Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
339
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609b778325e2852d6a3ecbab/mundurnya-kejayaan-islam-disebabkan-karena-apa
Sebelumnya saya mengucapkan Mohon maaf lahir dan batin, bagi yang merayakan Idul Fitri dan juga bagi umat kristen yang merayakan kenaikan Isa Al Masih, shalom aleichem. Semoga toleransi selalu didahulukan dibandingkan egoisme, karena keyakinan adalah hak masing-masing individu tak bisa dipaksakan.
Lapor Hansip
12-05-2021 13:36

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Sebelumnya saya mengucapkan Mohon maaf lahir dan batin, bagi yang merayakan Idul Fitri dan juga bagi umat kristen yang merayakan kenaikan Isa Al Masih, shalom aleichem. Semoga toleransi selalu didahulukan dibandingkan egoisme, karena keyakinan adalah hak masing-masing individu tak bisa dipaksakan.

Walau di dalam sejarah kita tahu keduanya saling berseteru, tapi kini saatnya meredam konflik, saling bahu membahu untuk persatuan Indonesia. Oke, sekarang ane akan bahas kenapa masa kejayaan Islam semakin mundur apa sih yang terjadi?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Abad 12 -16 bisa dibilang peradaban Islam sangat diperhitungkan di kancah perpolitikan dunia, namun setelah itu perlahan mundur dan dianggap sebelah mata. Negara-negara Islam di Aftika banyak yang berakhir dengan kemiskinan, namun disatu tempat ada negara Islam bergelimang dengan kekayaan, di tempat lainnya tak pernah libur dengan peperangan namun tak ada kemenangan yang mengubah jalannya sejarah peradaban.

Pemeluknya bisa dibilang sangat banyak diseluruh dunia, namun era kejayaan itu hanya mimpi cerita usang tentang para pahlawan yang menaklukkan kota-kota eropa dimasa lalu. Apa yang menyebabkan Islam perlahan mundur teratur?

Sikap dogmatis kekakuan (rigidity), sikap yang kaku ini awal kehancuran Islam hal ini bisa dilihat ketika Kristen melakukan hal yang sama, berakhir dengan adanya protest dari Marthin Luther yang melahirkan Protestantisme. Ditambah dengan kemerosotan moral serta hilangnya sikap dinamis di tengah komunitas pemeluk keyakinan Islam itu sendiri, hingga membuat kebijakan dari pemimpin mereka terkadang hanya menjadi bahan lelucon.

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Faktor lain yang menyebabkan kemunduran telak adalah invasi sejumlah wilayah, hingga akhirnya mereka hanya menjadi penonton ketika di dalam masyarakat Islam mulai menurun aktivitas intelektual dan sains, hanya senang berkutat pada hal yang bersifat mistis sedangkan kita tahu Salahuddin Al Ayyubi atau Sultan Muhammad Al Fatih merebut dua kota besar dimasanya Yerusalem dan Konstantinopel tidak dengan ilmu mistis tapi sains, teknologi meriam basillica dari ahli sains Hungaria (Orban yang beragama kristen), tehnik pengangkutan kapal militer lewat darat, strategi militer yang matang, itu semua didapat karena intelektual dan sains.

Sama halnya dengan Belanda terusir dari Indonesia tidak dengan ilmu santet, tetapi dengan perlawanan senjata, taktik diplomasi, persatuan yang kuat, serta sains karena saat itu Jepang hancur lebur karena teknologi sains yaitu bom atom bukan teknologi santet, babi ngepet, atau memanggil bantuan mahluk tak kasat mata.

Disini terlihat siapa yang menguasai sains dan banyak aktivitas intelektual akan dapat menguasai dunia, hal ini juga terkait dengan perdagangan secara global seperti kita lihat China saat ini merangkak untuk menjadi peradaban yang maju dengan intelektual dan sains serta menguasai perdagangan dunia.

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Lantas bagaimana caranya kembali mewujudkan kejayaan seperti di masa lalu? Kembali ke sumber ajaran dan pengalaman sejarah, jangan adalagi perseteruan atau civil war, jangan hidup berkelompok-kelompok dan merasa kelompoknya paling benar, Islam hanya satu ,mahzab dan firqah itu hanya beda pendapat, jadi bukan lantas keluar dari Islam, turunkan egoisme, kedepankan pluralisme dan berbeda pendapat bukanlah sebuah kesalahan namun yang perlu di ingat,

Quote:


إِن اللهَ لَا يُغَيرُ مَا بِقَوْمٍ حَتىٰ يُغَيرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS ar-Ra'd: 11). 



Melihat takdir jangan juga menjadi seorang yang fatalis, mungkin ada yang belum paham apa itu fatalisme!! Hal itu adalah  "ajaran atau paham bahwa manusia dikuasai oleh nasib." Hingga timbulah pesimis, mudah menyerah, menerima nasib yang sudah ditentukan lantas dimana ingin merengkuh kejayaan kalau tidak ada keinginan yang ambisius?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Setidaknya selama masyarakat dalam keyakinan kelompok Islam masih bersikap dogmatis penuh kekakuan, taklid buta, perbedaan antar mahzab atau kelompok yang dibesarkan hingga bersikap fatalis dan menjauhi sains, bahkan hanya mengandalkan emosi tanpa strategi dan trik politik yang benar maka selama itu juga Islam akan terus diambang kemunduran.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyuDan2255 dan 55 lainnya memberi reputasi
54
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 19:58
Setiap peradaban ada naik turunya. Udah, sesimpel itu aja penjelasannya emoticon-Leh Uga
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 20:12
Apa lg sekarang gan, islam sudah makin banyak jenisnya seperti yg pernah ane baca klo di akhir zaman islam akan banyak jenisnya dan nti di padang mashar pun jg akan keliatan.

Dari adanya 4 mahzab jg sebenarnya menurut ane jg udh bikin ribut, krna manusia zaman sekarang melontarkan ide bukan dgn ilmu tapi dengan kerasnya bacotan. Ditambah tuntunan umat islam Nabi Muhammad SAW memang sudah meninggal jd udh ga ada lg sumbernya.

Kitab2 tafsir quran jg banyak jenisnya. Krna tiap ahli tafsir belum tentu sama menafsirkan 1 ayat quran. Hadist aja ada yg palsu, ada yg lemah.

Yg paling parah itu udh ga tau ilmunya tapi ikut2an dan paling nyaring pula bunyinya. Klo ane memang bukan ahlinya, tapi ane jg ga mo debat, krna pandangan orang beda2, anutnya pun beda2.

Klo zaman nabi dan para sahabat islam berjaya krna mereka memang 1 kesatuan, masih 1 tuntunan dari nabi Muhammad SAW langsung. Jd wajar kejayaan islam di zaman sekarang udh mengalami kemunduran. Tapi yg ane tau sih nti akhir zaman islam akan berjaya lg

Koreksi yaa klo ane salah
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 20:30
Perebutan kekuasaan saat masa perang salib antar kerajaan islam sama orang islam nya sendiri kurang memperdalam ilmu pengetahuan
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 20:45
Quote:Original Posted By c4punk1950...


Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Sebelumnya saya mengucapkan Mohon maaf lahir dan batin, bagi yang merayakan Idul Fitri dan juga bagi umat kristen yang merayakan kenaikan Isa Al Masih, shalom aleichem. Semoga toleransi selalu didahulukan dibandingkan egoisme, karena keyakinan adalah hak masing-masing individu tak bisa dipaksakan.

Walau di dalam sejarah kita tahu keduanya saling berseteru, tapi kini saatnya meredam konflik, saling bahu membahu untuk persatuan Indonesia. Oke, sekarang ane akan bahas kenapa masa kejayaan Islam semakin mundur apa sih yang terjadi?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Abad 12 -16 bisa dibilang peradaban Islam sangat diperhitungkan di kancah perpolitikan dunia, namun setelah itu perlahan mundur dan dianggap sebelah mata. Negara-negara Islam di Aftika banyak yang berakhir dengan kemiskinan, namun disatu tempat ada negara Islam bergelimang dengan kekayaan, di tempat lainnya tak pernah libur dengan peperangan namun tak ada kemenangan yang mengubah jalannya sejarah peradaban.

Pemeluknya bisa dibilang sangat banyak diseluruh dunia, namun era kejayaan itu hanya mimpi cerita usang tentang para pahlawan yang menaklukkan kota-kota eropa dimasa lalu. Apa yang menyebabkan Islam perlahan mundur teratur?

Sikap dogmatis kekakuan (rigidity), sikap yang kaku ini awal kehancuran Islam hal ini bisa dilihat ketika Kristen melakukan hal yang sama, berakhir dengan adanya protest dari Marthin Luther yang melahirkan Protestantisme. Ditambah dengan kemerosotan moral serta hilangnya sikap dinamis di tengah komunitas pemeluk keyakinan Islam itu sendiri, hingga membuat kebijakan dari pemimpin mereka terkadang hanya menjadi bahan lelucon.

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Faktor lain yang menyebabkan kemunduran telak adalah invasi sejumlah wilayah, hingga akhirnya mereka hanya menjadi penonton ketika di dalam masyarakat Islam mulai menurun aktivitas intelektual dan sains, hanya senang berkutat pada hal yang bersifat mistis sedangkan kita tahu Salahuddin Al Ayyubi atau Sultan Muhammad Al Fatih merebut dua kota besar dimasanya Yerusalem dan Konstantinopel tidak dengan ilmu mistis tapi sains, teknologi meriam basillica dari ahli sains Hungaria (Orban yang beragama kristen), tehnik pengangkutan kapal militer lewat darat, strategi militer yang matang, itu semua didapat karena intelektual dan sains.

Sama halnya dengan Belanda terusir dari Indonesia tidak dengan ilmu santet, tetapi dengan perlawanan senjata, taktik diplomasi, persatuan yang kuat, serta sains karena saat itu Jepang hancur lebur karena teknologi sains yaitu bom atom bukan teknologi santet, babi ngepet, atau memanggil bantuan mahluk tak kasat mata.

Disini terlihat siapa yang menguasai sains dan banyak aktivitas intelektual akan dapat menguasai dunia, hal ini juga terkait dengan perdagangan secara global seperti kita lihat China saat ini merangkak untuk menjadi peradaban yang maju dengan intelektual dan sains serta menguasai perdagangan dunia.

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Lantas bagaimana caranya kembali mewujudkan kejayaan seperti di masa lalu? Kembali ke sumber ajaran dan pengalaman sejarah, jangan adalagi perseteruan atau civil war, jangan hidup berkelompok-kelompok dan merasa kelompoknya paling benar, Islam hanya satu ,mahzab dan firqah itu hanya beda pendapat, jadi bukan lantas keluar dari Islam, turunkan egoisme, kedepankan pluralisme dan berbeda pendapat bukanlah sebuah kesalahan namun yang perlu di ingat,

Melihat takdir jangan juga menjadi seorang yang fatalis, mungkin ada yang belum paham apa itu fatalisme!! Hal itu adalah  "ajaran atau paham bahwa manusia dikuasai oleh nasib." Hingga timbulah pesimis, mudah menyerah, menerima nasib yang sudah ditentukan lantas dimana ingin merengkuh kejayaan kalau tidak ada keinginan yang ambisius?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Setidaknya selama masyarakat dalam keyakinan kelompok Islam masih bersikap dogmatis penuh kekakuan, taklid buta, perbedaan antar mahzab atau kelompok yang dibesarkan hingga bersikap fatalis dan menjauhi sains, bahkan hanya mengandalkan emosi tanpa strategi dan trik politik yang benar maka selama itu juga Islam akan terus diambang kemunduran.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?



Ijin bertamuemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 20:49
Andai lebih banyak lagi thread dan pembuat thread berkualitas seperti TS c4punk1950 disini..
Saya meyakini akan lebih banyak didalam kaskus berisikan berita informasi yg baik benar dan pembaca yg cerdas.
Payah!
Melihat thread lain yg membuat judul berita kebodohan /kebohongan bahkan membangkang kepada Negara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 20:51
Trit ini cuma berdasarkan opini Ts doang sih mnurut gw.. Menang ada benarnya tapi tidak semuanya benar, coba pelajari ulang sejarah lagi,, coba searching lagi soal the seven sister dan orang orang yahudi, pelajari lagi bagaimana islam awal dan islam modern.

Dan yang paling penting dalam kemunduran islam itu karna memang berasal dari orang orang islam sendiri..

Kemunduran islam itu tidak lepas dari budaya orang orang orab sendiri yang hobi bertengkar dengan soudara sendiri, mereka masih suka bertengkar antar clan / sekterian berbalut agama.
Dan kemunduran islam itu juga tidak lepas dari pola pendidikan agama islam yang masih menganut faham doktrinasi tanpa di dadasari disiplin ilmu apapun.. Bahkan kebanyakan tokoh tokoh agama sekarang hanya mencekoki kita dengan doktrin doktrin agama tanpa boleh mempelajari disiplin ilmu. Bahkan tidak jarang tokoh tokoh agama itu menganggap kalo disiplin ilmu sains, astronomi, ekonomi, filsafat itu produk buatan kafir dan melarang para siswanya untuk mempelajari ilmu ilmu penting dunia.


