trikunprayoga
TS
trikunprayoga
Kecoa Bisa Benar-benar Bertahan Hidup dari Bencana Nuklir?


Hai apa kabar, pasti pernah dengar kalau kecoa bisa selamat dari bencana radiasi nuklir. Aku rasa anggepan seperti itu tidak benar-benar adanya. Cukup saya akui kalau kecoa 15x lebih tahan terhadap radiasi nuklir dibandingkan manusia. Tetapi, kematian mereka tidak secepat makhluk lain.

Oke saya jelaskan…,

Dimulai dari acara TV Mythbusters yang menguji teori "Kelangsungan Hidup Kecoa" pada tahun 2012, mereka memberikan kecoa pada bahan radioaktif. Memang kecoa bisa berahan lebih lama daripada manusia, akan tetapi mereka semua akan mati pada tingkat radiasi yang lebih ekstrim.

Kurasa ini belum cukup menjelaskan dalam jangka panjangnya. Kita tahu kalau sifat radiasi itu bisa mempengaruhi struktur DNA dan merusak sel-sel sehingga mengakibatkan sel-sel tersebut abnormal. Ini juga akan mempengaruhi kualitas kesuburan kecoa itu sendiri, mungkin saja semua telurnya gagal menetas. Suatu saat mereka akan musnah juga dengan sendirinya.

Untuk sementara mereka bisa hidup dengan memakan makhluk atau organisme yang telah mati. Tetapi, makhluk dan organisme yang sudah mati sudah pasti terpapar radiasi, tidak menutup kemungkinan kecoa juga akan terpapar. Lambat laun juga merubah struktur DNA dan Sel mereka.

 

Mungkin muncul pertanyaan,

Q: "Bagaimana kecoa bisa bertahan hidup dari bencana nuklir?"

A: "Sebenarnya tidak hanya kecoa, serangga-serangga lain kemungkinan bisa bertahan dari radiasi nuklir. Karena semakin komplek makhluk hidup, semakin tinggi pula dia terpapar radiasi. Itu berbeda dengan dunia serangga, struktur tubuh mereka tidak sekomplek manusia atau hewan mamalia lainnya. Jadi, tingkat paparan radiasi mereka tidak sebesar manusia atau mamalia lainnya."

 

Aku mau nambahkan dikit, alasan kecoa bisa hidup dari radiasi nuklir itu karena tubuh mereka kecil dan tubuh mereka nyaris menempel ditanah. Radiasi nuklir sangat cepat ketika menyebar lewat udara, berbeda halnya dengan ditanah. Radiasi yang berada ditanah tidak secepat diudara. Bahkan kalau ada hewan yang bisa menggali tanah sampai jauh kedalam sana. Kemungkinan mereka selamat sangat lah tinggi.

 

Kesimpulan:

Kecoa pada akhirnya juga tidak akan selamat dari bencana nuklir. Mereka hanya lebih lama hidup dibandingkan manusia atau makhluk lainnya.

Diubah oleh trikunprayoga 15-05-2021 22:30
Junmai92primalaprimaindramamoth
indramamoth dan 37 lainnya memberi reputasi
36
7.6K
131
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.