Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
357
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60978cb7ad6dd43f3844a665/babi-panggang-ambawang-menuai-polemik-semua-gara-gara-jokowi
Karena masih dalam suasana pandemi pemerintah melarang mudik dan untuk bapak ibu yang rindu masakan atau kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh bisa memesannya secara online
Lapor Hansip
09-05-2021 14:18

Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi


Quote:

"Karena masih dalam suasana pandemi pemerintah melarang mudik dan untuk bapak ibu yang rindu masakan atau kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh bisa memesannya secara online,"

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, empek-empek Palembang, bipang Ambawang Kalimantan, dan lain-lain tinggal pesan. Makanan kesukaan akan sampai di rumah," ujar Jokowi.



sumber kutipan



Nampaknya Indonesia selalu geger dengan hal-hal yang sepele, apalagi mendengar kata "Babi Panggang" auto haram di telinga. Dan gara-gara Jokowi mengajak belanja kuliner salah satunya adalah Bipang Ambawang kepada mereka yang rindu kampung halaman, di masa menjelang lebaran hal ini tentu bikin polemik satu nusantara.

Walau kita tahu Indonesia terdiri dari multi kultur, multi ras, multi agama tetapi memang momentnya saja tidak tepat. Dan netizen yang mendengar pun, merasa janggal kok dalam suasana lebaran serta pelarangan mudik, namun ada salah satu kuliner yang dinilai haram untuk dimakan malah di sebut oleh Jokowi, bukannya opor ayam atau rendang kok malah Bipang Ambawang?

Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi

Dari pandangan orang yang selalu berpikiran positif, muslim yang lebih moderat, dan melihat pemerintah itu mengayomi semua agama, maka mereka melihat hal seperti itu tidak masalah karena tidak ada yang salah!! Apa yang harus disalahkan dengan Babi Panggang? Bisa dibilang Indonesia di zaman dahulu, kuliner olahan Babi ini sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di nusantara.

Namun mengenai mudik dan yang rindu kampung halaman tentunya bukan hanya mereka yang beragama Islam, libur idul fitri yang panjang membuat mereka yang beragama lain pun ikut terkena dampaknya bahkan mereka juga ikut mudik. Apakah mereka tidak rindu dengan kampung halaman? Pastinya sama saja kan dengan masyarakat yang lain pada umumnya.

Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi

Namun bagi masyarakat lain dengan pemikiran yang lebih sempit, dan merasa permainan kata Jokowi itu seakan memberikan statement yang salah, karena persepsinya selalu saja negatif dengan pertanyaan yang selalu berimplikasi menyudutkan seperti kok, dimasa lebaran disuruh makan "Babi" ?

Tentu hal ini menimbulkan gejolak lalu digoreng habis oleh media dan netizen sebagai hakimnya dengan tersangka hingga dinyatakan sebagai yang bersalah jelas "Jokowi" maka tak heran para penasihat Istana turun gunung seperti Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman permainan kata yang dimaksud Jokowi bukan babi panggang (bipang), tapi yang dimaksud adalah bepang/jipang, itu adalah makanan ringan khas Kalimantan Selatan yang terdiri dari beras dan gula. Bahkan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pun meminta maaf atas ajakan Presiden membeli kuliner Bipang Ambawang.

Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi

Kenapa pihak istana takut dengan hal seperti itu? Gorengan di medsos dan media bisa memberikan konotasi negatif dan bisa saja ada gerakan 212 lanjutan, dengan targetnya sekarang Jokowi yang ingin di Ahok kan karena kepleset kata.

Apalagi kita tahu pembredelan ormas haluan agamis di masa Jokowi sangat masif, apalagi mereka masuk golongan fanatisme sempit. Lebih mendahulukan emosi dibandingkan akal, ini yang coba diantisipasi pemerintah.

Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi

Oke kita kembali ke ranah Babi Panggang, di dalam ranah agama Islam jelas babi diharamkan untuk dikonsumsi. Mau ada penjelasan ilmiah atau tidak statusnya memang jelas hal itu haram, namun untuk kepercayaan lain babi dianggap sah-sah saja untuk di konsumsi.

Seperti Bipang Ambawang yang diolah dengan olahan khas dari Kecamatan Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat. Biasanya babi yang digunakan adalah yang masih muda maka akan didapatlan tekstur yang empuk dan juicy, dan pemanggangan dilakukan selama 8 jam. Maka kuliner ini menjadi daya tarik khas bagi Pelancong yang datang ke Pontianak.

Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi

Tapi sekali lagi hal remeh temeh seperti ini bisa seru dan dapat menjatuhkan marwah seseorang, karena lebaran promo Bipang, sungguh hal yang diluar nalar. Mungkin terlalu lama wfh, terlalu lama tidak mudik hingga lupa kuliner khas lebaran ketupat dan opor ayam yang bisa dipesan online.

Dengan adanya polemik seperti ini, apa tanggapanmu juragan?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi

emoticon-I Love Indonesia

Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi


Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 45 lainnya memberi reputasi
40
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 10
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:28
Aneh sih, harusnya Jokowi ga pernah makan kan yaa ? Kl orang ga pernah makan trus mempromosikan gimana ya ? Percaya kah apa yg dipromosikan ? Ga ada nalar sih yg minta diendorse
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:30
Otak klo udh munafik emang susah.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:31
emoticon-Ngakak

Padahal barengan sama kenaikan isa al masih lo hari raya idul fitri taun ini
Yg komen negatif mah penyembah baliho isu receh, taktik sama saat nurunin ahok
profile-picture
profile-picture
riodgarp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:31
Seluruh indonesia kan ikut bareng lebaran bukan yg islam doang,

jd gak masalah kan kalo agama lain yg makan babinya....


sebulan puasa masak gak kuat liat kuliner babi emoticon-Cape deeehh
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:37
Itu ya
panjangannya....
0 0
0
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:39
ga kebayang kalo anak2 jaman skr yg suka nyinyirin agama hidup di 20-30 tahun kebelakang dimana kalo becandaan sampe bawa2 agama dan ras malah jd ngakak2 bareng emoticon-Wakaka

temen ane keturunan india kalo lg ngumpul suka kita ledekin bau kari, atau yg dr papua suka kena ledekan makan oseng2 freeport.. pada biasa aja tuh malah ketawa2 bareng.

lagian cuma perkara sebut bipang aja gitu amat ya, memang kalo uda haters ya sudah mau di gimanain lagi. Jgn sampe dari kebencian malah jadi pengen nyoba ya emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:39
sekarang Indonesia gini amat ya?
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:41
geng ini selalu mempermasalahkan sesuatu emoticon-Ngakak
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:43
Babi haram.. Tp ngentz bukan sama istri halal... Mabok2an halal... Makan babi ga mau haram blgnya... Gblg emg kaum kadrun...
Diubah oleh seenoevil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:43
Hehe momennya mungkin ngga pas

Banyak orang salah paham
Belum beres urusan mudik ada hal baru yg bikin masyarakat geram
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:44
Bodo amat, gak makan babi juga, ngapain sih dibikin ribut?emoticon-Cool
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:46
Apaan dah , norak banget, gitu aja bikin masalah
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan riodgarp memberi reputasi
2 0
2
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:47
yang bikin teks pidato nya, pasti lagi panik nih @matabelo
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:48
goreng semua, bahkan komikus medsos yang biasanya kritis kini ikutan nyinyir hanya gara2 salah ngomong
btw kalian sibuk sama bipang, sampe nggak sadar kalo kpk udah jadi babi eh sapi peras kaum ono :capede
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:48
hehehehehe.....
emang ngga bisa yah nyebut makanan lain selain bipang ambawang?
emang ngga bisa yah pidatonya ngga bikin kontroversi?
emang ngga bisa yah pemerintah yang menghargai rakyatnya?

atau emang sengaja?
atau emang test the water?
atau emang pengen melihara api dalam sekam?
atau emang pengen benturin beragama dan bernegara?
atau emang.....

ah sudahlah.....

ketika datang akhirnya maka semua akan berakhir.
profile-picture
profile-picture
Fuc..k..polize. dan c4punk1950... memberi reputasi
1 1
0
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:50
masalahnya bukan itu sih, emang bisa pesen makanan mateng antar kota antar provinsi apalagi antar pulau, menurut ane kalo gak ada perlunya pak joko mending diem aja daripada diplintir terus ama geng sebelah emoticon-Big Grin
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:52
pindah aja ke arab saudi org2 kek gitu emoticon-shakehand
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:53
Apa yang nggak ramai kalau sudah di goreng buzzer kadrun 😂 di serang balik sama buzzer cebong ntar mewek 🤪
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:54
mudik ga ada di Al-Qur'an kan?jadi emg mudik hanya untuk Muslim?
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
10-05-2021 08:54
Bakalan seru nh komentar²nya...
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
tukangkritikht dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Halaman 4 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia