News
Batal
KATEGORI
link has been copied
44
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6094352ecf6fae047616d245/fenisia-itu-apa-siapa-atau-di-mana-hanya-sedikit-kisah
Relief Kapal Marie-Lan Nguyen/public domainGanSis pernah denger Phoenicia atau Fenisia? Atau pernah dengar kapal Pinisi? Atau apa Venice sama dengan Valencia? eh jauh ding. Atau apakah Fenisia adalah nama untuk kemaluan laki-laki? Nah Pada trit ini ane pengen menuliskan sekilas tentang suatu peradaban kuno yang disebut Phoenicia namun jika "diindonesiakan" menjadi Fenisia.
Lapor Hansip
07-05-2021 01:27

Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit KisahFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
Relief Kapal 
Marie-Lan Nguyen/public domainFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
GanSis pernah denger Phoenicia atau Fenisia? Atau pernah dengar kapal Pinisi? Atau apa Venice sama dengan Valencia? eh jauh ding. Atau apakah Fenisia adalah nama untuk kemaluan laki-laki? Nah Pada trit ini ane pengen menuliskan sekilas tentang suatu peradaban kuno yang disebut Phoenicianamun jika "diindonesiakan" menjadi Fenisia.

---SELAMAT MEMBACA---

Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah

---DEFINISI---

Fenisiaadalah peradaban kuno yang terdiri dari negara-negara dengan kota-kota merdeka yang terletak di sepanjang garis pantai Mediterania yang membentang melalui apa yang sekarang disebut Suriah, Lebanon, dan Israel. Bangsa Fenisia memiliki kemampuan soal kelauatan yang hebat, yang terkenal dengan kapal-kapal mereka yang perkasa yang dihiasi dengan kepala kuda sebagai penghormatan kepada dewa laut mereka, yaitu Yamm, saudara laki-laki Mot, dewa kematian.

Kota Tirusdan kota Sidon adalah negara bagian terkuat di Fenisia dengan Gebal atau Byblos dan Baalbek sebagai pusat spiritual terpenting. Fenisia mulai terbentuk pada tahun 3200 SM dan berdiri sangat kuat pada tahun 2750 SM. Phoenicia berkembang pesat sebagai pedagang maritim dan pusat industri dari tahun 1500-332 SM dan sangat dihormati karena keterampilan mereka dalam pembuatan kapal, pembuatan kaca, produksi pewarna, dan tingkat keterampilan yang mengesankan dalam pembuatan barang mewah serta perabotan.

---ORANG-ORANG UNGU---

Pewarna ungu yang diproduksi dan digunakan di Tirus sebagai jubah kerajaan Mesopotamia memberi nama Fenisia yang kita kenal sekarang dari Bahasa Yunani  Phoinikes untuk Ungu Tirusdan juga menjelaskan orang Fenisia yang dikenal sebagai "orang ungu" oleh orang Yunani,seperti yang dikatakan sejarawan Yunani  Herodotus "pewarna akan menodai kulit para pekerja".

Herodotusmengutip Fenisia sebagai tempat kelahiran alfabet, ia menyatakan bahwa alfabet itu dibawa ke Yunani oleh orang Fenisia, beberapa saat sebelum abad ke-8 SM dan sebelumnya orang Yunani tidak memiliki alfabet. Alfabet Fenisia adalah dasar untuk sebagian besar bahasa barat yang ditulis hari ini dan kota Gebal mereka yang disebut oleh orang Yunani dengan nama "Byblos" memberi nama pada Bible dalam bahasa Yunani Ta Biblia atau kitab-kitab) karena kota Gebal merupakan pengekspor papirus yang hebat yang kertasnya digunakan dalam menulis di Mesir kuno dan Yunani.

Diperkirakan juga bahwa beberapa Dewa Yunani Kuno diambil dari Fenisia karena ada kesamaan tertentu dalam beberapa cerita mengenai dewa Fenisia yaitu Baal dan Yamm dengan dewa Yunani, Zeus dan Poseidon. Pertempuranantara Tuhan dan Setan yang diceritakan dalam Kitab Wahyu Kepada Yohanes (Book of Revelation) tampak mirip dengan mitos Fenisia Baal dan Yamm dengan konflik yang serupa, dan detail kisah yang mirip.

Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit KisahFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
Peta jalur perdagangan bangsa Fenisia
public domainFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
 
Fenisia berkembang pesat melalui perdagangan maritim  antara tahun 1500-322 SM. Ketika kota-kotaditaklukkan oleh Alexander Agung (The Great) dan setelah kematiannya. Wilayah tersebut menjadi medan pertempuran untuk suksesi kekaisaran. Artefak dari wilayah tersebut telah ditemukan yang terjauh di Britania dan yang dekat di Mesir. Barang-barang mewah Fenisia sangat dihargai oleh budaya tempat mereka berdagang.

---PEDAGANG---

Bangsa Fenisia selain dikenal sebagai pelaut hebat, mereka juga terampil dalam pembuatan kapal serta mampu menavigasi perairan Laut Mediterania. Pembuatan kapal tampaknya telah disempurnakan di Byblos di mana desain lambung lengkung pertama kali dimulai.

Namun, para pelaut Fenisia juga diketahui pernah melakukan perjalanan ke Inggris dan pelabuhan di Mesopotamia.

Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit KisahFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
Kapal Fenisia diukir pada sarkofagus pada abad ke-2 M
NMB/WikimediaCommonsFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah

Bangkai kapal Fenisia memberitahukan para arkeolog pada zaman ini bukti apa yang diangkut oleh kapal-kapal Fenisia pada zaman yang lampau. Ada logam tembaga dan timah, serta penyimpanan kapal yang menyimpan obat-obatan, wine, minyak, kaca, emas, perak dan berlian, serta benda-benda berharga lain.

Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit KisahGelas Fenisia dengan telinga

Bagaimanapun, tidak ada keraguan mengenai popularitas barang-barang yang diproduksi di Fenisia. Begitu luar biasa keterampilan seniman Sidon dalam membuat kaca sehingga orang Sidon dianggap sebagai penemu kaca. Mereka menyediakan model untuk pembuatan tembikar kaca Mesirdan menetapkan standar untuk perunggu dan perak. Lebih jauh, orang Fenisia "mungkin" telah mengembangkan produksi massal karena beberapa artefak serupa, dibuat dengan cara yang sama dan dalam jumlah yang besar, telah ditemukan di berbagai wilayah tempat orang Fenisia berdagang. 

Pewarna ungu Fenisia telah menjadi perhiasan standar bangsawan dari Mesopotamia, melalui Mesir hingga Kekaisaran Romawi. Semua ini dicapai melalui persaingan antara kota di wilayah tersebut, keterampilan para pelaut dalam navigasi dan pengangkutan barang, serta seni tinggi yang dicapai oleh para pengrajin dalam membuat barang.

Persaingan sangat ketat antara kota Sidon dan Tirus dalam membuat barang, bisa dibilang kota paling terkenal di Fenisia yang bersama dengan para pedagang Byblos membawa dan menyebarkan kepercayaan budaya dan norma-norma masyarakat dari Fenisia ke wilayah di mana dagangan mereka dibawa. Faktanya, orang Fenisia telah disebut sebagai "perantara sejarah kuno" budaya oleh banyak sarjana dan sejarawan karena peran mereka dalam pemindahan budaya.

---TIRUS DAN SIDON---

Kota Sidon (sekarang menjadi salah satu kota di Lebanon) pada awalnya adalah kota yang paling makmur tetapi terus kalah dari kota sebelah yaitu Tirus. Tirus membentuk aliansi dengan Kerajaan Israel (Samaria) yang dibentuk tahun 930 SM yang terbukti sangat menguntungkan dan semakin memperluas kekayaannya dengan mengurangi kekuatan pendeta dan mendistribusikan kekayaan secara lebih efisien kepada warga kota.

