valkyr9
TS
valkyr9
Nah Lho, Jokowi Tagih Daerah 'Sulap' Sampah Jadi Listrik


Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi penuh komitmen pemerintah kota Surabaya yang berhasil mengeksekusi proyek pengelolaan sampah energi listrik dengan cepat.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat meresmikan pengelolaan sampah energi listrik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/5/2021).

"Ini selesai yang pertama dari tujuh kota yang saya tunjuk lewat perpres. Ini yang pertama, yang lain masih maju mundur," katanya.

Surabaya sendiri menjadi salah satu pilot project pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah. Selain Surabaya, ada Jakarta, Bandung, Tangerang, Semarang, Solo, dan Makassar.

"Nanti yang lain saya perintahkan engga usah ruwet-ruwet pake ide-ide, liat aja di Surabaya. Tiru, copy," ujarnya.


Jokowi mengaku pernah memiliki pengalaman yang melekat terhadap proyek ini. Pasalnya proyek itu baru bisa terealisasi saat dirinya kini sudah menjabat sebagai kepala negara.

"Pengalaman yang saya alami sejak 2008. Saya cek masih menjadi wali kota, jadi gubernur, dan jadi presiden, tidak bisa merealisasikan pengolahan sampai ke listrik seperti yang sejak dulu saya inginkan di kota Solo waktu menjadi wali kota," katanya,

Jokowi mengutarakan kala itu memang tiap pimpinan daerah tidak memiliki keberanian yang kuat dalam mengeksekusi program seperti ini lantaran berbagai macam alasan.

"Dulu takut eksekusi karena dipanggil kejaksaan, nanti kepolisian, ada KPK panggil. Karena payung hukumnya tidak jelas sehingga memutuskannya sulit," jelasnya.

Namun kini ambisi Jokowi menjadi kenyataan. Indonesia kini mempunyai fasilitas pengolahan sampah yang dapat diubah menjadi energi listrik di Benowo, Surabaya, Jawa Timur.

"Memang kecepatan bekerja pemerintah kota Surabaya ini patut kita acungi jempol. Sehingga ini menjadi yang pertama. Dari tujuh kota yang saya tunjuk melalui peraturan presiden, ini yang pertama," tegasnya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...h-jadi-listrik

Kalo d surabaya.. Sampah d sulap jadi listrik.. Kalo d jakarta.. Sampah malah d sulap jadi gubernur.. emoticon-Malu (S)

emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
muhamad.hanif.2xneakerzpilotugal2an541
pilotugal2an541 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.5K
22
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.