• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Waduh, Orang India Percaya Mandi Kotoran Sapi Bisa Menghadapi Corona, What?

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Waduh, Orang India Percaya Mandi Kotoran Sapi Bisa Menghadapi Corona, What?
Foto: reuters.com

Pandemi virus corona saat ini sedang melanda dan memporak-porandakan India. Negera India sejauh ini sudah mencatat sekitar 23,3 juta orang yang positif dan yang meninggal akibat covid-19 sudah tercatat sebanyak sekitar 254 ribu orang meninggal dunia (data dari JHU CSSE, 12-5-2021). Warga India kini sedang berjuang untuk menemukan rumah sakit yang masih kosong, tidak hanya itu saja oksigen, vaksin dan obat-obatan juga kini sangat langka.

Setelah virus corona melanda India, kepercayaan-kepercayaan tradisional untuk menangkal corona pun muncul, salah satunya adalah kepercayaan warga Gujarat yang menyakini dengan mengolesi tubuhnya dengan kotoran sapi bisa kebal dari corona. Gujarat merupakan salah satu daerah yang terletak di bagian barat India.

Warga Gujarat banyak datang berbondong-bondong ke tempat penangkaran sapi setiap seminggu sekali untuk mengolesi tubuh mereka dengan kotoran dan air seni sapi, mereka mengklaim jika menggunakan kotoran sapi dan air seninya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan covid-19. Mereka juga menyakini jika kotoran dan air seni sapi dapat menyembuhkan orang yang terkena virus corona.

Foto: independent.co.uk

Alasan utama mereka, karena Agama Hindu memuja sapi dan menganggapnya sebagai simbol kehidupan dan bumi. Umat Hindu telah menggunakan kotoran sapi selama berabad-abad untuk membersihkan rumah dan doa mereka. Atas dasar kepercayaan mereka menyakini jika kotoran sapi memiliki khasiat dalam penyembuhan yang ajaib dan juga sumber penyucian.

Akan tetapi, para dokter di India juga sudah memperingatkan warganya dalam penggunaan kotoran sapi, dokter menjelaskan jika kotoran maupun air seni sapi tidak ada kaitannya dalam pencegahan apalagi untuk pengobatan corona. Justru menggunakan kotoran sapi pada tubuh justru dapat memicu penyakit yang disebabkan bakteri.

Foto: reuters.com

Dokter juga berharap agar warga Gujarat tidak menggunakan kotoran sapi lagi sebagai cara untuk mencegah dan mengobati virus corona, dan dokter juga menyatakan, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan keefektifan kotoran sapi dalam menangkal penyakit apapun termasuk virus corona.

Dokter dan ahli di India sudah berulang kali memperingatkan warga agar tidak menggunakan kotoran sapi untuk alternatif pencegahan dan penyembuhan Covid-19, justru kotoran sapi dapat menyebabkan masalah kesehatan penyakit lain yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia.




Referensi: independent.co.uk - India’s top medical association warns over ‘health risks’ of using cow dung as Covid treatment
Diubah oleh Sambelterasi052 12-05-2021 22:30
stroomz
yugeel
indramamoth
indramamoth dan 26 lainnya memberi reputasi
27
9K
220
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.