Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
184
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609c03a6424fc60e2b338c42/strategi-minum-dan-makan-saat-lebaran-jangan-gunakan-aji-mumpung
Lebaran menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga atau sahabat. Kumpul-kumpul tersebut tentu beserta sajian makanan dan minuman. Bahkan varian dan jumlah makanan dan minuman pada saat lebaran cenderung berlimpah.  
Lapor Hansip
12-05-2021 23:34

Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

Lebaran menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga atau sahabat. Kumpul-kumpul tersebut tentu beserta sajian makanan dan minuman. Bahkan varian dan jumlah makanan dan minuman pada saat lebaran cenderung berlimpah.
 
Sebagian orang memang sengaja menyediakan makanan enak untuk tamu-tamunya. Bagi mereka, makanan enak merupakan upaya menghormati tamu. Apabila kita menjadi tamunya, tentu tidak enak menolak makanan dan minuman yang sudah terhidang.
 
Berikut berbagai strategi makan dan minum saat lebaran yang terhimpun dari berbagai narasumber ahli. Agan dan Sista dapat menerapkannya agar tidak makan dan minum berlebihan di hari lebaran.  
 
1. Pilih makanan yang paling diinginkan
 
Ada sekian banyak makanan dan minuman yang tersaji. Pilihlah makanan atau minuman yang paling kita inginkan saja. Tidak perlu makan ketupat opor ayam lagi jika di rumah sudah tersaji menu yang sama. Pilih makanan yang belum disantap, namun rasa dan gizinya lebih mantap.  
 Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

2. Makan Sedikit
 
Usahakan tidak kenyang sekali duduk. Makanlah dengan porsi sedikit-sedikit. Apalagi jika rute silaturahim masih panjang. Sebagian tuan rumah ingin sekali makanan dan minumannya yang terhidang dicicipi tamunya. Jadi cicipi saja sesedikit mungkin, meski makanan yang tersaji enak dan paling diinginkan.
 Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

3. Kurangi porsi kuah santan
 
Menu lebaran pada umumnya bersantan semisal opor ayam, rendang, ketupat sayur dan lainnya. Untuk makanan-makanan bersantan, lebih baik ambil porsi sedikit, begitu juga dengan kuahnya.
 
Opor ayam misalnya. Makan ayamnya saja dengan 4-5 sendok kuah, tidak perlu bercentong-centong seolah ayamnya ingin berenang di piring. Kuah bersantan mengandung kalori yang cukup tinggi juga. Maka dari itu batasi.  
 
4. Gizi Seimbang, Terapkan Konsep Isi piringku
 
Makanlah dengan menu seimbang apabila makan berat. Artinya cukup porsi makanan pokok, lauk pauk, buah dan sayur. Porsi makanan pokok dan sayur setara, sedangkan porsi lauk sama dengan buah.
 
Apabila di satu kunjungan silaturahim hanya tersaji makanan pokok dan lauk saja, maka sayur dan buahnya dipenuhi pada sajian di hidangan lain atau di rumah. Jangan sampai sajian karbohidrat saja yang mendominasi. Siap-siap berat badan naik esok hari.
 Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

5. Imbangi dengan minum
 
Minuman yang dimaksud air biasa. Bukan minuman manis apalagi minuman bersoda dan tinggi kalori lainnya. Sudah umum di rumah-rumah tersedia minuman kemasan cup plastik. Jangan tergoda minuman kaleng bersoda atau minuman manis berperisa. Ingat Agan dan Sisita sudah manis, jadi tidak perlu minuman manis lagi.
 Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

Itulah beberapa strategi minum dan makan saat lebaran. Simpan saja aji mumpung yang sudah kita kuasai sejak lahir. Aji mumpung cenderung mengikuti hawa nafsu. Bisa bikin lupa diri sehingga berat badan bakal naik beberapa hari lagi.  



Sumber foto
Foto menu lengkap lebaran dan semur jengkol Instagram.com/dapuruniola
Isi piringku faradiladputri.com
Foto lainnya freepik.com

Artikel rujukan


Sumber 1
Sumber 2









profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
14-05-2021 12:01
Jengkol rendangnya kelihatan enak sekali, jadi pingin makan emoticon-Betty
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
14-05-2021 14:29
Iya kalau bisa ditahan emang sebaiknya ditahan sih.. biasanya yang agak susah nahan ngemil gan.. karena dihadapan banyak cemilan enak-enak.. apalagi habis puasa sebulan rasanya pengen ngemil ini itu emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
14-05-2021 20:53
jangan sampe lupa diri aja lah emoticon-Ngakak resiko jangka panjang kolesterol ntar
0 0
0
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 11:33
Enak enak
0 0
0
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 11:54
lebaran gw malah sariawan bray, mangap dikit aja udah perih emoticon-Hammer2
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 11:55
harus makan sedikit kalau masih banyak rumah yang akan didatangi
apalagi kalo di Kalimantan
takut kapuhunan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 12:01
Threadnya telat hot threadnya, yang nyeleksi hot thread memang luar biasaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 13:14
Kalau ane cenderung makan daging / lauk plus nasi dikittt gan karena ga bikin cepat kenyang. Klo ketupat terlalu padat nasinya jadi cepet kenyang dan begah.
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 13:25
Iya nih...kadang Lebaran hari pertama, suka kalap nih, makan apa aja yang tersaji di meja, sementara antrian kunjungan masih banyak, udahannya gula darah, kolesterol meningkat...
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 13:51
ancur dah lebaran kemarin kayak bales dendam gitu semua di makan jatohnya perut ga enak pas lebaran kedua, huhu
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 13:56
Seharusnya emang kayak gini sih ya, tapi kadang untuk menahan diri biar ga ambil makanan terus tuh juga susah wkwkk
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 15:00
ane malah puyeng klo makanan penuh kuah gtu...
0 0
0
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 15:00
kalau dilebaran gini agak susah gak sih untuk nerapin gizi seimbang, godaan-godaan santan dimana-mana itu, biasanya sih sampai tiga hari kilaf mulu, hehe
0 0
0
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 15:07
Ane beli larutan penyegar habisnya gak enak banget makan bersantan kebanyakan dan berminyak juga hehe
0 0
0
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 15:53
Biasanya kalau makan yang banyak santan takut keberatan di perut emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 16:36
Setiap rumah yang disambangi nyediakan makanan, ga dimakan ga enak, serba salah sih, bukan ajimumpung emoticon-Ngakak
0 0
0
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 17:11
Ingat gan masih pandemi makan bersama sangat berisiko
0 0
0
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 17:35
Klo ane misal waktu silaturahmi disuruh makan dirumah saudara ane bakalan pilih makanan apa yg biasanya paling enak dimasak sm yg punya rumah. Berhub klo di rumah saudara ane udah hafal, misal A paling enak bikin opor sama ketupatnya, B paling enak bikin bakso, gitu aja mending wkwk. Wlwpn gak tiap rumah ane selalu makan sih
Diubah oleh siangpenat
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 18:10
alhamdulillah sekarang ane udah gak rakus lagi kalo pas lebaran.. gak kaya dulu tiap ada yg enak dipandang langsung sikat.. sekarang udah bisa ngontrol dengan mindset "alah paling rasanya gitu gitu doang" jadi napsu sedikit berkurang.. hehe
0 0
0
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung
15-05-2021 18:16
Momen lebaran gini sengaja ngindarin timbangan. Ntar kalo udah lewat momennya juga turun sendiri emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia