News
Batal
KATEGORI
link has been copied
32
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a1cf5da5c67078225b07d3/soal-palestina-sikap-jokowi-lebih-genuine-dibanding-erdogan
Jakarta - Sebagian masyarakat mungkin ada yang terpukau dengan pernyataan dan manuver Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terkait isu Palestina. Padahal bila menelaah lebih seksama kenyataan relasi Turki dengan Israel, sikap yang diperlihatkan Erdogan akan terkesan seperti memiliki kepribadian ganda. Di satu sisi mengecam agresi terhadap Palestina, di sisi lain sejak berpuluh tahun lalu Turki te
Lapor Hansip
17-05-2021 09:05

Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan

Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan

Jakarta - Sebagian masyarakat mungkin ada yang terpukau dengan pernyataan dan manuver Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terkait isu Palestina. Padahal bila menelaah lebih seksama kenyataan relasi Turki dengan Israel, sikap yang diperlihatkan Erdogan akan terkesan seperti memiliki kepribadian ganda. Di satu sisi mengecam agresi terhadap Palestina, di sisi lain sejak berpuluh tahun lalu Turki telah menjalin hubungan diplomatik dan bekerja sama mesra dengan Israel.

"Turki moderen sejak Mustafa Kemal Ataturk membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Karena untuk menjadi bagian dari negara Eropa, Turki harus kerjasama dengan Israel," kata analis pemikiran dan politik Timur-Tengah Zuhairi Misrawi kepada tim Blak-blakan detikcom, Minggu (16/5/2021). Kalau pun pernyatan-peryataan Erdogan seolah sangat keras kepada Israel, dia melanjutkan, hal itu karena dia tahu betul pemilih utamanya adalah umat Islam.

Dari sejumlah sumber pemberitaan internasional yang dikutip detik.com, hubungan Turki dan Israel sangat mesra. Nilai perdagangan kedua negara jauh lebih besar dari total nilai perdagangan Turki dengan negara-negara Islam keseluruhan. Konsul Jenderal Israel di Turki Shai Cohen pernah mengungkapkan kepada CNN bahwa pada 2014 volume perdagangan kedua negara naik 30% atau senilai US$ 5,5 miliar. Sejak insiden Mavi Marmara, 2010, volume perdagangan Turki-Israel bahkan meningkat 47%. Kedua negara juga memiliki perjanjian kerjasama bilateral di bidang kepolisian, kebudayaan, pertanian, ilmu pengetahuan, hingga intelijen.

Sementara Indonesia, kata Zuhairi, sejak merdeka tidak pernah menjalin hubungan dengan Israel meski terus dibujuk. Bahkan Presiden Sukarno pernah mengeluarkan ungkapan 'Kita belum merasa merdeka secara utuh sebelum Palestina merdeka'.

"Maka sikap Presiden Jokowi lebih genuine dari sikap Erdogan. Karena sikap Jokowi melanjutkan dari sikap Bung Karno yang sampai sekarang tidak membuka hubungan diplomatik. Juga konsiten dan istiqomah mendorong kemerdekaan Palestina," ujar cendekiawan muda Nahdlatul Ulama itu.

Alumnus Universitas Al-Azhar di Kairo - Mesir itu juga mengungkapkan agresi militer Israel ke Jalur Gaza saat ini terkait erat dengan upaya Perdana Menteri Benyamin Netanyahu meraih dukungan di dalam negeri. Sejak kembali menang Pemilu pada Maret lalu, dia tak kunjung berhasil meraih dukungan mayoritas untuk membentuk pemerintahan. Netanyahu juga dalam beberapa waktu ke depan akan menghadapi vonis perkara korupsi yang persidangannya sudah berlangsung sejak awal April lalu.

Di pihak lain, Zuhairi Misrawi juga mengungkapkan bahwa jalan menuju kemerdekaan Palestina adalah rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah sebagai dua kekuatan besar di sana. Selengkapnya, saksikan Blak-blakan, "Jokowi - Erdogan di Isu Palestina", Senin (17/5/2021).

https://news.detik.com/berita/d-5571...004.1609585657

Jokowi memang luar biasa.. emoticon-I Love Indonesia (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 09:08
iyes, terima kasih pak jokowi

emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 09:10
Beberapa hari ini, cuman senyum² sendiri liat orang Indonesia yang pada belain Israel dan Palestina, rebutan tanah, persoalan politik sampai diseret-seret ke soal agama, yang akhirnya masyarakat sipil jadi korban dari kedua belah pihak. Biarlah diselesaikan sama PBB aja, mending ngurusin urusan dalam negeri, soal pandemi, ekonomi, kesehatan, korupsi, dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 09:19
kirim kadrun ke palestina...