Sidon juga berharap untuk membentuk perdagangan yang sama makmurnya dengan Kerajaan Israel untuk memperkuat perdagangan dengan aliansi melalui pernikahan. Sidon adalah tempat kelahiran Ratu Izebel (Jezebel)putri dari Raja Sidon yang menikah dengan Raja Israel, Ahab. Namun penolakan Izebel untuk melepaskan agama, martabat, serta identitas budayanya ke budaya suaminya tidak cocok dengan banyak rakyat Israel, terutama Nabi Elia (Elijah) yang mencelanya. Pemerintahan Ahab dan Izebel berakhir dengan kudeta, yang diilhami oleh Nabi Elia, di mana Jenderal Yehu mengambil kendali tentara dan merebut takhta. Yehu menjadi Raja ke-11 di Kerajaan Israel. Setelah itu, hubungan perdagangan antara Sidon dan Israel terhenti. Sedangkan Tirus terus berkembang. 

Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit KisahIlustrasi Kematian Izebel
Gustave Dore/public domainFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah

---ALEXANDER MENAKLUKAN FENISIA---

Pada tahun 332 SM, Alexander Agung menaklukkan Baalbekkemudian memberi nama baru, Heliopolis dan melanjutkan perjalanannya untuk menaklukkan kota Byblos dan Sidon pada tahun yang sama. Setibanya di Tirus, warga mengikuti apa yang dilakukan oleh Sidon dan dengan damai tunduk pada permintaan Alexander untuk tunduk. Alexander kemudian ingin melakukan "ritual pengorbanan" di Kuil Melqart yang terletak di Tirus, namun orang Tirus tidak memperbolehkannya.

Keyakinan orang Tirus melarang orang asing untuk malakukan ritual pengorbanan, atau bahkan menghadiri kebaktian di kuil, oleh karena itu mereka menawarkan Alexander sebuah kompromi di mana ia dapat mempersembahkan ritual pengorbanan di kota tua Tirusnamun bukan di kuil Pulau Tirus. Alexander tidak menerima usulan ini dan mengirim utusan ke Tirus menuntut mereka menyerah. Orang Tirus membunuh utusan dan membuang tubuh mereka ke dinding.

Pada titik ini, Alexander memerintahkan pengepungan Tirus dan bertekad untuk merebut kota itu sehingga dia membangun jalan lintas dari reruntuhan kota tua dan pohon-pohon yang ditebang dari daratan ke pulau Tirus. Oya jika membingungkan soal daratan dan pulau, jadi dulu wilayah Tirus itu ada dua yaitu kota tua yang ada di daratan Benua, dan wilayah tirus yang berupa pulau. Tapi sekarang karena endapan sedimen selama berabad-abad membuat Tirus bukan lagi menjadi sebuah pulau. Alexander melakukan pengepungan selama tujuh bulan dan menembus tembok kemudian membantai sebagian besar penduduk.
Quote:Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit KisahIlustrasi dua bagian Tyre (Tirus) yang ane maksud beserta jalan pintas yang dibuat Alexander The Great
sumberFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit KisahFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
Ilustrasi untuk gambaran Pulau Tirus dengan tembok yang mengelilingi seluruh pulau.
sumberFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit KisahFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit KisahKota Tyre (Tirus), Lebanon. Pulaunya sudah tidak ada dan menyatu dengan daratan Benua
Anthony Rahayel/YouTube

Diperkirakan lebih dari 30.000 warga Tirus dibantai atau dijual sebagai budak dan hanya mereka yang cukup kaya untuk menyuap Alexander yang diizinkan melarikan diri selain mereka yang melarikan diri secara sembunyi-sembunyi. Setelah jatuhnya Tirus, negara-kota lain mengikuti teladan Sidon dan menyerah pada pemerintahan Alexander, sehingga mengakhiri Peradaban Fenisia dan mengantarkan Era Helenistik (Eranya Alexander).

---PENUTUP---

Pada 64 SM, wilayah-wilayah Fenisia yang ditaklukan, dianeksasi oleh Roma dan pada 15 M menjadi wilayah koloni-koloni Kekaisaran Romawi dengan Heliopolis menjadi situs ziarah penting yang membanggakan dengan Kuil Jupiter Baal sebagai bangunan termegah di seluruh Kekaisaran. Reruntuhan yang tetap terpelihara dengan baik hingga hari ini. Warisan paling terkenal dari Fenisia tidak diragukan lagi adalah alfabet, tetapi kontribusinya terhadap seni, dan peran mereka dalam menyebarkan budaya pada dunia, juga mengesankan.

Ane cukupkan sampai sini saja tentang Fenisia atau Phoenicia, kisahnya sangat panjang perdebatan tentang sejarahnya juga ada, seperti apa benar Fenisia musnah setelah ditaklukan Kekaisaran Romawi? Ane hanya menuliskan sedikit dan mungkin juga berbeda dengan beberapa kisah juga sejarah yang GanSis baca. Maka silahkan tinggalkan jejak

emoticon-Monggo

Ane pamit

emoticon-TeparFenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisahsumber : 12345

Diubah oleh raeuki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sistany dan 36 lainnya memberi reputasi
35
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
08-05-2021 06:18
sip ini belajar sejarah
0 0
0
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
08-05-2021 06:59
Wajah agan di bawah gue tirus broemoticon-Cool
0 0
0
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
08-05-2021 08:15
orang sunda ati2 ngomongnya emoticon-Ngakak
0 0
0
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
08-05-2021 08:55
Quote:Original Posted By nontonyukahhh
Mukamu tirus

Tirus asal katanya dari situ bukan?


Hmmm, sepertinya bukan gan. Tyre jadi Tirus aja sebenernya rada jauh kenapa bukan Tire. Entahlah kenapa begitu.

Quote:Original Posted By abk3304157
ane kira fenisia itu venezia yang ada di italia itu.. awal mulai venezia ternyata sala.. emoticon-Hammer2


Hehehehe, ane pun

Quote:Original Posted By tetasgrandes
phoenicia pelafalanya fenesia, ane kira feunisia


Entah kenapa kok jauh banget kenapa gak Ponisia aja atau seperti yang agan bilang.

Quote:Original Posted By Arzal
Baru tahu gw kalo bahasa indonya itu fenisia emoticon-Ngakak


Jauh yaa gan perbedaan suku katanya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
08-05-2021 13:59
Menarik sekali 👏 aksara induk ya ini
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
08-05-2021 14:35
Selalu suka pembahasan soal kerajaan-kerajaan jaman dulu
0 0
0
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
08-05-2021 17:48
Apakah kaum itu adalah suku ke 7 Yahudi yg hilang ya?
Diubah oleh arvastar
0 0
0
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
08-05-2021 18:10
Bentuk gelas peradaban kuno antik ya, kalau masih ada pasti banyak yang memburu nya
0 0
0
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
08-05-2021 23:30
Informasi yg komplet nih. Awal baca kirain sama kaya venezia, ternyata beda jauh bgt. Jadi nambah pengetahuan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
09-05-2021 22:00
mungkin ini salahsatu produk seni dari mereka ya gan ?

emoticon-Malu

Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah

0 0
0
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
10-05-2021 18:33
Seru juga nih mbahas sejarah ginian
0 0
0
Fenisia Itu Apa? Siapa? atau Di mana? Hanya Sedikit Kisah
10-05-2021 20:55
Menarik sih ini sejarahnya... tentang orang fenisia ini
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia