• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

Kokonata
TS
Kokonata
Strategi Minum dan Makan Saat Lebaran, Jangan Gunakan Aji Mumpung

Lebaran menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga atau sahabat. Kumpul-kumpul tersebut tentu beserta sajian makanan dan minuman. Bahkan varian dan jumlah makanan dan minuman pada saat lebaran cenderung berlimpah.
 
Sebagian orang memang sengaja menyediakan makanan enak untuk tamu-tamunya. Bagi mereka, makanan enak merupakan upaya menghormati tamu. Apabila kita menjadi tamunya, tentu tidak enak menolak makanan dan minuman yang sudah terhidang.
 
Berikut berbagai strategi makan dan minum saat lebaran yang terhimpun dari berbagai narasumber ahli. Agan dan Sista dapat menerapkannya agar tidak makan dan minum berlebihan di hari lebaran.  
 
1. Pilih makanan yang paling diinginkan
 
Ada sekian banyak makanan dan minuman yang tersaji. Pilihlah makanan atau minuman yang paling kita inginkan saja. Tidak perlu makan ketupat opor ayam lagi jika di rumah sudah tersaji menu yang sama. Pilih makanan yang belum disantap, namun rasa dan gizinya lebih mantap.  
 



2. Makan Sedikit
 
Usahakan tidak kenyang sekali duduk. Makanlah dengan porsi sedikit-sedikit. Apalagi jika rute silaturahim masih panjang. Sebagian tuan rumah ingin sekali makanan dan minumannya yang terhidang dicicipi tamunya. Jadi cicipi saja sesedikit mungkin, meski makanan yang tersaji enak dan paling diinginkan.
 

3. Kurangi porsi kuah santan
 
Menu lebaran pada umumnya bersantan semisal opor ayam, rendang, ketupat sayur dan lainnya. Untuk makanan-makanan bersantan, lebih baik ambil porsi sedikit, begitu juga dengan kuahnya.
 
Opor ayam misalnya. Makan ayamnya saja dengan 4-5 sendok kuah, tidak perlu bercentong-centong seolah ayamnya ingin berenang di piring. Kuah bersantan mengandung kalori yang cukup tinggi juga. Maka dari itu batasi.  
 
4. Gizi Seimbang, Terapkan Konsep Isi piringku
 
Makanlah dengan menu seimbang apabila makan berat. Artinya cukup porsi makanan pokok, lauk pauk, buah dan sayur. Porsi makanan pokok dan sayur setara, sedangkan porsi lauk sama dengan buah.
 
Apabila di satu kunjungan silaturahim hanya tersaji makanan pokok dan lauk saja, maka sayur dan buahnya dipenuhi pada sajian di hidangan lain atau di rumah. Jangan sampai sajian karbohidrat saja yang mendominasi. Siap-siap berat badan naik esok hari.
 

5. Imbangi dengan minum
 
Minuman yang dimaksud air biasa. Bukan minuman manis apalagi minuman bersoda dan tinggi kalori lainnya. Sudah umum di rumah-rumah tersedia minuman kemasan cupplastik. Jangan tergoda minuman kaleng bersoda atau minuman manis berperisa. Ingat Agan dan Sisita sudah manis, jadi tidak perlu minuman manis lagi.
 

Itulah beberapa strategi minum dan makan saat lebaran. Simpan saja aji mumpung yang sudah kita kuasai sejak lahir. Aji mumpung cenderung mengikuti hawa nafsu. Bisa bikin lupa diri sehingga berat badan bakal naik beberapa hari lagi.  



Sumber foto
Foto menu lengkap lebaran dan semur jengkol Instagram.com/dapuruniola
Isi piringku faradiladputri.com
Foto lainnya freepik.com

Artikel rujukan


Sumber 1
Sumber 2









lubangkacac4punk1950...aygilagility
aygilagility dan 27 lainnya memberi reputasi
28
5.2K
185
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.