mayyarossaAvatar border
TS
mayyarossa
Ane Baru Tahu, Beberapa Kata Ini Ternyata Adalah Singkatan!
Singkatan, lazim dipakai untuk memudahkan orang dalam mengucapkan sesuatu. Namun, kadang kita tak tahu bahwa kata tersebut merupakan sebuah singkatan.


Halo Agan Sista, jumpa lagi dengan ane Mayya Rossa. Kali ini ane akan bahas singkatan yang mungkin sebagian ane atau Agan Sista baru tahu.

1. Es Doger



Jujur, ane baru tahu kalau es doger itu adalah singkatan dari "es dorong gerobak" padahal, di sekitar ane banyak sekali penjual es doger. Dan ane, sekalipun gak pernah nanya tentang naam es doger ini, Agan Sista.

2. Mudik

Saat Lebaran gini, kata yang satu ini sering kita temui. Ane juga baru tahu kalau mudik adalah kepanjangan dari "mulih dhisik." Ane kira, itu kata murni, bukan singkatan. Ternyata eh ternyata.

3. Basa Basi

Hayo, siapa yang suka basa-basi. Teenyata, kata ini pun merypakan singkatan dari bahas sana bahas sini. Pantesan, kalau orang basa basi tuh nanyanya hal yang ga penting, ternyata, emnag yang dibahas ke sana ke sini, GanSist.

4. Perkedel



Wah, nama makanan lagi nih, Gansist. Makanan yang terbuat dari bahan utama kentang ini, enak banget dinikmati bareng sop atau soto. Ternyata, perkedel adalah singkatan dari persatuan kentang dan telur. Wah, ada-ada aja ya, Gansist.

5. Ketoprak



Wah, lagi-lagi makanan. Kalau di Jogja, ketoprak merupakan sebuah seni drama tradisional. Kalau ketoprak yang bisa dimakan nih, ternyata kependekan dari ketupat toge dikeprak. Suerr, ane baru tahu ini loh Gansist.

6. Kidal

Nah, ane kira, kata kidal ini juga merupakan kata asli. Ternyata, kidal ini pun ada kepanjangannya Gansist, yaitu, kiri dari lahir. Alamak! Baru tahu juga ane, Gansist.

7. Batagor



Nah, kalau yang satu ini, pasti dah banyak yang tahu nih. Campuran antara tahu dan bumbu kacang benar-benar aduhaii di lidah. Yak, betul sekali. Batagor adalah kependekan dari Bakso dan Tahu digoreng.

8. Satpam

Nah, ini kayanya dah pada tahu nih. Yups, satpam adalah satuan pengamanan. Hayi, siap yang belum tahu?


9. COD

Nah, hayoo, siapa yang sering ngelakuin hal ini tapi ga tahu kepanjangannya? COD adalah Cash On Delivery, alias bayar saat barang sampai. Kadang, ada yang salah paham dengan sistem COD ini. Selama ane melakukan jual beli, ada yang mengartikan COD itu ketemu di suatu tempat, lalu bertransaksi.

Nah, sekian dari ane, semoga bermanfaat.


Jogja, 17 Mei 2021

Dari ane, yang ga tahu beberapa singkatan di atas.

Sumber gambar
1.Di sini
2. Di sini
3. Di sini
4. Di sini
Diubah oleh mayyarossa 17-05-2021 11:51
rama.alansyah
SuaraLagita
eyefirst2
eyefirst2 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
3.8K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.