuin lawan hamas

profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan estilo.com memberi reputasi
1 1
0
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 21:49
gus dur what a statesman

beda sama jo...jo.... emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 21:54
Seandainya Gus Dur masih hidup....bakalan di persekusi kaum barbar2 emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Noobster dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 22:08
Yang bodoh lagi kalo ributnya sampai ke Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 22:09
Bukti cendikiawan muslim sejati emoticon-2 Jempol al-fatihah buat beliau..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 22:19
Israel di serang Palestina.
Palestina di serang Israel.
Yang sebenarnya menyerang duluan itu hanyalah PENCIPTA ALAM SEMESTA BESERTA ISINYA yang tau.
Jadi berhentilah memvonis.

Yang pasti hal ini terjadi karena PBB plin plan&tidak tegas dalam memutuskan sesuatu maka menjadi perang kayak begini.
SUMBER:
SEJARAH ISRAEL PALESTINA
SEJARAH ISRAEL
SEJARAH PALESTINA
#Bubarkan PBB yang selalu kalah dengan hak vetonya amerika.
profile-picture
momodtemenku memberi reputasi
1 0
1
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 22:21
Gus, ruwet sekali sepeninggal panjenengan..

Alfatihah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hajigabin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 22:36
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong

nih drama keduanya ada proxy war gara2 mazhab doang pada pura2 bego emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 22:53
Gusdur muslim melek, kaga banyak jumlahnya. Sayang mata dan fisiknya ga bagus.

Yg sekarang mah sama semua, taunya ngutak ngutuk doang, pdahal itu negara berdaulat yg banyak sumbangsihnya buat dunia, bukan cuma ribut sama arab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 23:15
edo tensei gus dur dong biar jadi pengganti presiden sekarang. emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 23:39
lihat saja klo perang warga sipil bukanya di lindungi , malah didorong biar mati trus bisa tuduh israel genosida palestine, sebenarnya warga sipil hanya pion saja, di kasih hidup buat nyalahin Israel

Sedih tp cara hamas kotor dan salah tp ini perang
Yang menang itu yang benar

Apakah Janji Tuhan bisa di batalin dengan perkataan Nabi? Klo bisa berarti hebatan Nabi dong? Jadi Tuhan itu dibawahnya Nabi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
20-05-2021 23:40
Gusdur = agen rahasia yahudi emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
21-05-2021 01:27
Menuju perang sodara gara2 hamas
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
21-05-2021 08:15
ane lupa gusdur pernah dikatain apa sama si pisang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
21-05-2021 09:25
Seng ada lawan Gus Dur Nasionalisnya....:emoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

Bikin kaum 7 juta onta idiot kebakaran jembuut....
Diubah oleh jurumudi75
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
21-05-2021 12:43
katanya taat beragama, tapi suka bohong, drama, victim mentality. yang salah orang2nya atau salah xxx-nya?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
21-05-2021 15:34
Jadi ngeh ketika nonton film Sultan Hamid (Sultan Turki) ketika menerima kedatangan Theodor Herzl yang meminta tanah di Yerusalem untuk Yahudi dengan iming2 akan dilunasi hutang kesultanan Ottoman ke Eropa jika dikabulkan..Ditolaklah permintaan tsb karena setiap tanah kesultanan diperoleh dengan pengorbanan rakyatnya, tanah bukan milik sultan tapi milik rakyat, dan niat tersembunyi untuk mendirikan sebuah negara Yahudi. Sultan juga menjelaskan tentang arti bendera Yahudi dimana makna dua garis biru yang mengapit bintang daud yaitu Sungai Nil dan Sungai Eufrat. Bahwa cita2 Yahudi untuk menguasai tanah di antra Sungai Nil dan Sungai Eufrat.

Yg penasaran silakan tonton film Payitaht Abdul Hamid Season 2 Episode 15.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Viral Kembali, Ceramah Gus Dur Bela Israel: Hamas Suka Bohong
22-05-2021 06:50
Sayang, negarawan handal sudah berpulang
Sisanya para blangsak yg merasa paling agak amis di Indonesia
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia