Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
339
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609b778325e2852d6a3ecbab/mundurnya-kejayaan-islam-disebabkan-karena-apa
Sebelumnya saya mengucapkan Mohon maaf lahir dan batin, bagi yang merayakan Idul Fitri dan juga bagi umat kristen yang merayakan kenaikan Isa Al Masih, shalom aleichem. Semoga toleransi selalu didahulukan dibandingkan egoisme, karena keyakinan adalah hak masing-masing individu tak bisa dipaksakan.
Lapor Hansip
12-05-2021 13:36

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Sebelumnya saya mengucapkan Mohon maaf lahir dan batin, bagi yang merayakan Idul Fitri dan juga bagi umat kristen yang merayakan kenaikan Isa Al Masih, shalom aleichem. Semoga toleransi selalu didahulukan dibandingkan egoisme, karena keyakinan adalah hak masing-masing individu tak bisa dipaksakan.

Walau di dalam sejarah kita tahu keduanya saling berseteru, tapi kini saatnya meredam konflik, saling bahu membahu untuk persatuan Indonesia. Oke, sekarang ane akan bahas kenapa masa kejayaan Islam semakin mundur apa sih yang terjadi?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Abad 12 -16 bisa dibilang peradaban Islam sangat diperhitungkan di kancah perpolitikan dunia, namun setelah itu perlahan mundur dan dianggap sebelah mata. Negara-negara Islam di Aftika banyak yang berakhir dengan kemiskinan, namun disatu tempat ada negara Islam bergelimang dengan kekayaan, di tempat lainnya tak pernah libur dengan peperangan namun tak ada kemenangan yang mengubah jalannya sejarah peradaban.

Pemeluknya bisa dibilang sangat banyak diseluruh dunia, namun era kejayaan itu hanya mimpi cerita usang tentang para pahlawan yang menaklukkan kota-kota eropa dimasa lalu. Apa yang menyebabkan Islam perlahan mundur teratur?

Sikap dogmatis kekakuan (rigidity), sikap yang kaku ini awal kehancuran Islam hal ini bisa dilihat ketika Kristen melakukan hal yang sama, berakhir dengan adanya protest dari Marthin Luther yang melahirkan Protestantisme. Ditambah dengan kemerosotan moral serta hilangnya sikap dinamis di tengah komunitas pemeluk keyakinan Islam itu sendiri, hingga membuat kebijakan dari pemimpin mereka terkadang hanya menjadi bahan lelucon.

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Faktor lain yang menyebabkan kemunduran telak adalah invasi sejumlah wilayah, hingga akhirnya mereka hanya menjadi penonton ketika di dalam masyarakat Islam mulai menurun aktivitas intelektual dan sains, hanya senang berkutat pada hal yang bersifat mistis sedangkan kita tahu Salahuddin Al Ayyubi atau Sultan Muhammad Al Fatih merebut dua kota besar dimasanya Yerusalem dan Konstantinopel tidak dengan ilmu mistis tapi sains, teknologi meriam basillica dari ahli sains Hungaria (Orban yang beragama kristen), tehnik pengangkutan kapal militer lewat darat, strategi militer yang matang, itu semua didapat karena intelektual dan sains.

Sama halnya dengan Belanda terusir dari Indonesia tidak dengan ilmu santet, tetapi dengan perlawanan senjata, taktik diplomasi, persatuan yang kuat, serta sains karena saat itu Jepang hancur lebur karena teknologi sains yaitu bom atom bukan teknologi santet, babi ngepet, atau memanggil bantuan mahluk tak kasat mata.

Disini terlihat siapa yang menguasai sains dan banyak aktivitas intelektual akan dapat menguasai dunia, hal ini juga terkait dengan perdagangan secara global seperti kita lihat China saat ini merangkak untuk menjadi peradaban yang maju dengan intelektual dan sains serta menguasai perdagangan dunia.

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Lantas bagaimana caranya kembali mewujudkan kejayaan seperti di masa lalu? Kembali ke sumber ajaran dan pengalaman sejarah, jangan adalagi perseteruan atau civil war, jangan hidup berkelompok-kelompok dan merasa kelompoknya paling benar, Islam hanya satu ,mahzab dan firqah itu hanya beda pendapat, jadi bukan lantas keluar dari Islam, turunkan egoisme, kedepankan pluralisme dan berbeda pendapat bukanlah sebuah kesalahan namun yang perlu di ingat,

Quote:


إِن اللهَ لَا يُغَيرُ مَا بِقَوْمٍ حَتىٰ يُغَيرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS ar-Ra'd: 11). 



Melihat takdir jangan juga menjadi seorang yang fatalis, mungkin ada yang belum paham apa itu fatalisme!! Hal itu adalah  "ajaran atau paham bahwa manusia dikuasai oleh nasib." Hingga timbulah pesimis, mudah menyerah, menerima nasib yang sudah ditentukan lantas dimana ingin merengkuh kejayaan kalau tidak ada keinginan yang ambisius?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Setidaknya selama masyarakat dalam keyakinan kelompok Islam masih bersikap dogmatis penuh kekakuan, taklid buta, perbedaan antar mahzab atau kelompok yang dibesarkan hingga bersikap fatalis dan menjauhi sains, bahkan hanya mengandalkan emosi tanpa strategi dan trik politik yang benar maka selama itu juga Islam akan terus diambang kemunduran.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?

Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyuDan2255 dan 55 lainnya memberi reputasi
54
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 7
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 16:42
pintu-pintu terkait ilmu pengetahuan dan teknologi semacam dipersempit, padahal ayat-ayat Tuhan gak hanya apa yang ada dalam Al-Qur'an aja tapi ada disekitar kita juga bukan
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 17:01

Jiakakak

Karena iman🤭🤭
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 17:01
Kejayaan Islam akan kembali ketika Jihad tidak lagi dgn pedang/kekerasan,tetapi jihad dengan Pena/ilmu. Mempunyai pemimpin yang beranggota di berbagai belahan dunia. Tidak berpolitik, ia telah datang perlahan tapi pasti ..Ied Mubarak
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 17:28
jejak dulu
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 17:56
Ya ane nangkep nya agama buat ketenangan batin aja, kalau hidup di dunia nyata ya mesti konkrit pake ilmu pengetahuan nyata bukan ghoib
profile-picture
profile-picture
hermanwnkr dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 17:57
Y wajar sih pemuka ny aja masih pake paham like dislike padahal seiman, kapan mau bersatu kalo gt, tinggal nunggu ancurnya aja dah
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 18:06
cuma gegara presiden ngomong bipang ambawang aja langsung ribut.. contoh nyata kemerosotan umat muslim.. hehe
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan Gurke memberi reputasi
2 0
2
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 18:15
Karena mereka lebih fokus ke syurga ketimbang dunia..di dunia mah mao wikwik secantik bidadari musti instal microt dulu, di syurga tinggal sodok (katanya diteruskan oleh katanya diucapkan oleh katanya)
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 18:15
Ada penyebab dari luar dan dalam. Tapi setuju sama komen2 di atas sih, kemunduran jg bisa karena gak ada ideologi yg menyatukan islam
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 18:16
Gimana mau jaya, orang anak2 mudanya cuman bisa tik tokan, nggak pernah ngaji, letoy, cengeng, yang laki2 jarang sholat, yang prempuan joget2 gak jelas.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 18:16
Klo definisi maju secara iptek materialis manusia udah maju dari dulu, lalu peradaban maju seringkali lenyap menyisakan puing puing krn keegoisan dan keserakahan, semakin maju bukan malah semakin bijak. Ketika suatu peradaban udah di puncak justru potensial untuk restart dan kembali dari 0 lagi ke jaman batu. Siklus ini bisa berulang ulang atau akan berakhir dgn kepunahan manusia itu sendiri seperti yg digambarkan di film film dan game, jadi nothing spesial dari kemajuan peradaban tanpa kewarasan berpikir.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 18:38
Karena semakin byk org goblok otaknya ngga mampu belajar agama. Di samping itu org yg ilmu agamanya pas2anpun bs mengajar agama kepada org lain. Ini faktor utama penyebabnya kenapa islam mengalami byk kemunduran. Gurunya atau ustadnya bloon muridnya jd bloon semua
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 18:40
Faktor menurut ane...

1.Menjadi umat yang pemarah dan sensitif.

2.Terjadi pengkultusan kepada ulama dan ustadz beserta Habib yg di anggap makhluk mulia dan tidak pernah akan berbuat salah.

3.Tokoh-tokoh agamanya sibuk membela diri bukan mengkoreksi diri sendiri.

4.sebagian umat muslim merasa exclusive, penyakit sombong tak di sadari hingga akhirnya justru mereka di tinggalkan karna mengucilkan diri sendiri.

5.Selalu memakai pola pikir yang modern namun tak di up date menyesuaikan perkembangan.

Banyak sebenarnya yg membuat umat muslim mundur dan yg di atas itu sebagian contoh kecil aja.
Pada kesimpulannya umat muslim kebanyakan kena penyakit yg namanya sombong emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan yanchespenda memberi reputasi
2 0
2
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 18:46
Sesama islam aja berantem,, nah ini faktornya
profile-picture
profile-picture
hermanwnkr dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 18:53
Jangankan berurusan dgn yg lain
Antar umat islam sendiri masih sering konflik karna beda faham,padahal sama2 punya hadits.
Misal yg masih berdebat masalah qunut aja sampe2 ribut juga.
Gmana mau bersatu coba??
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 18:56
Quote:
ketika di dalam masyarakat Islam mulai menurun aktivitas intelektual dan sains, hanya senang berkutat pada hal yang bersifat mistis


Malas berinovasi, akhirnya cuma pasrah pada takdir dan menyalahkan umat lain. Ini sih yg ane rasain banget...
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan yanchespenda memberi reputasi
2 0
2
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 19:02
Quote:
Salahuddin Al Ayyubi atau Sultan Muhammad Al Fatih merebut dua kota besar dimasanya Yerusalem dan Konstantinopel tidak dengan ilmu mistis tapi sains, teknologi meriam basillica dari ahli sains Hungaria (Orban yang beragama kristen), tehnik pengangkutan kapal militer lewat darat, strategi militer yang matang, itu semua didapat karena intelektual dan sains.


emoticon-Jempol Setuju ma TS..
Kenapa umat Islam skr malah berdebat hanya untuk urusan bid'ah dan malah yg paling parah mengkafirkan sesama muslim. Padahal itu hanya terkait hal yg sifatnya hilafiah..emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 19:17
Gue katolik dan mohon maaf kalo gue gue kasih pendapat dan bikin sakit hatiemoticon-Nyepi
Menurut gue kenapa islam ga maju seperti dulu karna umat islamnya cuma fokus ke Tuhan bukan fokus menjadi berguna bagi orang lain...ahli sains dulu ga peduli agamanya apa yg penting dia menciptakan sesuatu atau menemukan sesuatu ...contoh nih si bill gates emang waktu dia nemuin microsoft dia mikirin ah nanti kalo gue nemuin komputer gue akan berjasa bagi Tuhan nama gue akan ada di buku kitab penemu agama ateis misalnya...(gue ga tau si gates agamanya apa) atau si penemu gravitasi dia bilangnya eureka bukan Makasih Tuhan versi agama dia
kadang gue geli sendiri kalo ada yg bilang jaman dulu sains islam maju pas gue bilang sampe skrg sains kristen terus maju langsung diem...Sains dan agama itu terpisah sama kayak bisnis dan agama tapi kalo loe bisnisin agama bisaemoticon-Kiss.....ga usah lagi ngomongin ilmuwan islam mending kita semua bantuin supaya Indonesia punya ilmuwan yg hebat banget jadi yg terkenal di sejarah nanti bangsa Indonesia bukan agama tertentu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goldjempol dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 19:30
Karena ini dan itu
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mundurnya Kejayaan Islam Disebabkan Karena Apa?
15-05-2021 19:48
Sumbu pendek dan mabok agama .

Sweping maksiat dan miras tujuan masuk surga . Ehh tertulis di surga ada 4900 bidadari dan bidadara .

Kafir halal darahnya . Filosofi buya hamka jika agamamu di hina dan diam ganti bajumu dengan kain kafan .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanchespenda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia