Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
181
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6096f2d90148232d66383210/klarifikasi-mendag-perihal-pidato-jokowi-tentang-bipang-ambawang-menu-khas-kalimantan
Mengenal Bipang Ambawang, makanan khas Kalimantan yang disebutkan Presiden Jokowi saat pidato Indonesia, terdiri dari banyak sekali daerah yang tersebar dari ujung pulau terbarat hingga ujung pulau paling timur. Memiliki ragam adat kebudayaan, agama, seni, bahkan juga makanan khas tradisional yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain. Di tengah keberagaman yang mewarnai Indonesia yan
Lapor Hansip
09-05-2021 03:21

Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan

icon-verified-thread
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
Mengenal Bipang Ambawang, makanan khas Kalimantan yang disebutkan Presiden Jokowi saat pidato


Indonesia, terdiri dari banyak sekali daerah yang tersebar dari ujung pulau terbarat hingga ujung pulau paling timur.
Memiliki ragam adat kebudayaan, agama, seni, bahkan juga makanan khas tradisional yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Di tengah keberagaman yang mewarnai Indonesia yang kaya ini, tentu saja kita semua harus ikut bangga ya GanSis.
Sebab meskipun kita berbeda daerah dengan suku-suku yang juga tidak sama namun kita menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan di bawah Bhineka Tunggal Ika.

Membahas tentang perbedaan, persamaan, dan rasa cinta terhadap daerah-daerah yang ada di Negara kita Indonesia, tengah heboh diperbincangkan salah satu makanan khas dari daerah Kalimantan karena pidato dari Presiden Jokowi yang penuh kontroversi.


Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan


Di dalam pidato Presiden Jokowi yang diunggah oleh akun YouTube resmi Kementerian Perdagangan RI pertanggal 5 Mei 2021, memperlihatkan Presiden Jokowi merekomendasikan beberapa jenis makanan khas tradisional dari daerah sebagai obat rindu kampung halaman karena belum dapat mudik lebaran.

Namun dari salah satu makanan yang disebutkan muncul nama menu Bipang Ambawang yang membuat heboh warganet.

Apa sih Bipang Ambawang?
Mari kita lihat faktanya di bawah ini!


Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan


Bipang Ambawang, adalah makanan khas dari daerah Kalimantan yang merupakan menu olahan babi panggang.
Makanan ini sudah ada sejak zaman dulu, namun baru dikenal oleh masyarakat luas setelah Presiden Jokowi menyebutkan dan merekomendasikan menu ini untuk dipesan melalui online sebagai obat kerinduan akan kampung halaman karena tidak dapat mudik lebaran.

Melihat video tersebut pun banyak warganet yang dibuat heboh, sebab baru mengetahui bahwa Bipang Ambawang adalah babi panggang, dan bagaimana mungkin babi panggang direkomendasikan untuk dimakan saat moment lebaran.

Melihat kehebohan yang berkembang di media sosial, kementerian perdagangan pun memberikan klarifikasi atas pidato yang disampaikan Presiden Jokowi.

Mereka menyatakan bahwa pidato tersebut merupakan pidato dalam rangka peringatan Hari Bangga Buatan Indonesia.
Sehingga Presiden Jokowi menyebutkan beberapa jenis makanan dalam bentuk mempromosikan kuliner Nusantara yang beragam dengan penikmat yang juga berasal dari masyarakat yang beragam.


Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan


Quote:"Jadi sekali lagi, kuliner khas daerah yang disebut Bapak Presiden dalam video tersebut adalah untuk mempromosikan kuliner Nusantara yang memang sangat beragam, tentu kuliner tersebut dikonsumsi dan disukai oleh masyarakat yang beragam pula," ujar Lutfi (Menteri Perdagangan RI).


Melihat penjelasan dari Menteri Perdagangan tentu tidak ada yang salah dari apa yang disampaikan oleh Pak Jokowi di dalam pidatonya GanSis.
Masyarakat Indonesia memang beragam, jadi kita semua juga harus memahami keberagaman yang ada.

Nampaknya pidato tersebut heboh karena memang ada sedikit miskomunikasi antara maksut dari pidato dan juga pemahaman dari warganet yang menangkap pesan dengan sudut pandang yang berbeda ya GanSis.

Namun setelah adanya klarifikasi ini kita semua paham apa tujuan dan maksud dari pidato dalam rangka Hari Bangga Buatan Indonesia, yaitu mempromosikan berbagai macam menu khas dari daerah-daerah yang ada di Indonesia.


Klarifikasi Menteri Perdagangan


Oke GanSis, itulah fakta dan klarifikasi seputar Pidato Presiden Jokowi, Peringatan Hari Bangga Buatan Indonesia, dan juga menu Bipang Ambawang khas Kalimantan.

Semoga dapat menjawab pertanyaan atau kebingungan dari warganet atas berita heboh yang tengah beredar di media sosial.

Oke, terima kasih telah singgah dan sampai jumpa di thread ane yang lain

Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan

Penulis: @masnukho ©2021
Narasi: Ulasan pribadi

Sumber gambar & referensi
1, 2, 3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan 13 lainnya memberi reputasi
12
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 17:12
inilah akibat pengetahuan cetek dan wawasan sempit tapi berlagak jadi komentator di media sosial. memahami sesuatu hanya berdasarkan tekstual, sedangkan konteksnya tak dapat dicerna otaknya.

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 17:13
Judul videonya di Kemendag adalah "Hari bangga buatan Indonesia". Jadi sekalian mau liburan, munculah pesan Presiden itu. Yang denger aja pikirnya dia disuruh makan babi panggang. Padahal video itu ditujukan buat seluruh rakyat Indonesia yang mau liburan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 18:08
paling juga kaum ngarab yang kepanasan wakakakakakakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 18:19
ini bipang yang holol
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 18:30
Quote:Original Posted By robinho00d
yaelah baru begitu doang juga
dibikin rame

emoticon-Cape d... netizen emang suka gitu gan

Quote:Original Posted By hhendryz
perasaan Jokowi udah ga usah jaga muka lagi, toh dia udah ga jabat periode selanjutnya, sama ga ada yang salah kenapa mesti diklarifikasi sampai minta maaf segala? emoticon-Cape d...

emoticon-Matabelo nag itu yang aneh, kan sesuai konteks hari bangga buatan Indonesia

Quote:Original Posted By erwaleste
Makanya jangan heran mulai banyak orang2 yang beragama yang katanya haram makan babi, jadi suka makan babiemoticon-Wkwkwk

emoticon-Bingung salahs server

Quote:Original Posted By nadnos
Saya bukannya dukung pak Jokowi ya, tapi harap ingat, tidak semua orang HAPAL dan TAHU nama - nama makanan, presiden berpidato atas teks yang diberikan protokoler. Jadi ini jelas usaha ngePRANK pak Jokowi.

emoticon-Matabelo nah kita sepakat gan

Quote:Original Posted By motormeo
Biarin aja sih, yg mau makan ya monggo.. Yg ga boleh makan ya jgn dimakan.. Gitu aja kok repot

emoticon-Ngakak bener banget ente gan
0 0
0
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 18:33
Quote:Original Posted By Nautilus7
Teringat dulu tahun 2001 gw jadi imigran gelap di korsel, waktu awal kedatangan gw ada teman gw orang jawa muslim yang masuk ke tempat pabrik gw bekerja setelah 2 minggu gw bekerja. Pas waktu makan bersama dia di kantin yg di sediakan perusahaan ada menu daging babi gw jadi kaget dia ambil itu menu juga lalu gw peringati bahwa itu adalah daging babi tapi dia bilang bodoh amat dilahap juga. Setelah beberapa kemudian gw direlokasi ke tempat lain ketemu lagi teman jawa muslim yg sudah agak lama di sana sekitar 3 thn sebelum gw datang dan dia juga mengkonsumsi daging babi lalu gw tanya mengapa dia konsumsi itu yg haram menurut ajaran agamanya dia menjawab secara diplomatis katanya di sini kita kerja berat kalau hanya makan sayuran aja mana bisa dan emang menu yg disediakan perusahaan kebanyakan daging babi kadang di ayam sedangkan daging sapi sangat jarang mungkin sebulan sekali baru ada.

emoticon-Matabelo terus ente makan juga daging babinya apa enggak gan?

Quote:Original Posted By mobiusgatz
om santi santi santi om
tantenya mana pak?
itu juga udah salah

emoticon-Cape d... gak gitu

Quote:Original Posted By anomadeni
wow bipang ambawang...

emoticon-Matabelo iya gan

Quote:Original Posted By sedotninja
ane netral ya... setelah disimak sebenernya gak ada yang salah karena konteks dan judul videonya '05.05 Hari Bangga Buatan Indonesia' dan Indonesia masyarakatnya majemuk emoticon-I Love Indonesia

yang dipermasalahin orang karena beliau ada kalimat "sebentar lagi libur lebaran"... tapi yang libur lebaran kan gak muslim doang, pas libur natal, waisak, nyepi, imlek, dan hari keagamaan yang lain juga sama-sama libur kan? emoticon-Salaman

emoticon-Matabelo nah bener gan, ini antara salah tanggap warganet atau emang teksnya yang agak ambigu

Quote:Original Posted By elradinka
Gini aja pada ribut.. emoticon-Cape deeehh

emoticon-Cape d... la iya
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 18:35
Quote:Original Posted By yonatan.ph
kalo babi haram ya haram, ga ada yg boleh makan... kalo bisa masakan babi dimusnahkan

emoticon-Cape d... haram cuma buat orang muslim gan

Quote:Original Posted By harsontol
Mantab kali, setelah menghapuskan dosa selama sebulan, langsung auto tapir emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak gak gitu maksudnya

Quote:Original Posted By remahrengginan
Cuman bicara soal makanan khas aja jadi ribut kek gini gan 😪 gegara bahan makanan nya dari babi kok terus pada protes 😅

emoticon-Matabelo padahal kalau konteksnya HBBI ya gak salah

Quote:Original Posted By 64m64n9s
inilah akibat pengetahuan cetek dan wawasan sempit tapi berlagak jadi komentator di media sosial. memahami sesuatu hanya berdasarkan tekstual, sedangkan konteksnya tak dapat dicerna otaknya.

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk

emoticon-Ngakak la iya, konteksnya panjang ini, apa lagi kalau dihubungkan sama HBBI

Quote:Original Posted By asorg
Judul videonya di Kemendag adalah "Hari bangga buatan Indonesia". Jadi sekalian mau liburan, munculah pesan Presiden itu. Yang denger aja pikirnya dia disuruh makan babi panggang. Padahal video itu ditujukan buat seluruh rakyat Indonesia yang mau liburan.

emoticon-Matabelo nah ente salah satu dari sedikit orang yang paham gan
0 0
0
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 18:35
Quote:Original Posted By moggey
paling juga kaum ngarab yang kepanasan wakakakakakakak

emoticon-Ngakak.mosok

Quote:Original Posted By deeanz
ini bipang yang holol
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan

emoticon-Matabelo ita ini halal
0 0
0
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 18:56
...Sebab meskipun kita berbeda daerah dengan suku-suku yang juga tidak sama namun kita menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan di bawah Bhineka Tunggal Ika....

Konsep inilah seharusnya buat ane jadi bangga jadi Warga Negara Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 19:02
Kayanya enakk yaa gan.
Lain kali promosi makanan khas papua juga tuh pak banyak yg enak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 19:30
Anjayy....jadi suggest BiPang emoticon-Betty
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 19:34
perasaan kue beras yang itu emang namanya bipang deh. bipang beras / jipang sama aja kayaknya emoticon-Bingung
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 19:37
Di cebongin aja beres kerahkan buzzer cebong ke semua platform bereslah. ...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 19:42
Hal gini aja dibikin ribut....

Siapa yg mau makan babi ya silahkan...
Kalo ga ya silahkan...

Gitu aja kok repot...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 19:52
Baru tau ane kl bipang itu babi panggang dan dianjurkan jadi santapan lebaran
emoticon-Ngakak
Mendag sibuk nyebokin emoticon-Leh Uga

Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 20:07
Oh ini yang lagi heboh, pidato baca teks kali jadi salah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 20:32
Berlebihan, pasti yg nyinyir dari golongan 3L emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 20:39
Duh kenapaaa syi netizen nih apa2 selalu diributin deeehh
profile-picture
profile-picture
masnukho dan bajier memberi reputasi
2 0
2
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 21:18
YANG MAU MAKAN YA MAKAN AJA GA USAH BANYAK PROTES
0 0
0
Klarifikasi Mendag Perihal Pidato Jokowi Tentang Bipang Ambawang Menu Khas Kalimantan
09-05-2021 21:33
Daging dewa boskuuh
0 0
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia