embunsuci
TS
embunsuci
UMKM Dodol Mandailing, Pilih Varian Rasanya!


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Hai, Sahabat Kaskus ... semoga selalu sehat dan baik-baik ajah, ya. Aamiin. Nah ... Kali ini ane ingin berbagi seputar UMKM di desa Huristak Padang Lawas Sumatera Utara. Dodol adalah makanan khas Tapanuli Selatan suku Mandailing. Mendodol sudah menjadi seperti tradisi bagi masyarakat suku Mandailing.





Berkembangnya zaman. Dodol yang biasanya menjadi oleh-oleh daerah khas Mandailing ini, yang selalu menjadi buah tangan sanak saudara tiap balik dari kampung. Akhirnya menjadi dikenal di masyarakat kota, karena dibawa oleh sanak saudara dari kampung, dihidangkan dan dicicipi masyarakat di kota. Akhirnya menjadi diminati banyak orang.





Muncul ide untuk berjualan dodol, dijadikan lah dodol sebagai salah satu UMKM desa. Alhamdulillah lumayan laku juga di pasaran. Berawal dari bisnis keluarga, kini dodol menjadi Usaha kuliner yang ternama di Sumatera Utara.





Dodol dijual dalam bentuk bungkusan plastik dan sumpit. Kalau dari sumpit, bahan terbuat dari daun Nipah. Dibayu sedemikian rupa hingga menjadi wadah yang unik untuk dodol.





Spoiler for Persiapan Mendodol:



Kegiatan mendodol dilakukan oleh muda mudi desa. Mulai dari mengukur kelapa, memeras nya hingga memasak dodolnya, kekompakan, dan saling kerja sama.





Dodol diolah dengan dimasak di kuali atau belanga yang lumayan besar, dengan santan yang lumayan banyak sekitar 20 butir kelapa, gula merah dan gula putih disesuaikan dengan jumlah campuran tepung pulut dan tepung beras yang digiling. Kemudian setelah mengental dan mengeras, pertanda dodol sudah masak. Baru lah dodol dimasukkan dan dikemas ke plastik atau sumpit. Dimasukkan dengan menggunakan sendok nasi plastik, agar tidak lengket dan mudah memasukkan nya ke sumpit.








Dodol memiliki aneka rasa yang berbeda. UMKM ini menjual dengan varian rasa seperti rasa durian, kacang tanah, pandan dan original. Harga satuan per sumpit kisaran 12.000 hingga 25.000. Dodol merupakan UMKM bisnis keluarga di bidang kuliner untuk oleh-oleh khas daerah. Untuk hidangan id fitri, dodol merupakan menu utama yang tampil di antara kue lebaran lainnya.


Sekian Thread sederhana ane. Semoga suka dan bermanfaat. Terima kasih.


Sumber : Opri dan Dokpri.
Video by Fb Inih
Diubah oleh embunsuci 06-05-2021 05:06
081364246972megagledegselirsadis
selirsadis dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
10
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medan
Medan
icon
498Thread995Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.