747.400Avatar border
TS
747.400
BREAKING NEWS! Presiden Jokowi Desak PBB Tindak Tegas Israel


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutuk keras serangan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina. Dia mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengambil tindakan tegas untuk Israel.

"Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak dewan keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan Israel," kata Jokowi dalam akun Twitter miliknya, @jokowi.

Jokowi menegaskan pengusiran paksa warga Palestina dari Jarrah, Yerusalem Timur, tidak boleh dibiarkan. Apalagi, pengusiran dilakukan dengan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa.

"Ini tidak boleh diabaikan. Indonesia akan terus berpihak kepada rakyat Palestina," ucapnya.

Bentrokan hebat terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa sejak akhir pekan lalu hingga Senin, 10 Mei 2021. Pasukan Israel melepaskan tembakan langsung ke arah warga Palestina saat bentrokan berlangsung.

Pada Senin, 10 Mei 2021, bentrokan tersebut melukai ratusan warga Palestina. Tindakan represif Israel menuai kecaman dunia internasional dan negara-negara Arab.

Jokowi Desak PBB Tangani Konflik Israel-Palestina


CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi), seperti disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mendesak Dewan Keamanan PBB mengambil langkah nyata dalam menangani konflik Israel dan Palestina.
Tindakan Israel mengusir Palestina dari Sheikh Jarrah dan penyerangan di Masjid Al-Aqsa, Jokowi menegaskan, tidak dapat dibiarkan.

"Bapak Presiden juga menyampaikan Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak PBB untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan Israel. Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina," imbuh Retno.

Tidak hanya itu, Jokowi juga menyatakan Indonesia sebagai anggota biro sekaligus wakil ketua The Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People mengusulkan agar Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Gerakan Non-Blok (GNB) segera bertemu untuk membahas masalah ini.

The Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People merupakan komite yang dibentuk pada 1975 dan berada dalam Majelis Umum PBB untuk memperjuangkan hak-hak Palestina, termasuk kemerdekaan Palestina.

"Indonesia juga terus mendesak agar Dewan Keamanan PBB dapat mengambil langkah nyata, menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina."

"Sudah terlalu lama hak Palestina digerogoti Israel. Indonesia akan selalu bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya," tutur Retno.

Suasana di kawasan kembali panas pada Senin (10/5), tepatnya ketika warga Israel menyatakan ingin memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa untuk memperingati pendudukan wilayah Yerusalem.

Kepolisian Israel sebenarnya sudah melarang warga ke kompleks masjid karena sedang Ramadan. Mereka pun menutup Masjid Al-Aqsa.

Pendudukan itu sendiri tidak diakui oleh komunitas internasional. Ratusan warga Palestina lantas menyambangi Masjid Al-Aqsa dan dilaporkan melempari batu ke arah petugas keamanan. Bentrokan antara warga Palestina dan aparat Israel tak terbendung.

Serangan udara Israel menewaskan sebanyak 32 warga Palestina di Gaza, sedang serangan dari kubu Palestina menewaskan 3 orang warga Israel. Ini merupakan serangan paling berat antara Israel dan Hamas sejak perang 2014 di Gaza.

Sementara itu, sayap bersenjata Hamas mengatakan pihaknya menembakkan 210 roket ke arah Beersheba dan Tel Aviv sebagai balasan atas pemboman gedung menara di Gaza City.

Utusan perdamaian Timur Tengah PBB Tor Wennesland mendorong kedua pihak menghentikan serangan yang bisa mengarah pada perang. Menurutnya, para pemimpin harus bertanggung jawab mengurangi bentrokan (de-eskalasi).

Menurut sebuah sumber yang dekat dengan strategi AS, AS sempat menunda upaya Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan pernyataan, karena dianggap berbahaya bagi upaya mengakhiri kekerasan di belakang layar.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mendesak baik Israel dan Palestina tenang dan "menahan diri".


https://www.cnnindonesia.com/interna...rael-palestina

https://m.medcom.id/amp/ybDVBLXK-jok...k-tegas-israel

ada beberapa pertanyaan yg ingin TS tanyakan:

1. Mengapa markas besar PBB berada di New York, kenapa gak di tempat netral saja misalnya di Bern, Swiss?

2. Mengapa amerika bisa memblokir keputusan PBB kemarin mengenai konflik israel palestina? Seolah olah amerika yg kontrol PBB. memangnya seberapa besar pengaruh AS di PBB?
nomorelies
abau.
munapigg
munapigg dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.