Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
64
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecd5901b840881d3719b7b4/lima-hidangan-istimewa-pendamping-ketupat-kamu-pilih-mana
sumber Makan Besar, Saat Menu Istimewa Ini Tersaji Di Meja Makan Sudah menjadi budaya dan tradisi di Indonesia, bahwa hari raya idul fitri berati mudik dan berkumpul dengan keluarga. Acara ini sering disebut dengan lebaran. Lebaran itu sendiri artinya lebar_setelahnya atau sesudahnya. Maksudnya setelah menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan. Hidangan khas lebaran ini adalah ketupat. Untuk menikma
Lapor Hansip
27-05-2020 00:59

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?

icon-verified-thread
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Makan Besar, Saat Menu Istimewa Ini Tersaji Di Meja Makan

Sudah menjadi budaya dan tradisi di Indonesia, bahwa hari raya idul fitri berati mudik dan berkumpul dengan keluarga. Acara ini sering disebut dengan lebaran. Lebaran itu sendiri artinya lebar_setelahnya atau sesudahnya. Maksudnya setelah menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan.

Hidangan khas lebaran ini adalah ketupat. Untuk menikmati ketupat, biasanya ada menu pendamping. Menu ini terbilang istimewa, karena dikhususkan buat lebaran. Meskipun menu-menu ini bisa ditemui di saat yang lain, tetapi rasanya akan terasa lebih istimewa saat lebaran. Menu-menu itu adalah sebagai berikut:

1. Opor Ayam

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Makanan ini sudah populer hampir di seluruh Indonesia. Opor adalah sejenis kari dengan kuah santan kental yang gurih.

2. Semur

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Tidak kalah populer dengan Opor, semur hidangan berwarna coklat pekt yang berasal dari kecap manis, cengkih, pala serta bawang, berisi daging atau ayam rebus.

Sebenarnya dalam keseharian pun semur seringkali dijumpai sebagai manu utama dalam nasi uduk. Hanya saja isinya lebih sederhana, yaitu kentang, tahu, jengkol atau tempe.

3. Rendang

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Rendang berasal dari daerah Minangkabau, tetapi bisa dijumpai di daerah-daerah lain. Teknik dan cara memasaknya pun beragam tergantung daerahnya.

Umumnya rendang di masakan dengan Aneka rempah-rempah dan santan menggunakan api kecil dalam waktu yang lama. Hingga hanya menyisakan daging dan dedaknya saja yang berwarna hitam pekat.

Perlu digaris bawahi jika rendang daging asli padang cara memasaknya ada aturannya sendiri. Satu kg daging dipotong menjadi 20 bagian, kemudian di masak dengan santan dari lima butir kelapa. Inilah yang membuat rendang asli padang berbeda dengan rendang daerah lainnya.

4. Rica-Rica

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Bagi penggemar masakan Manado atau Sulawesi Utara pasti tak asing dengan jenis makanan yang satu ini.

Rasa pedas menjadi ciri khas masakan ini. Bukan rica namanya kalau gak pedas.
Akan tetapi macam-macam rica untuk saat ini ada banyak, setelah mengalami adaptasi daerah dan kokinya.

Isi atau bahan utama Rica ini pun bervariasi. Bisa ayam, bebek, ikan, kelinci dll.
Karena rasanya pedas, rica-rica banyak menggunakan cabe. Mau coba membuatnya?

5. Gulai

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Hidangan istimewa yang kelima adalah Gulai. Ciri khas masakan ini adalah warna kuning kuahnya, karena pengaruh kunyit sebagai bumbunya. Ada juga yang bilang jika gulai ini adalah bentuk lain dari kari.

Isi atau bahan utama dari gulai bisa bermacam-macam, baik daging, ayam, ikan ataupun sayuran. Misalnya saja daun singkong, sayuran ini terasa nikmat juga loh saat dibuat menjadi gulai.

Opini Pribadi dari sumber referensi penelusuran mesin Google










Diubah oleh husnamutia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desrayatusiah dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
01-06-2020 15:39
Ketupat+sayur lodeh+sayur krecek pedes emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
04-06-2020 12:03
Quote:Original Posted By husnamutia
hemmm apa pun makanannya, ngumpul bersama keluarga, nikmatnya sungguh terasa


Quote:Original Posted By muyasy
kalo aku kare ayam atau sayur lodeh mbk 😅


Quote:Original Posted By trifatoyah
opor ayam wajib ada


Quote:Original Posted By Puspita1973
Pilih opor ayam, dong


Quote:Original Posted By lintangayudy
suka semua kecuali semur


Quote:Original Posted By suciasdhan
Di rumah kemarin bikin opor sama gulai, mantap 🤭


Quote:Original Posted By annlaska
Opor + Ketupat + Sambal Goreng + Kerupuk Udang = Sempurna emoticon-Genit


Quote:Original Posted By luvcuku
apapun makanan nya kalau makan sama keluarga rasanya pasti enak


Opor ayam sama semur mantab
Numpang quote yaa 🙏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
28-07-2020 19:26
kalo makanannya kayak yg diatas semua sih, mau sama yg mana aja, sama sama enak. heheheeh
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
30-07-2020 19:42
Quote:neey123

kalo makanannya kayak yg diatas semua sih, mau sama yg mana aja, sama sama enak. heheheeh
iya juga sih. Lebaran nih besok, mau bikin apaan ya?
0 0
0
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
31-07-2020 09:31
ahh ini mah enak semuaaa!
tp ane kayaknya seringnya kalo gak opor, gulai deh. tp rendang sama rica jg mantep dahhh
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
08-05-2021 12:38
Kalau aku sih tetap rendang dong yang paling duluan makan
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
08-05-2021 14:37

Resep Opor Ayam Lebaran

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?



Salam Kaskuser!

Lebaran tinggal menghitung hari tetapi mudik dilarang karena pandemi. Apa boleh buat opor ayam emak tahun ini tak bisa dinikmati. Apa salahnya kini kita buat sendiri. Yuk! Simak cara membuat opor ayam lebaran dan langsung dipraktekan.

Kali ini kita akan membuat opor ayam tetapi bisa juga isinya diganti dengan telor, tahu atau tempe. Namun dengan bumbu yang sama.

Bahan-bahan:

1. Ekor ayam kampung, potong jadi 6 bagian

2. 250 ml santan kental

3. 2 lembar daun jeruk

4. 2 lembar daun salam

5. 2 batang serai

6. 1/2 sdm merica butir

7. 1 sdt gula pasir (bisa juga gula merah yang suka)

8. 1 sdt garam

9. 4-5 sdm minyak

Bumbu:

1. 4 siung bawang putih

2. 10 siung bawang merah

3. 5 butir kemiri

4. 2 cm jahe

5. 1 cm lengkuas

6. 1 ruas kunyit

7. 1 sdm ketumbar

8. 5 sdm air


Cara membuat:

1. Haluskan semua bahan bumbu halus kemudian sisihkan. Cara menghaluskan bisa dengan ulegan atau blender.


2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, daun salam dan daun jeruk. Tumis sampai tercium wangi dan bumbu matang.

3. Masukkan ayam dan air, aduk rata dan masak hingga ayam matang dan empuk.

4. Bumbui dengan garang, merica dan gula sesuai selera masing-masing.

5. Tambahkan santan kental, aduk rata dan masak hingga mendidih.

Jangan lupa diuji rasanya, jika sudah pas angkat dan sajikan.

Noted:

Buat agan, sista yang tidak terbiasa memakai ulekan bisa juga dengan blender untuk menghaluskan bumbu. Namun yang perlu diperhatikan saat menumis pastikan bumbu-bumbu benar-benar matang, sehingga hasil masakan lebih enak.

Nah selanjutnya untuk agan sista yang tidak mau ribet, bisa juga membeli bumbu jadi di pasar yang sudah halus. Namun biasanya ada aroma kurang sedap. Maka untuk menghilangkan aroma tersebut bisa diakali dengan menumis tanpa minyak sama rada kering. Kemudian tumis bumbu dengan minyak seperti biasa.

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Silakan dicoba, semoga bermanfaat.

Salam
Mutia AH


Ruji, 08 Mei 2021
Diubah oleh husnamutia
0 0
0
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
08-05-2021 15:40

Resep Semur Jengkol Sebagai Pengganti Daging

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Salam Kaskuser!

Hampir semua bahan pokok menjelang Lebaran harganya semakin meroket. Terlebih untuk harga daging. Namun jangan sedih! Kalau memang tidak kebeli daging atau memang tidak suka daging. Kita bisa tetap bisa menikmati lezatnya semur.

Jenis makanan yang bisa dibuat semur juga bukan hanya daging. Kita juga bisa menggantinya dengan telor, tahu, tempe, kentang dan jengkol. Khusus untuk telor, bisa dibuat dengan 2 variasi, yaitu variasi telur bulat atau telor ceplok. Tinggal bagaimana selera saja.

Nah untuk kali ini, saya ingin berbagi resep membuat semur jengkol. Kenapa jengkol? Karena makanan ini terbilang unik menurut saya. Sebab sering kali jengkol dianggap menu rendahan karena baunya. Namun sebenernya harga jengkol saat sedang naik, bisa setara dengan harga 1 kg daging. Bukan hanya itu jengkol ini juga sebenarnya kaya manfaat.

Manfaat Jengkol adalah sebagai berikut:

1. Sebagai sumber protein
2. Mencegah penyakit mag
3. Menangkal Radikal bebas
4. Membantu pembentukan jaringan tubuh
5. Mencegah Animea
6. Mencegah tulang rapuh dan dapat memperkuat tulang dan gigi
7. Mengatasi penyakit jantung koroner
8. Merampingkan perut
9. Mencegah diabet
10. Mengatasi penyempitan pembuluh darah
11. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin
12. Menyetabilkan organ vital dalam tubuh
13. Mengatasi sembelit pada ibu hamil
14. Mengontrol kadar gula darah
15. Mencegah resiko kecacatan pada bayi.

Wah! Banyak sekali manfaatnya ya gan sis. Meskipun banyak manfaatnya jangan sampai mengonsumsi terlalu banyak, ya. Sebab jengkol ini juga bisa membuat kita jengkolan atau keracunan (wuru).

Biasanya seseorang yang keracunan jengkol akan terlihat pada 5-12 jam setelah mengonsumsi jengkol. Gejalanya bisa berupa nyeri perut, mual, diare muntah, nyeri saat buang air kecil dan disertai darah.

Euleh-euleh! Jadi ngelantur kemana aja nih. Okey deh. Langsung aja yu kita eksekusi jengkolnya jadi semur.

Bahan:

1. 500 gram jengkol

Rendam jengkol dalam air dingin 3 hari (ganti airnya setiap hari), direbus di dalam air panas 15 menit, tiriskan, memarkan (untuk menghilangkan baunya, bisa juga dengan merebus jengkol kemudian campur dengan 2 sendok bubuk kopi original).

2. 6 butir bawang merah, diiris halus

3. 2 cm lengkuas, memarkan

4. 4 lembar daun salam

5. 3 batang serai, memarkan

6. 10 sendok makan kecap manis

7. 1/2 sendok teh garam

8. 1/4 sendok teh merica bubuk

9. 2 sendok teh pala bubuk

10. 800 ml air

11. 2 sendok makan minyak untuk menumis (secukupnya).

Bumbu halus:

1. 6 butir bawang merah

2. 3 siung bawang putih

3. 5 buah cabai merah keriting

Cara membuat semur jengkol:

1. Panaskan sedikit minyak di dalam wajan. Masukkan irisan bawang merah sampai kekuningan. Kemudian masukan bumbu halus, lengkuas, daun salam, dan serai sampai harum.

2. Setelah bumbu harum, masukkan jengkol. Aduk-aduk sampai rata.

3. Tambahkan kecap manis, garam, merica, dan pala bubuk. Aduk sampai jengkol terbalut kecap seluruhnya.

4. Tuang air perlahan dan masak sampai kuah mengering atau mencek-mencek (sesuai selera). Kemudian angkat dan hidangkan. Semur Jengkol, siap dinikmati.

Silahkan dicoba!

Opri referensi di sini

Salam
Mutia AH
Ruji, 08 Mei 2021


Diubah oleh husnamutia
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
cara-membuat-cimol
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia