marilyn88Avatar border
TS
marilyn88
Bola Api Misterius Di Tanah Depok Dan Sejarah Setu Gugur
Dalam mitologi tanah air, kita sering mendengar tentang Banaspati yang biasanya sebutan untuk sosok wujud api dengan elemen panas sebagai bagian utamanya. Biasanya sosok Banaspati terbang rendah dilangit-langit senja hingga dini hari tiba. Dalam sebuah kelompok masyarakat, Banaspati juga identik dengan praktek ilmu hitam berupa santet.

Konon hanya segelintir orang yang mampu melihat objek bola api dari dunia lain tersebut, tetapi ada hal yang tidak lazim di Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok. Setiap orang dibuat terpana dengan kemunculan bola api misterius yang rutin datang setiap malam pergantian tahun.

Warga setempat menyebutnya Braja, fenomena misteri yang hingga kini belum jelas akal musababnya. Tak hanya satu atau dua bola api, ada puluhan Braja bersemayam di area Kelurahan Pasir Putih. Bagaimana bisa makhluk astral berbentuk bola api tersebut seolah menyapa ribuan warga pada setiap malam pergantian tahun.

1. Setu Gugur



Fenomena bola api atau Braja yang muncul setiap malam pergantian tahun di wilayah Pasir Putih menjadi ciri khas tersendiri bagi wilayah tersebut. Ditarik dari awal asal usulnya, fenomena magis ini tak bisa dilepaskan dari keberadaan bekas Setu atau Telaga yang dibangun pada masa kolonial Belanda.

Warga sekitar menyebutnya sebagai Setu Gugur, kini Setu tersebut hanya meninggalkan nama sebab tanggul utamanya jebol pada tahun 1966. Kini kawasan bekas danau seluas 9 hektar, dengan kedalaman 15 meter ini menjadi ladang yang penuh tumbuhan semak.

Di area tersebut terdapat sebuah aliran air yang menggenang pada sebuah bagian, ceruk inilah titik tengah Setu Gugur sebelum runtuh beberapa dasawarsa silam. Salah seorang sesepuh setempat menceritakan pada malam hari sebelum Setu Gugur jebol, Braja atau bola api muncul pertama kali sebagai syarat akan runtuhnya Situ.

Yang kala itu diperuntukan sebagai sumber irigasi pertanian sebagian wilayah Depok. Selang beberapa waktu lamanya, jejak Setu Gugur pun lekang dimakan usia. Namun aura magis masih kental ketara, konon di malam-malam tertentu ceruk bekas Setu Gugur mengeluarkan cahaya terang.

2. Bola Api Di Malam Pergantian Tahun



Video ini diambil pada saat malam pergantian tahun pada beberapa waktu lalu oleh warga yang ingin menyaksikan kemunculan Braja, dari remaja hingga orang tua saling memasang mata untuk menyaksikan peristiwa langka. Hingga riuh antusias mereka memuncak saat detak jam mendekati pukul 00.00.

Munculnya suara mercon memecah suasana, itulah pertanda jika tahun baru telah tiba. Saat langit-langit Depok dipenuhi semburan cahaya kembang api ada pemandangan berbeda di awang-awang Pasir Putih, Braja atau bola api misterius tiba-tiba muncul dengan terangnya. Bentuknya bulat sempurna, tampak kobaran api diseluruh sisinya.

{thread_title}


3. Napak Tilas Sejarah Pasir Putih

Menilik sejarah setempat, dahulu ketika Setu Gugur masih ada pemerintah kolonial Belanda sering mengadakan pertunjukan tari topeng betawi di Setu Gugur, kegiatan ini selalu diadakan rutin setiap tahun. Kemunculan bola api misterius sontak menimbulkan berbagai spekulasi, sebagian masyarakat juga percaya bahwa bola api yang muncul pada malam pergantian tahun adalah manifestasi dari pusaka yang dimiliki oleh seorang yang sakti.

Konon pusaka ini digunakan sebagai pondasi gaib Setu Gugur. Berjarak sekitar 50 meter areal bekas Setu Gugur terdapat makam kramat Eyang Nurisan, beliau adalah penyebar agama dari wilayah Banten. Beliau juga menjadi penggagas dibangunnya Setu Gugur guna mensejahterakan masyarakat kala itu, tak ayal hingga detik ini banyak peziarah datang dari berbagai daerah.




Diubah oleh marilyn88 04-05-2021 14:30
Junmai92
asamboigan
indramamoth
indramamoth dan 13 lainnya memberi reputasi
14
6.3K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.