• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Rahasia Terbesar Di Sekitar Kita: Melihat Kehidupan Pada Seutas Daun

marilyn88
TS
marilyn88
Rahasia Terbesar Di Sekitar Kita: Melihat Kehidupan Pada Seutas Daun
Beberapa tahun terakhir kita dibuat kagum dengan perkembangan teknologi kamera super canggih. Namun tahukah kamu, kecanggihan terknologi kamera saat ini masih jauh dan tidak ada yang bisa mendekati kemampuan mata manusia. Kita berada pada permukaan Bumi yang melengkung, oleh karena itu, jika melihat sebuah benda di kejauhan, kita hanya mampu melihat hingga jarak sekitar 5 km jauhnya saat lengkungan Bumi mulai terlihat.

Namun sebenarnya, kemampuan mata manusia jauh melebihi itu. Bayangkan saja, sering kali kita melihat Bulan dengan sangat jelas. Padahal antara Bumi dan Bulan terbentang jarak hingga 384.400 km. Kemampuan mata melihat benda di kejauhan tergantung seberapa besar kekuatan partikel cahaya yang dihasilkan suatu benda. Penelitian menunjukkan, benda terjauh yang dapat dilihat manusia dengan mata telanjang adalah Galaxi Andromeda yang berjarak 2.500.000 tahun cahaya dari Bumi.

Berkat kemampuan mata, kita bisa melihat berbagai hal menakjubkan. Lalu bagaimana dengan kemampuan mata, ditambah lagi dengan kemampuan memperbesar objek hingga 1.000 kali lipat. Kita bisa melihat benda-benda disekitar kita dengan sudut pandang yang jauh berbeda. Di bantu teknologi Mikroskop, kita bisa melihat hal-hal disekitar dengan lebih detail lagi.

1. Melihat Kehidupan Pada Seutas Daun



Semua sepakat, bahwa hijaunya dedaunan bisa membawa suasana yang lebih segar untuk lingkungan rumah. Namun tahukah kamu, dibalik penghijauan sederhana di rumah terdapat banyak sekali kehidupan. Tanaman hias sederhana di rumah seperti ini terlihat biasa dan terkesan, jarang terdapat binatang hidup yang menjadikannya tempat tinggal.

Tetapi benarkah hal tersebut, bagaiman jika kita melihat lebih detail lagi tanaman berikut ini. Pada tanaman berdaun jarum seperti ini, hampir seluruh bagian daunnya tertutup semacam rambut halus. Ternyata jika di perbesar hingga 1.000x lipat, di seutas daun ini terdapat banyak kehidupan binatang kecil, mulai dari semut hingga kutu daun.

Binatang kecil tersebut bernama kutu daun. Meskipun terlihat tidak berbahaya, hewan ini termasuk serangga perusak tanaman. Biasanya daun yang terserang kutu akan menjadi berkeriput, warnanya menguning, dan akhirnya layu dan mati.

{thread_title}


2. Zoom 1.000 Kali Melihat Indahnya Pasir Pantai



Kondisi pandemi membuat rasa kangen liburan kian membuncah, apalagi kalau membayangkan tenangnya suasana pantai dan indahnya hamparan pasir putih yang hangat dan lembut ketika menyentuh telapak kaki. Tapi pernah nggak sih, seperti apa bentuknya butiran pasir pantai jika di lihat lebih detail lagi.

Setelah diperbesar 1.000 kali bisa di lihat bahwa bentuk pasir pantai seperti butiran batu berwarna putih kekuningan dan berukuran sangat kecil. Yang lebih mengagumkan selain terdiri dari batu-batuan, pada pasir pantai ternyata juga terdapat cangkang-cangkang hewan laut yang tak terhitung jumlahnya.

{thread_title}


3. Teror Lipan Perbesaran 1.000 Kali Lipat



Pernah berhadapan langsung dengan hewan mengerikan yang satu ini, bagaimana jika diperbesar lipan menjadi 1.000x dari ukuran normalnya. Sengat berwarna hitam dibagian kepala inilah yang akan beraksi ketika lipan merasa terancam. Jika kulit terkena sengatan akan berwarna kemerahan, hingga muncul lentingan air di bawah kulit.

Dan yang lebih parah adalah sengatan lipan juga bisa memunculkan reaksi alergi parah bagi sebagian orang, seperti mata dan bibir bengkak, sesak nafas, hingga jantung berdebar. Tubuh lipan juga dilengkapi dengan kulit keras dibagian atasnya, sehingga menyulitkan musuh ketika menyerang.

{thread_title}





c4punk1950...hoorrayyugeel
yugeel dan 21 lainnya memberi reputasi
22
4.1K
57
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.