Edit:

Nenurut gw Motivasi si ts bikin trit iini bukan karena ingin mengedukasi dan ingin membuka mata kita, tapi semata hanya untuk konten bacaan yang menguntungkan dirinya sendiri..
Diubah oleh ronnie158
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 20:57
Islam bukan negara, bukan bangsa ataupun ideologi gan..

Islam itu agama untuk umat manusia. Agama update versi terakhir, dah gak akan diupdate lagi.

Islam sudah sempurna, ga perlu maju-maju.

Dalam Islam udah jelas dunia itu ujungnya kiamat.

Kalau kamu orang pengen maju ya maju aja sana. Kalau ada yg ngaku islam tapi pengen ikut maju2 mungkin kurang pinter dia.. Tolong dikasih tau ya, suruh diem aja atau mundur kalau masih kuat.

gitu gan
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 21:07
Karena masyarakat masih nyebut orang kek tengku, waloni dan UAS sebagai ustad pemuka agama yang selalu mengkhayal kejayaannya masa lalu tanpa melihat masa depan, ketemu hal baru yang mereka ga paham langsung di haramkan, masyarakat kita ga pernah maju karena ikutin pola pikir mereka
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan prayformysky memberi reputasi
2 0
2
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 21:14
Yups..setuju ama om ts
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 21:29
Kok Jadi inget kasus babi ngepet ane wkwkwkwk, ah sudahlah lupakan
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan madjoeki memberi reputasi
2 0
2
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 21:42
wajar lah semua nya pasti akan berlalu di Amrik skg yang beragama juga udah menurun...beragama ga lagi menjadi prioritas
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 21:57
Yah, Islam sedang mengalami seperti kristen ketika masa Dark Age.
Bedanya, Kristen duluan mengalami, trus nyadar. Klo kita, awalnya tercerahkan, eh balik ke gelap lagi.
Pemimpin agama kita terlalu fokus dengan urusan akhirat 😌 dan lupa untuk mendukung kemajuan peradaban dunia Islam.. akhirnya pengikutnya pun demikian adanya..
Kapan kejayaan Islam kembali ? Yah ketika kita kembali kepada fitrah kita sbg manusia. Memanusiakan manusia, dan menyayangi bumi beserta isinya.

#hanyaopinipersonal.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 22:04
Nicee ane seneng mbaca pendapat TS di akhir-akhir artikel
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 22:08
Ijin bertanya gan ts dan gan2 sekalian, barometernya Kejayaan Islam tuh apa ya? Menguasai separuh dunia, pengikut terbesar didunia, menjadi terkaya didunia atau apa?
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 22:20
Karna overdosis dan halu masa lalu.....
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 22:38
Islam sempurna hanya pada zaman nabi muhammad, setelah nabi muhammad wafat, pada rebutan kekuasaan, yang jaya hanya klan2 yang kebetulan beragama islam 😁, cucu nabi aja seperti sayyidina hasan wafat di racun, sayyidina husein di penggal demi membangun kerajaan turun temurun..islam sekarang sudah seperti kepingan puzzle itupun dengan versi yang bermacam - macam..😄
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 23:01
Nyimak aja ane gan,
Biar yg ahli sejarah islam yg mikirin ,
Ane fokus di bidang ane aja yg pasti jauh bgt sama mempelajari peradaban islam...
emoticon-Leh Ugaemoticon-2 Jempol
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 23:35
Mungkin sekarang gak mundur gan, cuma dulu era keemasan karena ada beberapa orang yg terpengaruh ilmu-ilmu yunani kuno dll.
Diubah oleh Arzal
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 23:36
Entah bagaimana tapi memang agama islam bikin trauma lah dikit2 bombardir teroris pas diliat motif nya agama, eh agama nya islam...selalu dan selalu yg terjdi di indonesia seperti itu...

Loe liat aja sinetron semua pemain nya mengkedepankan islam....mana ada sinetron yg pemain utama atau crita nya pas beribadah itu agama hindu, buddha atau kristen....kagak ada bos...

Bti di indo hanya sekedar ....
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 23:53
Karena banyak ga tau tapi sok tau emoticon-sad
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia