News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
118
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609bbca0ec37bd5ff464ed39/maruf-proses-sertifikasi-halal-kini-hanya-21-hari
Pemerintah mengupayakan proses pemberian izin sertifikasi halal akan lebih cepat. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, jika sebelumnya proses sertifikasi halal membutuhkan waktu hingga 97 hari sebagaimana diatur dalam Undanng-undang Jaminan Produk Halal.
Lapor Hansip
12-05-2021 18:31

Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari

Past Hot Thread
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari

Pemerintah mengupayakan proses pemberian izin sertifikasi halal akan lebih cepat. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, jika sebelumnya proses sertifikasi halal membutuhkan waktu hingga 97 hari sebagaimana diatur dalam Undanng-undang Jaminan Produk Halal.

Namun, kini bisa lebih cepat hanya menjadi 21 hari dengan adanya Undang undang Cipta Kerja. "Percepatan di dalam rangka sertifikasi halalnya," kata Ma'ruf saat memimpin Rapat Kawasan Industri Halal dan Sertifikasi Halal di kediaman resmi Jakarta, Selasa (11/5).

Ma'ruf mengatakan, rapat tersebut merupakan pertemuan koordinasi antarkementerian koordinator dan kementerian terkait untuk membahas pengembangan industri halal berserta fasilitas pendukungnya, salah satunya sertifikasi halal.

Ma'ruf mengatakan, percepatan proses sertifikasi halal diharapkan dapat meningkatkan jumlah UMKM maupum produk atau jasa yang telah disertifikasi halal.

"Kita targetkan untuk UMKM itu satu tahun sebanyak 15 sampai 17 ribu unit untuk disertifikasi, dengan sistem yang disiapkan sedemikian rupa dengan pola-pola yang tentu pelayanan yang cepat dan terkoordinasi dengan baik," kata Ma'ruf.

Sementara untuk tarif, Ma'ruf mengatakan saat ini masih proses penetapan oleh Kementerian Keuangan. Namun, ia memastikan untuk UMKM tidak akan dikenakan biaya atau nol persen.

"Bahwa itu akan dikenakan 0 persen, dan untuk produk yang menggunakan bahan baku halal dan juga nanti akan ada yang sifatnya reguler yaitu terkena antara diperkirakan itu hanya Rp 300 ribu sampai dengan Rp 5 juta," kata Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan, rapat hari ini juga membahas upaya mempercepat pengembangan kawasan industri halal (KIH). Termasuk mekanisme pemberian insentif insentif dalam kawasan tersebut.

"Seperti juga yang diberikan kepada K.E.K dan layanan Satu Atap dari seluruh layanan yang diperlukan di masing-masing KIH itu," kata Ma'ruf.

Ma'ruf mengungkapkan, hal ini merupakan upaya menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia, tidak hanya untuk konsumsi dalam negeri tapi juga untuk ekspor.

"Ini hal-hal yang saya kira kita bicarakan hari ini, dan karena ini sudah menjadi komitmen Pemerintah untuk mengembangkan industri halal, maka segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan baik dan segera dieksekusi," katanya.

link


"Kita targetkan untuk UMKM itu satu tahun sebanyak 15 sampai 17 ribu unit untuk disertifikasi, dengan sistem yang disiapkan sedemikian rupa dengan pola-pola yang tentu pelayanan yang cepat dan terkoordinasi dengan baik," kata Ma'ruf.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
13-05-2021 19:18
Cepet juga gan 😁, sekarang keknya lebih dipermudah deh kalo mau dapet ijin halal dari MUI
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
13-05-2021 19:21
msh ngerasa jd ketua mui sepertinya karna yg dibahas seputar itu doang
emoticon-Traveller
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
13-05-2021 20:00
Harus banget sertifikasi. Kalau uda lulus uji BPOM misalkan, apa ngaruhnya itu sertifikasi halal? Apa beda ranah?

Wah pusing yak kalau jadi pengusaha makanan di mari keknya.
Diubah oleh bumbleblee
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
13-05-2021 21:10
Semoga makin cepat ya.. jd pengusaha diuntungkan
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
13-05-2021 21:30
Biayanya mayan juga yak
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
13-05-2021 21:32
Woowww lebih cepat cair guys emoticon-Wow
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
13-05-2021 21:35
yang penting duitnya lancar
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
13-05-2021 21:50
Bipang ambawang buat kakek
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
13-05-2021 22:29
2024 nanti presiden dan wapres dan menteri keuangan, menteri investasi, kepala BIN, kapolri dan panglima TNI semua dari NU.
profile-picture
dalamuka memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
14-05-2021 00:15
Gak ngerti deh, 21 hari itu ngapain aja ya. Kok kayanya masih cukup lama
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
14-05-2021 08:47
Mantab pak, pemasukan juga akan semakin banyak nantinya, bayangin kalau banyak yang membuat sertifikasi halal dan harus keluar uang, berapa yang bisa dikantongin, kecuali digratiskan baru keren
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
14-05-2021 15:22
Semoga bisa memudahkan para pelaku usaha
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
14-05-2021 18:12
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H, mohon maaf Lahir dan baTin..
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
14-05-2021 21:01
Lamaa amaat. Enggak punya hotline ya ke Allah? Take beer
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
15-05-2021 01:35
bolehlah bolehlah emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
15-05-2021 02:33
Bacooot!

emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
15-05-2021 16:09
bagus deh semoga perubahan ini membawa UMKM kita ke next level
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
17-05-2021 03:04
Biayanya nggak nambah kan pak? emoticon-Matabelo
0 0
0
Ma'ruf: Proses Sertifikasi Halal Kini Hanya 21 Hari
17-05-2021 21:43
Ntaps.. ga perlu nunggu lama2 ya kan..
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia