cihils
TS
cihils
10 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Untuk Orang Tua MAGER
Buat para orang tua bekerja khususnya yang kerja di ibukota, sehari-hari pasti khan udah tua di jalan ya. Nggak jarang akhirnya weekend pun jadi magerrr banget buat keluar rumah tapi juga merasa bersalah karena anak jadinya kurang hiburan karena selalu di rumah aja. Naahh ini dia beberapa kegiatan yang tetep bisa dilakukan bareng anak tanpa harus keluar rumah. Dan kegiatan yang sepertinya sederhana ini, tetep bisa berpengaruh ke sensori & motorik mereka juga loh.

1. Pelihara binatang


Kura-kura air itu peliharaan paling gampang karena nggak gampang mati dan hampir selalu bisa tahan dalam keadaan apapun, tanpa makanan sekalipun. Dibanding kucing & anjing yang lebih demanding, pelihara kura-kura relatif jauh lebih gampang. Kebetulan di rumah selain banyak kura-kura air, ada kura-kura darat (tortoise), iguana dan ikan-ikanan.


2. Rapihin mainan setelah diberantakin

Klo ane bukan aliran beresin dulu mainan A sebelum berantakin mainan B. Ane malah sering biarin si anak puas-puasin berantakin semua mainannya, terakhir baru deh kita rapihin sesuai dengan tempat & kategorinya. Selain biar efisien, sekalian dia bisa belajar pengkategorian: mengelompokan mainan yang sejenis di tempatnya masing-masing.


3. Ajak ngerjain urusan rumah tangga

Karena anak ane baru 2 tahun, jadi sering ngajakin doi ngerjain pekerjaan rmh yang simple. Ngelap2 klo ada yang tumpah, nyapu pake sapu & pengki kecil, buang sampah atau narok baju ke tempatnya, nyusun kotak camilan & minuman di tempatnya.


4. Libatin anak saat kita lagi memperbaiki/ngoprek sesuatu

Kebetulan suami ane rajin ngoprek: ngerakit mainan anak, ganti air akuarium, nanam bibit buat hidroponik, benerin komputer, dll dsb. Nahh saat suami ribet dengan urusannya, ane ajak si anak untuk explore barang-barangnya (tapi jangan sampe ngegerecok urusan suami ya, daripada ujungn2nya berantem :P)


5. Main air saat mandi 

Main sambil mandi itu paling gampang, walaupun kadang jadi kepanjangan ya waktu mandinya. Masukkin dia ke bak mandi, bawa mainan2 yang sesuai, sambil mandiin, sabunin, main sekalian deh ngasih imajinasi atau memorinya.


6. Puter lagu & joget bebas

Kebetulan anak ane itu musikal banget. Gak bisa denger lagu dikit suka ikutan joget. Ya sekalian aja lampu gelapin dikit, pake senter, puter lagu agak kenceng, terus kite lemesin otot deh. Itung-itung sekalian ortunya ikut olahraga.


7. Baca buku cerita / main activity book

Ini udah paling gampang deh yaaa. Ane sih sukanya buku cerita yang juga ada versi filmnya di Youtube atau di TV. Lebih gampang untuk mereka ingat & relate, karena dia terekspos dengan cerita/tokoh itu dalam berbagai format: buku cerita, buku activity, film, lagu, mainan, dll.


8. Lompat-lompat di ranjang & timpuk-timpukan guling

Ini kegiatan yang sebetulnya pengen ngabisin energi biar dia tidurnya lebih nyenyak hahahaha tapi percayalah, ini juga sangat melatih kekuatan fisiknya loh. Kaki, tangan, punggung, semuanya deh. Sekalian latihan buat masa depan klo sampe ada yang ngebully dia hahaha


9. Main bubbles

Mereka selalu seneng & terpesona liat gelembung2 banyak tapi mereka juga bisa latihan otot mulutnya karena harus niup pelan-pelan untuk berhasil membuat bubble. 


10. NONTON TV BARENG

Klo udah capek ngerjain itu semua, saatnya nonton TV bersama hahaha jadi ortunya juga bisa rileks sedikit. Tidak bisa dipungkiri, Youtube & TV itu punya pengaruh bagus banget untuk anak-anak di masa golden agenya. Tapi of course, jenis tontonan & screen timenya harus kita perhatiin banget. Klo ane SELALU nemenin dia ketika nonton, kasih penjelasan, kasih pengertian, menyederhanakan jalan cerita, atau sekedar ngasih translate-an dalam bahasa Indonesia. 


Demikianlah tips sederhana untuk meluangkan waktu bareng anak dengan muatan-muatan edukasi untuk ortu yang mager seperti ane. Semoga bermanfaat yaaa.
japarinacheria021Bubba75
Bubba75 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2K
20
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.