zatilmutie
TS
zatilmutie
9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas
Aneka olahan talas kekinian



Assalamualaikum sahabat Kaskus ....


Jumpa lagi di thread terbaru saya.
Kali ini kita kembali akan mengulas aneka kuliner yang berbahan lokal khas Indonesia.

Wilayah Indonesia yang luas dan terletak di daerah tropis memang menjadi surga tanaman. Indonesia juga dikenal dengan biodiversitas vegetasi alam yang kaya.

Bahkan saking luasnya wilayah kita, hingga penduduknya memiliki aneka macam makanan pokok. Salah satunya umbi-umbian alias keladi.

Bagi yang tidak terbiasa mengonsumsi keladi sebagai makanan pokok tentu akan terasa aneh di lidah. Namun, jangan khawatir untuk yang ingin menikmati talas dengan citarasa modern. Ini ada deretan kuliner yang bisa menginspirasi Agan sista untuk memasaknya di rumah.

Talas ternyata bisa diolah menjadi kulini dengan citarasa asin, gurih ataupun manis. Apa sajakah kuliner kekinian berbahan talas?



Quote:


1. Bolu talas.


klik

Siapa yang tak suka dengan bolu alias cake. Kuliner yang satu ini rasanya lembut manis, apalagi jika ditambahkan talas kukus yang sudah dihancurkan. Rasanya lebih enak loh! Harum talas dan lebih empuk.

Sekarang banyak loh toko kue yang berinovasi mengembangkan bolu talas baik online ataupun offline. Biasanya bolu talas lebih enak dikukus dibanding dipanggang.



2. Muffin talas


klik

Kue yang mirip cup cakes ini banyak diminati karena rasanya yang enak. Muffin yang merupakan kuliner mirip bahan roti ini berbedanya karena ditambahkan baking powder.

3. Donat talas



Siapa yang tak suka dengan kue yang terkenal bolong di tengah-tengahnya? Ya donat atau doughnut yang merupakan pastri empuk plus manis ini ternyata bisa dikombinasikan dengan talas loh. Kebayang dong makin empuk dan sedikit crunchy.

4. Puding talas



Makanan yang sering masuk sebagai dessert ini sangat menggugah selera. Bisa juga dipakai sebagai makanan pembuka alias appetizer. Teksturnya yang lembut dengan aroma khas taro.

5. Kroket talas




Makanan bercita rasa gurih ini biasanya terbuat dari kentang.

Kroket sebenarnya merupakan resep asli dari Prancis dengan nama ‘croquette’ yang diucapkan menjadi ‘kroket’.

Awalnya, camilan ini dimasak oleh koki Istana Prancis dan menjadi makanan kesukaan Raja Prancis, yaitu Louis XIV, sekitar tahun 1691.

Kroket talas memiliki citarasa yang unik. Empuk dan agak padat. Namun renyah dan gurih.

6. Bolu lapis talas



Jika kita mengenal bolu lapis surabaya atau bolu lapis khas orang chinese yang suka dipakai dalam hari raya Imlek. Kali ini varian lain bolu lapis yang kekinian dan sedang viral. Ya bolu lapis talas terutama di kota Bogor sangatlah diminati.

7. Bola bola talas



Jika selama ini kita hanya mengenal bola-bola manis dari singkong atau ubi. Kali ini jenis umbi talas bisa juga dipakai untuk membuat bola-bola gurih dan kenyal mirip tekstur cilok.


8. Bakpau talas



Kuliner yang berasal dari negeri Tiongkok ini memang sudah berakuly dengan cita rasa lokal. Salah satunya inovasi bakpau dari talas. Bakpau memang mirip adonan donat hanya berbedanya memakai teknik kukus dan penambahan baking powder.

9. Es krim talas



Hmmm mendengar nama kuliner segar yang satu ini rasanya langsung membuat cacing di perut meronta-ronta. Apalagi jika dinikmati di siang bolong lumernya gak tertahankan Gansis!

Es krim taro atau talas ini rasanya ga kalah enak dari varian cokelat atau vanilla atau rasa es krim lainnya.

Bagaimana Gansis? Ternyata talas tak hanya dinikmati sebagai keripik atau kolak saja kan, bisa dikombinasikan dengan bahan lain menjadi makanan yang lebih bernilai gizi dan harganya.


Semoga bermanfaat ....

Opini pribadi:
Sumber dan gambar:
klik
Instagram; @alftath_aqd_91
Diubah oleh zatilmutie 18-05-2021 13:21
alfiaunsahbetiatinaover.power
over.power dan 18 lainnya memberi reputasi
19
3.2K
103
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.