indoheadlines
TS
indoheadlines
Kebakaran Jenggot, Jubir Bicara Soal Bipang yang Disebut Jokowi Saat Pidato
Jakarta -

Video pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut bipang Ambawang dari Kalimantan viral di media sosial. Juru Bicara (Jubir) Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, kemudian sempat menjelaskan soal bipang yang dimaksud Jokowi.

Dilihat dari akun Instagram resminya, @fadjroelrachman, Sabtu (8/4/2021), terlihat ada foto bipang yang diunggah Fadjroel. Foto tersebut menampilkan Bipang Jangkar Kwee Ik Sam Pasuruan.

"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras inilah yang dimaksud Presiden @jokowi Terimakasih," tulis Fadjroel seperti dilihat detikcom pukul 12.23 WIB.





Fadjroel kemudian mengubah narasi dalam akun Instagram-nya. Dilihat pukul 12.51 WIB, dia hanya menyebut bipang masih hit sampai sekarang.

Dihubungi lewat pesan singkat, Fadjroel mengatakan akan ada penjelasan dari Kementerian Perdagangan soal pidato tersebut.

Sebelumnya, potongan video Jokowi soal bipang Ambawang diunggah oleh akun Twitter @BossTemlen. Video itu telah di-retweet ribuan kali.

Narasi pada caption video tersebut mempertanyakan mengapa Jokowi mempromosikan bipang Ambawang pada saat Lebaran. Bipang yang dimaksud dalam narasi ini adalah babi panggang Ambawang.


Sebagai informasi, Bipang Ambawang merupakan salah satu tempat makan yang menyajikan menu babi panggang di Kalimantan Barat. Nah, akun Instagram Bipang Ambawang juga mengunggah video pidato Jokowi yang menyebut Bipang Ambawang sembari berterima kasih karena merasa dipromosikan oleh Presiden.

Kembali soal isi pidato Jokowi. Berdasarkan penelusuran, video yang viral itu merupakan potongan video pidato Jokowi yang diunggah akun YouTube Kementerian Perdagangan pada 5 Mei 2021


Video bertajuk '05.05 Hari Bangga Buatan Indonesia' itu berisi acara peringatan bangga dengan produk lokal. Ada sejumlah menteri yang juga berbicara dalam video tersebut.

Dalam pidato tersebut, Jokowi awalnya mengingatkan saat ini pemerintah melarang mudik Lebaran. Menurutnya, larangan itu dibuat demi keselamatan warga di tengah pandemi Corona.

"Bapak/Ibu dan Saudara-saudara sekalian, sebentar lagi Lebaran. Namun, karena masih dalam suasana pandemi, pemerintah melarang mudik untuk keselamatan kita bersama," kata Jokowi.

Jokowi kemudian mengimbau warga yang rindu kampung halaman untuk memesan kuliner khas daerah secara daring. Salah satu yang dia sebut ialah bipang Ambawang dari Kalimantan.

"Untuk Bapak/Ibu dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," ujar Jokowi.


detik.com

Gara gara salah naskah yang entah diberi siapa (JoMan nyalahin Pratikno), akhirnya jubir istana jadi kebakaran jenggot.

Usul saja, lain kali naskah yg dikasih mensetneg mesti dibaca dulu sama jubir istana.
luthfi68hmakeiteasy69viniest
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
4
3.5K
128
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.