Rain171
TS
Rain171
Mau Nikah Tapi Dana Limit? Yuk Intip Tips Hemat Berikut!
Hallo Agan dan Sista. Siapa nih yang sudah ingin melangkah ke jenjang pernikahan namun terbentur dana?
Tidak ada dana, posisi lagi menganggur karena Covid-19. Tabungan masih jauh belum memenuhi kriteria cukup.
Tenang saja gan, begitu ada keniatan baik untuk melangkah ke jenjang pernikahan, pasti Tuhan akan menyiapkan keajaiban yang benar benar nyata asalkan niat kita menikah untuk memperoleh kemuliaan dan mendapatkan ridhonya. Agar kita dan pasangan terhindar dari maksiat dan mendapatkan Pahala dari Nya.



Lanjut Ke Tips Tips Nya!

1. Ketika dana sama sekali tidak ada atau sangat sedikit.

Mending di sahkan terlebih dahulu, daftar ke KUA dan menikah di KUA biayanya GRATIS TIS. Kalau memanggil penghulu kerumah biasanya menghabiskan dana sekitar Rp. 800.000 tergantung daerah dan ketentuan masing masing.



Nah, setelah sah kalau masih ada dana untuk tasyakuran bisa dianggarkan untuk sekedar tumpengan keluarga, berdoa bersama agar dikaruniai keluarga yang sakinah mawaddah wa Rahmah.

Kalau tidak ada dana, mending tidak usah neko neko cukup menghabiskan waktu berdua dengan pasangan untuk berdiskusi bersama untuk perkembangan bersama. Insya Allah rejeki setelah menikah akan selalu ada dan selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT.

2. Kamu memiliki dana kecil, ingin membuat pesta impianmu. Ini tipsnya!

A. Jangan memakai Event Organizer/EO. Kelola sendiri keuangan kamu.

Dengan mengelola sendiri keuangan kamu, kamu akan lebih leluasa memilih apa saja yang kamu butuhkan untuk pesta kamu. Yang pasti semua akan menyesuaikan budgetmu.

B. Jangan beli makanan jadi, siapkan bahan2 makanannya lengkap dirumah, sewa tukang masak.

Hal ini akan membuat anggaran menjadi lebih hemat, di desa desa kecil biasa menyewa tukang masak yang bisa membuat berbagai makanan pesta untukmu tentunya dengan biaya yang relatif murah. Biasanya tukang masak hanya menarik dana kurang lebih 200ribu-400ribu perharinya. Cari yang murah namun enak. Jangan menyewa chef hotel kalau anggaran danamu sedikit ya.

Yang pasti cari menu andalan yang enak dan murah, yang semua orang suka dan andalan di kalangan masyarakat.

C. Buat Pesta Pernikahanmu di Rumah

Dengan mengadakan pesta dirumah, kamu akan terbebas dari biaya sewa gedung. Gunakan halaman depan rumahmu dengan baik. Kamu cukup menyewa tenda dan kursi meja serta peralatan makan di daerahmu. Boleh ditambahkan sound kecil untuk memutar musik agar menjadi lebih khidmat.

Kamu bisa menentukan persewaan yang kamu inginkan dengan budget kecil. Boleh hunting dulu, bertanya tanya lewat teman, cari di sosial media mengenai persewaan alat pesta yang murah dan sesuai dengan keinginan kamu.

Pilih juga dekorasi pelaminan yang simpel namun elegant dengan budget kecil.




D. Bikin Souvenir Kamu sendiri.

Kamu bisa menyiapkan souvenir kamu sendiri dengan membeli barang di tempat grosir, lalu kamu hias dengan pita atau dimasukkan kedalam plastik dengan kartu ucapan.

Kamu bisa memilih souvenir yang murah dan sesuai dengan budget kamu seperti misalkan sendok dan garpu, centong nasi, talenan, sisir rambut, gelas kecil, mangkuk kecil dan lain lain



Di masa pandemi bisa juga diberikan souvenir masker kain yang bermanfaat untuk masyarakat.
Kalau bisa membuat masker kain sendiri mending membuat sendiri.


Yang berminat membuat souvenir masker sendiri, cara caranya bisa simak di thread berikutnya yang akan saya posting setelah thread ini terbit.

E. Makanan bawaan pulang pengunjung siapkan kue kering atau kue yang tahan lama.
Kalau tips dari saya, pesta akan disibukkan dengan makanan pesta, namun buah tangan pengunjung lebih baik disiapkan jauh jauh hari pilih yang tahan lama agar kalian tidak terlalu lelah menyiapkan apapun yang serba mendadak.


Kalau tips dari saya, buat kue kering sendiri untuk menekan biaya dan menghemat biaya.
Untuk tips cara membuat kue keringnya nanti akan saya posting di thread berikutnya.

F. Membeli toples kue/ membeli tempat buah tangan sendiri di tempat grosir.

Jika kamu ingin menghemat biaya, jangan membeli kue jadi untuk buah tangan. Kamu bisa membuat kue sendiri dan membeli toples sendiri menyesuaikan dengan anggaran dana kamu.



G. Membuat kantong/tas kue dan souvenir sendiri.

Untuk menghemat biaya, kalau ingin menyediakan yang unik kalian bisa membuat paperbag sendiri atau bisa juga tas dari kain spunbond yang unik. Kalau membeli akan mengeluarkan biaya mahal jadi kalian bisa bikin sendiri cari referensi di internet. Kalau kalian mau membuat yang seperti ini simak di thread saya berikutnya.



H. Pilih MUA dengan Harga Murah namun kualitas Baik sesuaikan dengan Budget kamu

Kalau misalkan menemukan MUA dengan hasil yang bagus kamu bisa menyewanya. Kalau harganya masih terlalu mahal buat kamu untuk ambil semua paket dari MUAnya misalkan 3 baju atau 4 baju. Kamu bisa hemat dengan memilih 2 baju saja. Intinya sesuaikan dengan budget kamu. Namun jangan sampai nawar make upnya yaa hehehe.

I. Pilih Percetakan Undangan yang Murah dan bagus.

Kebetulan TS Mencari undangan dan membeli undangan lewat aplikasi belanja @S... Dengan harga murah. Tapi perlu diingat. Kalian harus mengetahui detail undangan yang kalian pesan dengan cermat, misalkan kertas yang digunakan, ukuran, free label atau kartu ucapan, free plastik dsb.


Dengan kecermatan seperti itu kita bisa memilah hal itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips memilih undangan pernihakan akan saya jelaskan di thread berikutnya

Nah, itulah tips tip yang bisa TS berikan kepada pembaca agar pembaca bisa terapkan di pernikahan impian pembaca dengan budget kecil.

Jangan takut untuk menikah karena terbentur dana, kamu bisa melakukannya dengan simpel dan khidmat sesuai dengan kemampuan kalian.

Jangan khawatir karena rejeki setelah menikah pasti ada.

Selamat membaca. Nantikan tips tips berikutnya di thread thread berikutnya.
Follow me 🥰

Sumber Opini dan Pengalaman Pribadi TS
Foto Dokumen Pribadi TS
Gambar 1
Diubah oleh Rain171 06-05-2021 02:40
nomibcheria021ardianfr
ardianfr dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.6K
35
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread•9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.