News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
60
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6093675d3e4862593837e1d2/polemik-covid-19-virus-atau-bakteri-yang-terpapar-radiasi
Pada 5 April 2021 lalu beredar sebuah pesan berantai yang mengklaim bahwa Covid-19 adalah bakteri yang terpapar oleh radiasi. Klaim tersebut diketahui beredar melalui media sosial khususnya aplikasi percakapan, Whatsapp.
Lapor Hansip
06-05-2021 10:49

Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?

Past Hot Thread

Pada 5 April 2021 lalu beredar sebuah pesan berantai yang mengklaim bahwa Covid-19 adalah bakteri yang terpapar oleh radiasi. Klaim tersebut diketahui beredar melalui media sosial khususnya aplikasi percakapan, Whatsapp.


Pesan berantai tersebut memuat narasi yang menjelaskan bahwa Rusia adalah negara pertama yang melakukan otopsi jenazah korban Covid-19. Hasil dari otopsi tersebut menyatakan bahwa Covid-19 bukanlah virus, melainkan bakteri yang terpapar radiasi dan menggumpal melalui darah hingga dapat menyebabkan kematian.

Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?

Sumber Foto: Liputan6

Berikut isi dari narasi yang beredar di aplikasi Whatsapp

Rusia menjadi negara pertama di dunia yang melakukan otopsi (post mortem) terhadap jenazah Covid-19. Setelah dilakukan penyelidikan menyeluruh, ditemukan bahwa Covid-19 tidak ada dalam bentuk virus, melainkan bakteri yang telah terpapar radiasi dan menggumpal melalui darah hingga menyebabkan kematian.

Penyakit Covid-19 telah ditemukan menyebabkan pembekuan darah, yang menyebabkan pembekuan darah manusia dan pembekuan darah vena, yang membuat orang sulit bernapas karena otak, jantung, dan paru-paru tidak dapat menyerap oksigen, menyebabkan orang mati dengan cepat.

Guna mengetahui penyebab kurangnya energi pernapasan, dokter Rusia tidak mendengarkan kesepakatan WHO, melainkan melakukan otopsi terhadap COVID-19. Setelah dokter membuka lengan, kaki, dan bagian tubuh lainnya dan memeriksanya dengan cermat, mereka menemukan bahwa pembuluh darah melebar dan berisi gumpalan darah, yang menghalangi aliran darah dan mengurangi aliran oksigen. Hal tersebut dapat menyebabkan kematian pada tubuh.

Setelah mengetahui penelitian tersebut, Kementerian Kesehatan Rusia segera mengubah rencana pengobatan Covid-19 dan menggunakan aspirin untuk pasien positif. Mulailah mengonsumsi 100 mg dan Imromac. Hasilnya, para pasien mulai pulih dan kesehatan mereka mulai membaik.

Setelah periode penemuan ilmiah, dokter Rusia menjelaskan bahwa penyakit ini adalah tipuan global, dan metode pengobatan ini menjelaskan, “Ini tidak lain adalah gumpalan di pembuluh darah (bekuan darah) dan metode pengobatan.

Tablet antibiotik

Anti-inflamasi dan Minum antikoagulan (aspirin).

Untuk tujuan ini, kesepakatan telah dikeluarkan di Rusia.

Bagikan informasi ini dengan keluarga, tetangga, kenalan, teman, dan kolega Anda sehingga mereka dapat menghilangkan rasa takut akan Covid-19 dan menyadari bahwa itu bukan virus, melainkan bakteri yang hanya terpapar radiasi.

Hanya orang dengan kekebalan rendah yang harus berhati-hati. Radiasi ini juga dapat menyebabkan peradangan dan hipoksia. Korban harus mengonsumsi Asprin-100mg dan Apronik atau parasetamol 650mg.

Sumber: Kementerian Kesehatan Rusia

Informasi tersebut kemudian viral dan menjadi polemik di jagat maya. Lantas, bagaimana kebenaran yang sesungguhnya dari klaim tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA

Hansip Hoax telah melakukan pemeriksaan fakta terkait informasi mengenai klaim Covid-19 tersebut dengan melansir dari situs Liputan6. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan, diketahui informasi jika tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah dan lembaga penelitian Rusia terkait klaim Covid-19 yang disebabkan oleh bakteri yang terpapar radiasi.

Dikutip dari situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit Covid-19 secara jelas disebabkan oleh virus corona yang merupakan temuan virus baru dan bersifat menular. Virus Covid-19 dapat menyebar melalui air liur atau cairan dari hidung saat orang sedang batuk, bersin, meludah, dan berbicara. Orang yang terinfeksi Covid-19 akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus.

Hansip Hoax juga melakukan penelusuran melalui sebuah artikel dari situs theconversation.com yang berjudul "No, 5G radiation doesn’t cause or spread the coronavirus. Saying it does is destructive" . Dalam artikel tersebut, Peneliti Universitas La Trobe Stanley Shanapinda menjelaskan perbedaan antara layanan seluler 3G, 4G, dan 5G. Selain itu dijelaskan bahwa Radiasi 5G tidak akan menyebabkan atau menyebarkan virus Covid-19. Seperti diketahui, radiasi dari ponsel mungkin saja berbahaya, akan tetapi radiasinya tidak membahayakan sampai menyebarkan virus corona.



KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya Gan, berdasarkan pemeriksaan fakta yang dilakukan Hansip Hoax, dinyatakan bahwa klaim mengenai Covid-19 adalah bakteri yang terpapar radiasi adalah informasi yang salah alias HOAX.

Seperti yang kita tahu, Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona. Virus yang baru saja ditemukan. 

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.




Diubah oleh hansiphoax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 16:21
Jadi yg salah God Almighty gitu

Udah ciptain virus baru

Untuk menekan populasi

Planet Earth emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 16:22
Hilih knthl podcas lagi podcast lagi 💩
profile-picture
006Charizard memberi reputasi
0 1
-1
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 16:32
makin ganas ya pirus nya
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 16:39
Ane bukan pecinta teori konspirasi, konspirasi yg ane percaya biarlah ane konsumsi sendiri...

Semenjak adanya covid ini, ane jadi penasaran apa itu virus, dari mana asalnya (virus asli bukan hasil rekayasa manusia), ane coba baca2, dan pada kenyataannya asal muasal virus itu sendiri masih jadi perdebatan...

Dan karena ternyata masih jadi perdebatan, ane sebagai orang awam tidak usah ikut2an mendebat, sebaiknya bicara sesuai kapasitasnya, kalau mau bercanda carilah topik yg baik, kalau mau menyampaikan opini, sampaikanlah juga dengan baik, kalau mau buat hoax, sek sek, emang apa se tujuannya bikin hoax?

Kalau kata mbah bob sadino, "bergayalah sesuai isi dompet"

Sedikit dirubah, "bicaralah sesuai kapasitas otak anda"

Menjadi pertanyaan asal muasal dan definisi dari virus yg sebenarnya, tapi hanya karena masih jadi pertanyaan dan mengganjal, jangan pula lah berandai2 dan menyebarkan berita bersifat konspirasi disaat bukan bidangnya untuk mengatakan hal tersebut, makanlah konspirasi anda sendiri dan nikmati hasilnya sendiri, jangan berbagi penyakit, sekarang ini mendadak muncul ilmuan dadakan, semua mendadak peduli haram halal, mendadak peduli komposisi...

Perubahan itu beberapa baik, tapi jika perubahan itu tidak diiringi pemikiran dan pertimbangan yg baik dan hanya didasarkan ikut2an trend apakah juga akan berakhir baik?

Ane sendiri jika mendapat informasi bahwa covid itu bakteri bukan virus dan jika kebetulan benar2 percaya, hanya akan ane pendam sendiri, lagipula, jikapun covid itu memang dari bakteri bukan virus, apa yg kemudian berubah? Apa yg dapat kita lakukan dengan informasi tersebut? Apakah kemudian mendadak banting setir jadi ilmuan dan membuat formula penangkalnya sendiri? Membuat laboratorium sendiri? Tidak!!! Jadi, STOP IT, GET SOME HELP, di medsos ga usah dikit2 share dikit2 share jika keinginan share itu bukan untuk memberikan perubahan baik tapi hanya karena ingin tampak paling update, mending kejar pertamax di kaskus dari pada kejar share pertamax di medsos, share di medsos lebih ga guna, orang lain juga ga ada yg mengakui, tidak membuktikan apapun...
Diubah oleh julkernaut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ianer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 17:02
Sebagai Hansip hoax apakah agan te-es tahu yakinin kita virus itu darimana asal muasalnya?
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 17:02
Setahu ane bakteri dan virus itu berbeda, bakteri bisa hidup di benda mati sedangkan virus hanya bs hidup bergantung dengan inang/makhluk hidup. Virus itu ibarat benalu yg hidup di pepohonan utk menyerap nutrisi dr inangnya.
profile-picture
006Charizard memberi reputasi
1 0
1
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 17:18
Gak usah baca isinya cukup baca judul sudah tahu hoax. Bakteri dan virus adalah 2 spesies yg berbeda. Bakteri adalah makhluk hidup sedangkan virus bukanlah makhluk hidup.
profile-picture
006Charizard memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 17:20
udah ga ngerti lagi deh sama covid
ane cuma berdoa semua kembali ke tahun tahun sebelum ada covid
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 17:41
Ini butuh kejelian saja. Covid sejatinya adalah singkatan, yaitu Corona VIRUS and Disease. Jadi Corona itu nama virus sekaligus penyakitnya. Dari situ saja jelas bahwa Corona itu virus, bukan bakteri.

Udah paham kan? Jadi jangan lagi ada anggapan Corona itu bakteri.
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 17:48
Hoax hoax makin bertebaran
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 18:00

Motivasikehidupan di jaman pandemik

Bagaimana cara kita mejalani kehidupan di jaman pandemik https://pastecash.id/Motivasikehidupan
Diubah oleh cruizking
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 18:16
Harusny namanya jadi COBAD19 donk, emoticon-Ngakak
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 18:37
Kalo pakai microwave ada gelombang elektromagnet gak?
Jadi makanan harus dibungkus alumunium foil ya?
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 18:55
Buset obatnya pakai aspirin, parasetamol. Okelah klo orang awam minum parasetamol efek sampingnya gak besar.

Yg bahaya adalah minum aspirin sebagai pengencer darah. Klo orang sembarangan minum aspirin, darah gak bisa beku lho alias susah beku, klo ada luka dikit darah yg keluar susah beku.

Nahhhh terkadang orang yg terpengaruh takutnua minum obat aspirin sehari 3x, klo parasetamol sehari 3x mah efeknya gak besar. Klo aspirin? Dosis diminum sehari sekali aja itu gigi sama hidung bisa berdarah karena saking encernya, apalagi sehari 3x? Merembes ke kulit kali.

Orang covid yg darahnya kentel biasanya pasien tersebut memiliki kormobid kayak hipertensi, jantung dan diabet. Pasien kormobid tersebut kesehariaannya darahnya lebih beku di banding orng normal akibat dari konsumsi obat atau yang penyakit tdk terkontrol. Oleh sebab itu mereka pasti minum aspirin.

So jgn percaya sama hoax hoax spt itu ya.

Oh iya virus dan bakteri merupakan mahluk hidup yg berbeda apabila mereka masuk dalam tubuh. Secara morfologi tubuh, komposisi kulit terluar, komposisi genetiknya dsb.

0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 21:04
Tunggu penjelasan dr yg lebih kompeten
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 21:26
Udah jelas namanya Covid (Corona Virus Disease) pasti virus, kalo bakteri namanya bukan Covid tapi Cobad atau singkatan yang lain.emoticon-Toast
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
06-05-2021 23:38
Lagi2 hoaks. Kalo udah bawa2 negara jauh yg sulit dicari sumber kebenarannya gitu patut dicurigai sih
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
07-05-2021 01:42
Paling tentara Israel doang kemaren kena kanker akibat radiasi radar. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
07-05-2021 02:18
dr penelitian memang banyak kasus pengentalan darah pada beberapa pasien covid.
0 0
0
Polemik Covid-19, Virus atau Bakteri yang Terpapar Radiasi?
07-05-2021 06:45
kayak film SPECIES
mngkin ada sekelompok ilmuwan bereksperimen dgn sinyal misterius dari luar angkasa yg dikombinasikan dgn virus di bumi, lahirlah covid lepas kendali kek sekarang
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia