• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Inilah 5 Penyebab Rem Blong Pada Kendaraan Yang Harus Kamu Ketahui!

inovanewsAvatar border
TS
inovanews
Inilah 5 Penyebab Rem Blong Pada Kendaraan Yang Harus Kamu Ketahui!


Kurangnya merawat kendaraan pasti akan menimbulkan berbagai permasalahakan. Salah satunya adalah rem blong yang akhir-akhir ini sering terjadi. Rem blong selalu menjadi faktor kecelakaan tertinggi yang terjadi pada kendaraan besar seperti truk dan bus. Namun, hal ini juga bisa terjadi pada kendaraan pribadi juga. 

 

Istilah rem blong digunakan saat sistem pengereman pada kendaraan tidak bekerja secara baik untuk mengurangi tingkat kecepatan kendaraan. Padahal, sistem pengereman menjadi salah satu hal yang penting untuk keselamatan berkendara.

 

Penyebab dari terjadinya rem blong pun bermacam-macam dan hal ini bisa dicegah. Berikut beberapa penyebab rem blong yang sering terjadi dan harus pengemudi harus memperhatikan hal ini.

 

1.     Minyak Rem Habis

Rem blong pada kendaraan terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah minyak rem yang habis. Hal ini akan membuat kendaraan tidak bekerja secara maksimal karena proses melaju mobil dibantu oleh minyak rem. 

 

Minyak rem menjadi hal yang penting dalam mengendarai kendaraan karena minyak rem akan memberikan tekanan ke piston atau kaliper agar bisa menekan kanvas. Mencegah habisnya minyak rem dengan mengecek minyak rem seminggu sekali secar rutin dan dapat mengisi kembali.

 

2.     Kanvas Rem Aus

Kendaraan akan menjadi kurang maksimal atau pakem saat pengereman karena kanvas rem yang Aus. Hal ini dapat menyebabkan pengemudi yang tidak bisa mengontrol laju kendaraan sehingga dapat membuat rem blong jika tingkat keausan kanvas rem sudah parah. 

 

Jika dirasa kanvas rem sudah aus dan memang sudah ada jadwal rutin untuk perawatan kendaraan, maka segeralah ke bengkel untuk menggantinya yang baru.

 

3.     Seal Piston Master Rem Rusak

Rusaknya seal piston master rem bisa dikarenakan karena usia penggunaan dan kualitas minyak rem yang tidak terlalu bagus. Kualitas dari minyak rem memang sangat berpengaruh. 

 

Maka dari itu, gunakanlah minyak rem yang sesuai dengan tipe dan merek kendaraan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

4.     Selang Minyak Rem yang Tersumbat

Biasanya, penyumbatan pada selang minyak rem dikarenakan banyaknya kotoran yang menumpuk pada minyak rem kendaraan. Kotoran pada minyak rem sendiri bisa muncul saat mulai mengisi minyak rem dan bisa juga masuk dari tangki cadangan.

 

Selain itu, kualitas minyak rem pada kendaraan juga akan mempengaruhi minyak menjadi kotor. Maka dari itu, kualitas minyak rem yang baik juga berpengaruh.

 

5.     Vapour Lock

Vapour lock merupakan menguapnya minyak rem yang disebabkan panasnya suhu. Hal ini berarti minyak rem akan mendidih dan menimbulkan gelembung udara atau uap pada sistem rem kendaraan. Gelembung udara dari minyak rem ini nantinya akan mulai mengendap dan kinerja pengereman mobil menjadi tidak maksimal.

 

 

Itulah beberapa penyebab gagalnya sistem pengereman kendaraan yang sering terjadi. Agar rem blong tidak terjadi, lakukan lah perawatan dan pengecekan kendaraan secara berkala di bengkel. Jangan sampai menunggu sistem pengereman rusak karena akan membahayakan keselamatan saat berkendara.

 

Dalam membantu dan mempermudah pengemudi dalam melakukan perawatan kendaraan, InovaTrack sebagai GPS Tracker dapat mengelola jadwal untuk perawatan rutin kendaraan secara terperinci dan akurat. Laporan dari InovaTrack dapat mengingatkan pengemudi untuk melakukan perawatan rutin sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi pada kendaraan.

 

Segera cek InovaTrack berserta fiturnya agar berkendara semakin efisien dan nyaman. Pemasangan gratis dengan teknisi yang handal pasti akan membuat kendaraan dan perjalanan semakin aman.

GigiTato.
eyefirst2
Dodi401454
Dodi401454 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.