Take.,.aa.beeerrr....
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 09:21
Memang sungguh bejat israel, menyerang warga sipil tak berdosa, membunuh anak anak, memperkosa nenek nenek, menyodomi kambing kambing, sungguh tidak berprikemanusiaan dan berprikepribadian, patut dikutuk hingga 7 turunan plus 7 atasan. emoticon-Marah

phew, capek udah ngutuk orang, sudah cukup belum, drun?emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
foreveryoung90 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 09:40
Nanti malam dikupas di cenel nya Jepezet itu pertemuan Mufti Palestina jaman dulu.
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 09:44
Sudah cocok jokowi jabat 3 periode. 🤭
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 09:57
Klo israel maw lepasin, Indon janji akan menginjak2 masjidil di sanah emoticon-Mewek sungguh...



emoticon-Bingung uclim indon klo maw sembahyang masa maw terbang, yak pasti ngijak lah idiot.
Diubah oleh mibmobz
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 10:02
Kan dah gw bilang, si erdogan cuma lips service... Aslinya dia bodo amat sama palestina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Noobster dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 10:09
ngomong mau membantu palestina untuk merebut baitul maqdis ,
malah gereja saja menjadi masjid ,

bakal dipercaya omongan seperti itu ?
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 10:14
ketika presiden kami sudah mengutuk
Booooom....

itu saatnya kalian berenti perang
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 10:17
esdoger

ah elaah emoticon-Leh Uga
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 10:22
Mending erdogan lah, kenal jd kalo ngomel masih enak israel dengernya, lha indo kenal juga kaga kok ngomel2 sih?emoticon-Mad
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 10:29
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
codot.1 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 10:33
genuine but not represent the rest of indonesia since some areas in indonesia show support for israel. better indonesia shows neutrality in this case & dishtinguish between palestina fatah & gaza hamas.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 10:53
jangan lupa doi juga masuk ke dalam NATO emoticon-Embarrassment
bukan karena negara atlantik tapi karena doi dulu takut sama rusia, sekarang? karena doi takut diserang israel emoticon-Embarrassment

hebat ya negara yg takut sekaligus mesra sama israel seakan2 jadi negara yg paling vokal memerangi israel emoticon-Embarrassment

fansboynya aja yg tolol
cuma kaum togog aja yg happy klo dibohongi emoticon-Embarrassment

negara yg gak punya pendirian
siang jadi cowok malam jadi cewek...
menjijikan emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andreas.tw dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 10:54
halah negara telek kok di bela emoticon-Cape d...

pasti jokowi dapat tekanan dari para onta2 idiot itu emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
Noobster dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 11:03
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan

Hmmmmemoticon-Smilie
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 11:06
Cecep Erdogan Idolanya Kadrun Nih, Pdhal mah hubungan Ma Israel mesra, Cuma depan TV ajah Koar2 teriak
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 14:48
Israel di serang Palestina.
Palestina di serang Israel.
Yang sebenarnya menyerang duluan itu hanyalah PENCIPTA ALAM SEMESTA BESERTA ISINYA yang tau.
Jadi berhentilah memvonis.

Yang pasti hal ini terjadi karena PBB plin plan&tidak tegas dalam memutuskan sesuatu maka menjadi perang kayak begini.
SUMBER:
SEJARAH ISRAEL PALESTINA
SEJARAH ISRAEL
SEJARAH PALESTINA
#Bubarkan PBB.
Diubah oleh otakgakdipake
0 0
0
Soal Palestina, Sikap Jokowi Lebih Genuine Dibanding Erdogan
17-05-2021 20:01
kalau dari sudut pandang ini bener juga sih.. Turki kesannya keras tapi masih mau kerja sama emoticon-Bingung
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia