si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Terbang Layaknya Iron Man, Marinir Inggris Gelar Latihan VBSS Memakai Jet Suit
Berbagai inovasi terus dihadirkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang industri pertahanan di seluruh dunia, hal tersebut bertujuan untuk menghadapi potensi ancaman di era modern. Hadirnya beragam inovasi tersebut juga membuat taktik yang dilakukan oleh para tentara di era modern akan berubah.

Sesuai judul kali ini gan, ada hal menarik terkait perkembangan teknologi yang ternyata merubah strategi para tentara dalam menghadapi tuntutan misi di era modern. Dengan peralatan yang bernama 'jet suit', beberapa anggota pasukan Korps Marinir Kerajaan Inggris berkesempatan merasakan menjadi 'Iron Man' yang sesungguhnya.

Layaknya Iron Man yang bisa terbang, mereka pun bisa melakukan hal yang serupa. Dengan jet suit, mereka mencoba teknik baru agar bisa menguasai kapal musuh lebih cepat. Dikutip dari autoevolution.com (06/05/2021), dalam video yang dirilis awal bulan ini, terlihat anggota Royal Marines meluncur dari RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) yang bergerak cepat untuk mengejar sasaran. Dalam beberapa detik, sang “Iron Man Lautan” mendemonstrasikan kemampuan untuk bolak-balik dari kapal patroli menuju RHIB.

Dalam misi VBSS (Visit, Board, Search and Seizure), biasanya para personel yang ditugaskan tetap mendapat dukungan dan pantauan penuh dari kapal perang utama. Dengan memakai RHIB, pasukan yang sudah dipilih akan menuju kapal sasaran. Hadirnya prajurit yang memakai jet suit di kapal target dalam uji coba oleh Mariniri Inggris ini, akan berperan sebagai pembuka jalan bagi naiknya pasukan lain yang berada di RHIB.




Terbang layaknya Iron Man emoticon-Big Grin

Ilustrasi: Gravity Industries



Namun, misi VBSS termasuk aksi yang beresiko tinggi, bukan pada saat proses naik ke kapal sasaran saja, tapi juga menyangkut kesiapan personel saat berada di kapal sasaran. Segala sesuatu bisa saja terjadi pada tim VBSS, termasuk saat mereka tiba-tiba menghadapi upaya perlawanan bersenjata dari awak kapal atau perompak.

Berhubung teknologi di era modern terus berkembang, maka pihak Korps Marinir Inggris (Royal Marines) mencoba inovasi baru untuk mempercepat aksi tim VBSS. Bekerja sama dengan Gravity Industries, perusahaan tersebut kemudian meminjamkan perangkat jet suit ke Royal Marines.

Gravity Industries menyebut bahwa latihan yang mereka lakukan “sangat berhasil”, meskipun beberapa pengamat militer masih dibuat ragu dengan label sangat berhasil yang mereka maksud. Meski peralatan ini terlihat futuristik, namun, turbin mini yang terpasang pada jet suit mengeluarkan suara yang begitu bising. Hal itu tentu membahayakan dalam misi VBSS, yang seharusnya dilakukan secara senyap.

Keraguan teknik VBSS dengan jet suit juga mengacu pada gelar operasinya, prajurit yang terbang dengan jet suit memang akan tiba lebih dulu di kapal musuh. Namun, yang menjadi masalah, ketika ia terbang membawa beban seberat 5-10 kg bahan bakar jet di punggungnya, di mana bahan bakar tersebut mudah terbakar.













Ilustrasi: Gravity Industries



Alih-alih mempercepat pelaksanaan misi, sebenarnya kehadiran pasukan dengan peralatan jet suit justru bisa mengundang bahaya. Lantaran personel yang bertugas bisa saja dihujani tembakan dari musuh, yang mengarah ke tabung bahan bakar yang dibawanya. Prajurit dengan jet suit juga akan kesulitan untuk membela diri, pasalnya ia juga akan kesulitan untuk melepaskan perangkat jet suite itu sendiri.

Melihat kelemahan tersebut, pihak Gravity Industries sebenarnya telah bekerjasama dengan spesialis robotika James Bruton untuk mengembangkan turret di bahu, yang akan digerakan berdasarkan pelacakan kepala (head-tracking). Hal tersebut akan memungkinkan prajurit dengan jet suit mampu melakukan serangan (tembakan) hanya dengan melihat sasaran saja.

Meski masih menuai keraguan dari banyak pihak, namun, inovasi yang dilakukan oleh Gravity Industries dan Korps Marinir Inggris patut diapresiasi. Pasalnya, ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini terus berkembang. Siapa yang mampu beradaptasi dengan perubahan zaman serta perkembangan teknologi akan ada di barisan terdepan untuk menguasainya, dan siapa yang tak mampu beradaptasi akan tertinggal dan akan terus menjadi penonton saja.

Untuk mewujudkan operasi militer dengan jump suit ini tentu bukan perkara mudah, selain faktor keamanan dan keselamatan, faktor biaya operasional juga akan menentukan misi VBSS dengan perangkat jet suit ini. Namun, bisa jadi suatu hari nanti jika teknologi jet suit ini sudah disempurnakan, maka adegan fiksi seperti terbang atau peperangan dengan teknologi canggih seperti dalam film Iron Man akan segera kita lihat dalam dunia nyata. Tentunya tanpa efek CGI atau keterlibatan sosok stuntman.




Jet suit dengan head-tracking, dikembangkan bersama James Bruton.

Ilustrasi: Gravity Industries



Dalam latihan yang digelar Korps Marinir Inggris beberapa waktu lalu melibatkan kapal patroli HMS Tamar dan personel Marinir Kerajaan dari Komando 42 dan 47 yang berbasis di Plymouth. Setelah hasil uji coba tersebut, personel yang sudah berpartisipasi akan menentukan apakah teknologi Gravity Industries dapat digunakan dalam operasi militer di masa depan.

Selain Inggris, Amerika juga menunjukkan minat pada teknologi yang sama, melalui DARPA mereka sedang menjajaki berbagai cara untuk mengintegrasikan jet suit ke dalam berbagai operasi militer. Sementara itu beberapa minggu sebelun Marinir Inggris melakukan uji coba jet suit, pasukan Marinir Belanda juga telah melakukan uji coba terbang di lautan dengan jet suit pada pertengahan bulan April kemarin. Jet suit yang sedang diuji coba kali ini, mampu terbang sampai kecepatan 60 km/jam serta endurance hingga 8 menit.




Personel Marinir Belanda melakukan uji coba dengan jet suit.

Ilustrasi: Dutch Defense Ministry



Biar gak dikira hoax atau halu, sudah ane siapkan video mengenai uji coba jet suit yang dilakukan oleh Marinir Inggris bersama Gravity Industries. Dan berikut ini adalah video uji cobanya, selamat menonton:


Spoiler for Video Tambahan:



-----



Nah demikian sedikit update teknologi kemiliteran kali ini, jadi apakah menurut agan teknologi jet suit ini nantinya akan bisa membantu tugas para pasukan militer, husunya bagi personel Marinir ? Jangan lupa untuk sampaikan pendapat agan di kolom komentar, terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal hingga akhir, sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya emoticon-Angkat Beer




Referensi: 1.2.3
Ilustrasi Gambar: Gravity Industries
Diubah oleh si.matamalaikat 09-05-2021 11:54
asamboigann.h3orgbekasi67
orgbekasi67 dan 32 lainnya memberi reputasi
31
8.1K
127
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.