ZenMan1Avatar border
TS
ZenMan1
Harga Daging Sapi Nyaris Tembus Rp 150 Ribu/Kg, Sampai Kapan?



Jakarta, CNBC Indonesia - Kenaikan harga daging sapi ketika memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran terus berlanjut. Berdasarkan Pusat Informasi Harga Strategis Pangan Nasional (PHIPS), harga rata-rata daging sapi di DKI Jakarta saat ini telah mencapai Rp 146.650 per kg.

Angka ini jauh di atas ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 7 Tahun 2020 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen, yang berkisar Rp 80 ribu - Rp 105 ribu. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran mengenai terus naiknya harga komoditas ini ke depan.
"Tergantung (kenaikan harga daging), saat ini kita prediksi akan terjadi kenaikan karena pakan. Pakan masuk siklus upercycle," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan dalam Webinar Harga dan Pasokan Daging Sapi Menjelang Idulfitri 1442H dari Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, Jumat (7/5/21). 


Persoalan pakan ternak ini yang membuat harga daging naik. Di Australia, akibat kebakaran hutan, kini populasi sapi yang memakan rumput tidak lagi banyak, kalah dibanding sapi pemakan biji-bijian seperti kedelai. Namun, harga kedelai pun sempat naik karena tingginya kebutuhan dari berbagai negara, misalnya China yang banyak memesan.

Meski demikian, harapan agar harga sapi turun tetap ada, yakni dengan mengandalkan sapi asal Australia yang mengarah mulai normal.
"Australia dari indikator pemotongan hewan betina mulai turun, kemarin 58% betina dipotong akibat kesulitan cashflow pelaku usaha karena kekeringan. Saat ini 42% betina, artinya di bawah indikator 47. Populasi bisa diamankan oleh Australia, pasokan mulai semester 2 akan stabil kalau nggak diganggu kondisi lain," kata Oke Nurwan.

"Dari sisi populasi kalau tergantung Australia akan turun (harganya). Tapi kondisi pakan di negara masing-masing yang banyak mempengaruhi. Kondisinya mudah-mudahan bisa tetap dikendalikan, sehingga bisa men-supply nutrisi berbasis daging dengan disesuaikan daya beli masyarakat," lanjutnya.


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...g-sampai-kapan
selldomba
nomorelies
nomorelies dan selldomba memberi reputasi
2
664
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.