News
Batal
KATEGORI
link has been copied
249
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a47a8f8ebcf400d95ac195/novel-jawab-isu-dugaan-korupsi-anies-baswedan
Penyidik senior KPK Novel Baswedan kerap mendapat stigma negatif, mulai dari mendominasi penyidikan, taliban, hingga dianggap melindungi sepupunya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dituding korupsi.
Lapor Hansip
19-05-2021 09:40

Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan

Past Hot Thread
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan

Jakarta - Penyidik senior KPK Novel Baswedan kerap mendapat stigma negatif, mulai dari mendominasi penyidikan, taliban, hingga dianggap melindungi sepupunya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dituding korupsi.

Terkait semua tudingan tersebut, dia menjelaskan bahwa pola kerja di KPK berlapis dan masing-masing bekerja dengan integritas, tanpa intervensi. Di sana ada direktorat pengaduan, penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan lainnya.

Hasil penyelidikan untuk ditingkatkan menjadi penyidikan, jelasnya lebih lanjut, harus melalui mekanisme expose. Di forum itu akan hadir satgas penyidikan, penuntutan, para direktur, deputi, hingga pimpinan KPK. Dalam forum ekspose yang selalu berlangsung terbuka biasa diwarnai perdebatan. Semua merujuk Pasal 44 yang menyebutkan soal syarat terpenuhinya 2 bukti untuk sebuah penyelidikan dapat naik ke penyidikan. Semua bisa diukur, direkam, dan ada notulensinya.

"Saya sebagai penyidik bisa turun ketika penyelidik sudah mulai bekerja. Tetapi ketika mereka sedang bekerja, saya tidak bisa mengatakan maju atau mundur, berhenti atau dan lain-lain. Itu mekanisme dilakukan oleh masing-masin bidang pekerjaan di bawah kendali dari strukturalnya," jelas Novel dalam program Blak-blakan di detik.com, Rabu (19/5/201).

"Jadi kalau dikatakan bahwa ada yang mengatur dan lain-lain itu sulit dipahami, artinya itu khayalan saja," kata Novel Baswedan yang pernah berdinas di kepolisian dengan pangkat terakhir Komisaris (Mayor).


Terkait dugaan korupsi di Pemprov DKI yang disebut-sebut melibatkan Gubernur Anies Baswedan, Novel tak menjelaskan apakah benar ada pengaduan resmi terkait isu tersebut. Hanya saja bila memang ada dan lanjut ke tahap penyidikan, dapat dipastikan bahwa dirinya tak akan ikut serta mengangani perkara tersebut.

"Saya harus mengatakan diri saya conflict of interest, sehingga saya tidak boleh menangani. Karena conflict of interest itu bukan berarti tidak mampu mengendalikan integritas ya, tetapi itu suatu keadaan dalam rangka melindungi integritas agar dapat terjaga," beber Novel Baswedan.

Soal mekanisme penanganan perkara itu diakui Novel menjadi salah satu pertanyaan dalam tes wawasan kebangsaan. Kepada si penguji dia menjelaskan hal serupa, dan menegaskan bahwa si pemberi informasi seolah dirinya menentukan sendiri penyidikan di KPK adalah sangat tidak benar.

https://news.detik.com/berita/d-5574...004.1609585657

Jawabannya normatif banget.. emoticon-Malu (S)

Padahal kalo cuma ngomongin prosedur.. Tes TWK kemarin juga cuma soal prosedur kok.. Tapi kenapa mas novel ga terima saat d jelaskan semua hasil tes ada prosedurnya dan tidak ada intervensi dari pihak manapun??.. emoticon-Malu (S)

Coba kami minta d buka hasil penyelidikan, rekaman dan notulensi forum expose dugaan korupsi tsb.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 71 lainnya memberi reputasi
70
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
19-05-2021 21:52
Bukti abud dan cyclops udah rekat sejak kecil......

Brotherhood arab emang kuat, makanya jangan percaya integritas aparat yang kerabatnya pejabat....

Di dki minim otp?
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
19-05-2021 21:59
Jawabannya diplomatis. Tidak bisa menangani bukan berarti tidak tau kasusnya
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
19-05-2021 22:33
itulah bedanya civil Law & Common Law.

Hukum dan Undang-undangnya sdh jelas,
tetapi Individu peroranganlah yang memainkannya.

jadi selama tidak ada yang melapor disertai dengan bukti yang kuat dan punya integritas, yah wasalam
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
19-05-2021 22:43
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan

kalo yang ini penjelasannya bagaimana pak????

kok bisa lembaga besar (yang katanya besar) bisa kecolongan gini?? truk nya juga besar lho, bisa ilang.......apakah pesulap david copperfield dan david blaine terlibat untuk proses pelenyapan truk tersebut emoticon-Wakaka
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
19-05-2021 22:53
KPK pusat mana ada kewenangan lidik kasus korupsi di DKI?
Itu domainnya KPK cabang DKI dibawah pimpinan mantan komisioner KPK paling berprestasi dan paling suci sepanjang sejarah!!!

Kalo KPK cabang ga koment berarti tidak ada korupsi,cuma kelebihan bayar,ngarti??! emoticon-Wagelaseh
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
19-05-2021 23:51
Yang diucapkan novel gw rasa cukup jelas. Pada intinya di kpk ada beberapa direktorat: direktorat pengaduan, penyelidikan, penyidikan, dll.

Kalau dari kata-katanya, posisi novel ada di direktorat penyidikan.

Terus, masing-masing direktorat bekerja secara independen, jadi novel yg di direktorat penyidikan ga bisa seenaknya minta dilakukan penyelidikan kasus tertentu. Nah, ketika ada kasus penyelidikannya mau naik ke penyidikan, baru deh dibahas di forum yg sudah dijelaskan itu.

Terus juga terkait anis baswedan, dia kan masih ada hubungan saudara, makanya dia sebutkan dia gak akan dilibatkan jika ada aduan terkait si anies itu. Gitu sih yg gw tangkep. Cmiiw.
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan rafinal2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 01:00
bajer di kaskus kapan musnahnya y
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 01:14
yang gue heran, emangnya ngga ada orang2 kpk pro firli gitu? mereka ngga bisa fokusin untuk nangkep si anis??

0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 01:25
🤔 Gak akan mengusut kasus dki, karena ada konflik interest, lah si novel kenapa gak diganti aja sekalian sama personel baru yg murni gak ada konflik interest dgn semua lembaga/pejabat, biar semua elemen kpk dilibatkan, bukan diistirahatkan dari satu kasus cuma gara2 konflik interest kan 🤔
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 01:59
Yang pernah ikut tes masuk CPNS pasti paham bahwa yg bikin soal ujian tes itu adalah pihak ke-3 bukan instansi pemerintah nya langsung.

Jadi tiap tahun, model soal bisa berbeda, tergantung pihak ke-3 ini asalnya darimana. Ane aja yg udah kerja di swasta ikut tes CPNS gagal mulu. Nggak heran juga kalo Novel cs bisa gagal tes. Ibaratnya bertahun-tahun makan gado2 tiba2 makan rendang superpedas yah bisa diare jugak.
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 02:02
Gak abangnya gak si mata satu jawabannya muter2.
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 03:21
Ternyata masih satu saudara yah gan ni penyidik KPK ama gubernur DKI 😁 baru tau ane 😂
profile-picture
casper69 memberi reputasi
0 1
-1
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 04:31
jurus bacot no jutsu
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 04:38
Harun masiku apa kabar
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 05:09
Trus gimana jawabannya pak?
Ane sampe jam segini belum tidur nungguin jawabannya emoticon-Sorry
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 05:17
ada2 sj kerjaan org2 khayangan buat nyingkirin org ini
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 07:14
ternyata masih sepupu ya, ane kira nama nya sama karena kebetulan aja sih 😅
berarti kalau ada kasus di DKI harusnya ada tim lain dan Pak Novel gak dikasih tahu infonya aja ya 😬
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 08:59
di merger antara nohpel pitza dan bus edan jadilah Terminator 0-1
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 09:35
sama aja kek wan abud ditanya kebanyakan teori emoticon-Gila
0 0
0
Novel Jawab Isu Dugaan Korupsi Anies Baswedan
20-05-2021 09:39
Jawaban dari orang yang udah terima bagian
0 0
0
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia