• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual

ulungrinjani
TS
ulungrinjani
Ini Dia Alasan Kenapa Bus Dan Truk Memakai Gearbox Transmisi Manual
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa truk dan bus memakai gearbox transmisi manual.




Hampir semua truk dan bus memakai gearbox transmisi manual. Mau shifternya shifter automatic ataupun manual, mau "3 pedal real man" atau 2 pedal, semua memakai gearbox manual, termasuk truk-truk premium seperti Scania atau Volvo yang menggunakan transmisi AMT seperti I-Shift maupun Opticruise.

Lantas, mengapa truk dan bus, tak terkecuali yang premium tidak memakai gearbox automatic seperti A/T standar, DCT ataupun CVT saja melainkan tetap memakai gearbox manual? 




Tentu, dibalik itu semua, ada alasan yang melatarbelakanginya Gansis. Nah, oleh karena itu, ane akan menjawab alasan yang melatarbelakangi penggunaan gearbox transmisi manual di bus dan truk.

1. Durabilitas




Sudah terbukti di lapangan bahwa umumnya, transmisi manual lebih durable dibanding transmisi otomatis, terutama di gearboxnya. Sebab, komponen dari gearbox transmisi manual lebih sederhana, sehingga menambah durabilitas dari gearbox transmisi manual tersebut.

Apalagi, dengan penggunaan bus dan truk yang akan jauh lebih sering daripada mobil biasa. Dalam satu tahun saja, bus dan truk bisa menempuh 100-300 ribu kilometer, sangat berbeda dengan mobil biasa yang menempuh jarak jauh lebih rendah daripada jarak yang ditempuh bus dan truk.




Tentunya, oleh karena penggunan bus dan truk sendiri oleh pemilik yang akan jauh lebih sering karena memang tujuan utamanya buat cari duit bukan buat disimpan, lebih cocok memakai gearbox transmisi manual, entah dengan sistem AMT maupun fully manual.

2. Efisiensi 





Untuk mencapai "cuan" yang maksimal, tentunya usaha butuh efisiensi yang baik. Jika efisiensinya baik, maka keuntungan yang bisa dinikmati akan lebih maksimal Gansis.

Tak terkecuali truk dan bus yang memang umumnya dipakai untuk "cari cuan". Gearbox transmisi manual memiliki efisiensi di segi konsumsi BBM yang lebih irit, walau memang tak akan seirit gearbox CVT. Konsumsi BBM yang lebih irit tentu akan membuat bus dan truk tersebut bisa berjalan lebih jauh. Tetapi tentu ini tergantung pengemudinya bagaimana, walau memang umumnya konsumsi BBM dari gearbox manual akan lebih irit dari gearbox otomatis konvensional.
 



Belum lagi, dengan perawatan yang lebih murah dibanding gearbox matic seperti DCT ataupun CVT. Perlu diketahui bahwa umumnya transmisi otomatis tak memiliki fitur engine brake, jadi kampas rem akan lebih cepat habis dan umumnya transmisi otomatis biaya mengganti olinya akan lebih mahal, belum lagi jika terjadi kerusakan.

Dengan gearbox manual, harga kendaraan juga bisa ditekan. Sebab, harga baru dari kendaraan yang memiliki gearbox manual dengan automatic umumnya akan lebih murah dengan gearbox manual. Sehingga, investasi akan menjai lebih murah, balik modal juga akan lebih cepat.




Jadi, itulah alasan kenapa bus dan truk memakai transmisi dengan gearbox manual. So, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star



nowbitoolindramamothBlueGuy.BuleGay
BlueGuy.BuleGay dan 18 lainnya memberi reputasi
19
5.7K
85
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.