ummuzaAvatar border
TS
ummuza
Vertigo, Jangan Sepelekan !!!
Vertigo Penyakit Kambuhan



Hai, halo sist ketemu di coretan 
@ummuza 



Kali ini saya ingin membuat coretan tentangvertigo, penyakit kambuhan yang bisa  menyerang siapa saja terutama kaum perempuan. Vertigo ini bukan penyakit mematikan sejenis kanker se tetapi tetap namanya penyakit tak enak lah.


Saya tidak akan membahas vertigo dari segi keilmuan medis atau kedokteran tetapi saya hanya akan membahas pengalaman saya selama pernah beberapa kali terserang vertigo. Bagaimana kisah saya? yuk, kita simak ya



Vertigo adalah salah satu nama penyakit dengan diagnosa oleh dokter dengan keluhan di kepala. Biasanya keluahan yang dirasakan adalah pusing yang amat sangat dan pusingnya ini adalah kepala serasa muter. Bumi yang kita pijak ini serasa bergoyang dan tentu lambung akan berpengaruh sehingga apa yang ada di dalam lambung akan bisa di pastikan semua isinya keluar kalau tetap memaksakan untuk beraktivitas. Dan juga jangan sekali-kali menganggap remeh vertigo !!!

Saat pertama kali vertigomenghampiri atau saya rasakan saat itu hamil 8 bulan anak ke tiga (sekarang anaknya sudah umur 6,5 tahun).Apa yang saya rasakan saat itu ? Hanya saat bangun tidur kepala serasa ringan dan tidak fokus. Suhu badan normal, saat itu saya tetap melakukan kegiatan pagi menyiapkan sarapan untuk anak-anak dan suami.  setelah semua pekerjaan selesai kepala semakin terasa tidak enak dan perut terasa mual. dengan segera saya ke kamar untuk tidur dan untung sempat membawa palastik kresek. Entah, kenapa saat itu saya kepikiran untuk membawa. Setelah sampai kamar saya coba untuk tidur ternyata yang saya rasakan tidak menajdi baikan justru semakin tersa berputas dan mual semakin tidak bisa ditahan lagi. setiap mencoba embuka mata isi perut pasti akan ikut kelur. Merasa enakan tidak pusing lagi saya coba untuk membuka mata dan isi perut pasti ikut keluar seperti sampai tak ada yang keluar yang bisa isi perutnya karena sudah habis. saya mencoba untuk memejamkan mata dan tenang. 

Akhirnya setelah saya bisa istirahat dengan tenang merilekskan pikiran hingga hampir jam 11 siang vertigo reda dan saya bisa menhubungi suami untuk pulang mengantar ke dokter. Ini serangan vertigo pertama saya tak tahu ada apa dengan saya, kenapa seperti ini?
Dan ternyata serangan pertama bukanlah yang terakhir karena vertigo itu penyakit kambuhan dan bisa kambuh dan kapan saja. Saya kira satu kali mengalami vertigo tak terulang lagi karena sudah kurang lebih tiga tahun, aman. Ternyata saya salah.

Serangan vertigo ke dua kalinya adalah saat keluar dari kamar operasi sesar kelahiran anak ke empat saya (sekarang sudah umur 3,5 tahun) Saat berada di dalam ruang operasi, vertigo belum terasa tetapi begitu keluar dari ruang operasi silau terkena cahaya lampu. Vertigo mulai terasa untuk membuka mata terasa sangat sulit karena silau. Saat saya paksaakan gejolak isi perut terasa dan itu terasa sangat nikmat sekali karena obat bius dari jahitan juga sudah mulai hilang. Padahal, anak-anak datang menjenguk rasanya sungguh tak berdaya. diam, terpejam dan tidak memaksa untuk membuka mata hanya itu yang bisa saya lakuan agar vertigo tidak terlalu parah menyerang, saya mencoba untuk tidur dan beristirahat. Dan, akhirnya vertigo mereda.

Serangan belum berakhir belum lama ini pada tahun 2020 kemarin lagi, vertigo ke tiga ku rasakan lagi. Kali ini menyerang sama seperti serangan pertama pagi hari, bangun tidur membuang beban kandung kemih selama semalam hajat saat keluar kamar mandi. Bumi berputar berjalan pun hanya bisa sambil memejamkan mata dan berpegangan dengan tembok. Saya langsung mematikan lampu dan mencoba untuk tidur lagi dan tak lupa berpesan pada suami "vertigo kambuh tidak bisa menyiapkan sarapan". Dan, juga berpesan pada anak-anak untuk tidak main jauh di dalam rumah saja karena ibu sakit". Alhamdulillah, anak-anak paham. Saat itu berharap hanya sebentar saja vertigo menyerang ternyata dari pagi sampai pagi lagi vertigo baru mau pergi.

Apa sebenarnya penyebab vertigo ? Kecapekan dan banyak pikiran itu kata dokter. Tentu itu benar, adanya. Untuk itu agar tidak terserang vertigo jangan banyak pikiran ( jangan terlalu tegang memikirkan sesuatu) dan istirahatlah yang cukup.


Tips bila vertigo terlanjur menyerang :
1. Jauhi sumber cahaya
Sebisa mungkin kurangi hubungan dengan cahaya, sehingga penglihatan tidakmerasa silau. 

2. Rilekskan pikiran
Lepaskan semua beban pikiran yang ada sejenak, buang apa yang menjadi pikiranmu, misal dikejar setoran, belum bayar arisan. intinya kosongkan pikiran dan pastinya dekat diri dengan Sang Maha Kuasa dan mohon ampun padaNya.
caranya tarik napas buang tahan sebentar dan hempuskan nafas secara perlahan lakukan berulang kali samapai merasa pikiran tenang serta bisa sambil berdzikir.

3. Tidur
Setelah pikiran terasa tenang, istirahatkan badan dengan cara tidur untuk beberapa waktu. Bila sudah merasa baikan serta ingin mencoba bangun tidur jangan langsung/spontan bangun tapi lakukan perlahan. Awali dengan posisi terbaring, miring dulu kemudian duduk bila memang sudah tidak terasa pusing baru coba untuk berdiri dan berjalanlah dengan perlahan. Stabilkan dulu keseimbangan tubuh.

INGAT!!!
JIKA ALARM TUBUH SUDAH BERBUNYI UNTUK ISTIRAHAT SEGERALAH UNTUK MENGISTIRAHATKAN TUBUH ANDA


Dan juga, jangan lupa untuk ke dokter setelah melakukan pertolongan pertama tetapi tidak mereda vertigonya ya !!!


Kenapa saya menggunakan kata serangan untuk vertigo ? Karena memang datangnya yang tiba-tiba sering kita tidak sadari gejalanya.

Demikian, coretan saya tentang vertigo. Dipersilahkan untuk memberikan krisan atau mau berbagi pengalaman yang sudah pernah merasakan serangaan vertigo pernah boleh silahkan komen, rate dan cendolnya. Terimakasih  emoticon-Kiss (S)

Mohon maaf bila ada yang kurang pas atau tidak berkenan. 


baca juga "Jangan Remehkan Minum Air Putih"

sumber coretan murni opini pribadi

sumber gambar


Magelang, Akhir Maret 2021

ummuza


emoticon-rosebbbemoticon-rosenuwunemoticon-rose
Diubah oleh ummuza 28-01-2022 15:01
sunshii32
japarina
monicamey
monicamey dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.9K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.