• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Bukan Buat Gaya! Inilah Alasan Mengapa Truk Besar Memiliki Lampu Dengan Posisi Rendah

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Bukan Buat Gaya! Inilah Alasan Mengapa Truk Besar Memiliki Lampu Dengan Posisi Rendah
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa truk besar kebanyakan memiliki lampu dengan posisi yang rendah.




Jika melihat truk besar (biasanya yang sering disebut truk besar adalah truk-truk heavy duty dan medium duty), mungkin Gansis akan menemukan bahwa kebanyakan truk-truk besar tersebut memiliki lampu dengan posisi rendah, kalau di mobil biasa kebanyakan sudah seperti posisi di foglamp, apalagi truk-truk seperti Hino Ranger 500, Mercedes Axor, truk-truk Scania, dan lain sebagainya.

Sementara, jika melihat mobil-mobil pickup dan mobil penumpang, sepertinya berbeda. Mobil pickup dan penumpang memiliki lampu dengan posisi yang lebih tinggi (jika dilihat sekilas di bodynya) dibanding truk-truk besar.




Jadi, mungkin hal ini menimbulkan sejumlah pertanyaan. Mengapa lampu truk dan bus diposisikan di bawah, bahkan banyak yang diposisikan di bumper, sementara lampu mobil-mobil biasa dan pickup berada ditengah atau bahkan atas? Nah, ane akan menjawabnya di sini.

1. Akan Silau Jika Di atas




Ketika berkendara, tak mau kan melihat cahaya yang menyilaukan? Pastinya, cahaya yang menyilaukan akan tak enak dilihat. Terutama jika Gansis adalah pejalan kaki, wah akan silau sekali.

Jika ditaruh diatas, dalam kondisi lampu dekat yang bohlamnya mengarah ke bawah, akan sangat menyilaukan dan berbahaya bagi pengendara-pengendara lain, terutama pengendara mobil, sepeda motor dan pejalan kaki.




Tentu, agar tak terjadi hal yang tak diinginkan seperti diatas, developer dari truk tersebut sudah memikirkan hal itu, maka lampu dari truk tersebut ditaruh di bagian bawah agar tak terlalu silau.

2. Lebih Mudah Menembus Kabut





Sudah bukan rahasia lagi jika lampu ditaruh di bawah, akan lebih mudah menembus kabut. Terbukti dari penggunaan foglamp pada mobil-mobil biasa yang berada di bawah, dan tak berada di atas.

Tentunya, hal ini akan memudahkan supir untuk melihat pada kondisi jalanan yang berkabut. Apalagi, dengan truk yang memiliki dimensi sangat besar, terutama truk-truk medium duty yang rata-rata memiliki panjang lebih dari 8 meter saat bermuatan.




Dengan itu, aspek safety atau keselamatan juga dapat didongkrak. Safety sangatlah penting bagi kita semua, karena ini sudah menyangkut keselamatan bahkan nyawa Gansis.

3. Maintenance Lebih Mudah





Jika membetulkan suatu kendaraan, gak mau kan harus jinjit-jinjit cuma buat membetulkan lampu. Sudah tak bisa dipungkiri lagi kalau maintenance dari suatu kendaraan sebaiknya dibuat semudah mungkin.

Tak terkecuali sebuah truk. Sebuah truk tentunya perlu untuk dibuat sepraktis mungkin, termasuk maintenancenya yang praktis. Segala hal, termasuk lampu sebaiknya dibuat sepraktis mungkin.




Tentu, dengan posisi lampu yang rendah, tak perlu repot-repot untuk maintenance lampu. Tak perlu jinjit-jinjit apalagi pakai tangga Gansis, dan itu juga berdampak ke kepraktisan suatu kendaraan.

So, itulah 3 alasan mengapa truk besar lampunya posisi rendah. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread satu ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
PIc: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star


indramamoth
cor7
rantaimakanan
rantaimakanan dan 27 lainnya memberi reputasi
28
6.3K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.