• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Begitu Bangganya Mereka Pakai Merek Luar, Apa Kabar Pengguna Brand Lokal?

drumss
TS
drumss
Begitu Bangganya Mereka Pakai Merek Luar, Apa Kabar Pengguna Brand Lokal?
Stigma akan produk brand asal luar negeri dianggap lebih bagus begitu melekat di segelintir masyarakat kita, bahkan mungkin Agan / Sista merupakan salah satu yang termasuk penggila merek asal luar sana. Harga yang dibandrol relatif mahal tak jadi soal, mereka-mereka tetap loyal meski terkadang bagi beberapa orang melihatnya sebagai hal yang tak masuk akal.

Tak sedikit netizen tanah air yang kerap bagikan momen mereka dengan berbagai produk dari brand luar negeri di kanal jejaring sosial. Mulai dari cara mendapatkan sebuah produk, orderan datang lanjut unboxing, hingga ketika produk itu dikenakan pun seakan tak terlewatkan untuk digembar-gemborkan ke segala penghuni jagad maya. 

Berbagai hal mendasar tak dimungkiri menjadi dasar pertimbangan memilih produk dari brand luar ketimbang merek lokal yang mungkin kebanyakan masih diproduksi oleh para pelaku UKM maupun UMKM. Sebelumnya, salah satu Kaskuser pun juga telah membuat list breakdown dari sederet plus minus mengkonsumsi produk buatan dalam negeri, selengkapnya bisa dibaca disini.

Photo by Khoa Võ from Pexels


Namun tak terbantahkan pula, bagi mereka-mereka yang penggila brand luar pun memiliki sudut pandang tersendiri menyikapi hal ini. Sependek pengalaman ane nih gan, ada beberapa hal yang menjadi concern kenapa mereka lebih memilih berbagai produk buatan brand luar negeri ketimbang dari dalam negeri. Lalu, kalian termasuk dalam bagian yang mana?.

Brand Minded

Menurut (McNeal, 2007), pola pikir ini merupakan sebuah cara pandang seseorang kepada objek-objek komersial, dimana cenderung berorientasi terhadap merek eksklusif dan juta ternama. Tak usah jauh-jauh deh gan, bahkan orang terdekat ane pribadi, My Zheyenk alias istri tercinta pun sempat berkutat dalam kategori ini. Memang butuh perjuangan ekstra keras untuk merubah mindset ini. Namun dengan telaten berusaha menyadarkannya dengan memberikan beberapa perspektif, sampai akhirnya dia sendiri bisa membebaskan dirinya dari predikat minded. Sebagai salah satu bukti, ia pun kini mengkonsumsi produk-produk kosmetik buatan anak negeri sendiri.

Lebih Keren?

Lebih Keren Aja,” jelas perempuan yang kini jadi pendamping hidupku. 
Begitulah pungkas istri tercinta tatkala ditanya mengenai kecenderungan membeli produk bermerek dari luar negeri sana. Meski otak ini serasa dipaksa untuk berpikir kritis, namun tak kunjung pula untuk temukan batas standarisasi akan variable kekerenan yang dimaksud. Sependek pemahaman ane sendiri, keren tersebut cuma dilemparkan oleh teman ataupun orang yang berada lingkungan sekitar dengan melihat akan gaya hidup bergelimang produk bermerek dari luar negeri. Nah, apakah kalian termasuk yang gunakan brand luar demi mendapat sanjungan dari orang lain? 

Diantara Kualitas dan Kepuasan

Tanpa mendiskreditkan produk lokal, memang beberapa orang berpendapat tentang kualitas dan kepuasan saat memilih produk dari brand luar negeri. Beberapa dari lingkungan teman ane sendiri beropini bahwa merek dari luar negeri memang memiliki segi kualitas lebih, hingga pada akhirnya akan memberi tingkat kepuasan lebih pula bagi penggunanya. 

Sumber Gambar alinea.id


Padahal, berbagai produk dalam negeri pun juga sudah merangsak naik dengan mampu bersaing dengan brand-brand dari luar negeri. Mulai dari sepeda, produk fashion, makanan/minuman, karya kerajinan, dan masih banyak lagi. Berbicara soal keren, pakai produk dalam negeri pun juga tetap bisa membuat ke-kerenan kalian pun bertambah. Sebagai contoh, berbagai produk fashion karya anak bangsa pun siap agan boyong untuk menunjang penampilan kalian semakin keren dan cetar membahana emoticon-2 Jempol

Dengan semakin banyaknya merek-merek dalam negeri kebanggan lokal ini pun serasa menjadi bukti nyata kalau sudah saatnya kita untuk lebih #BanggaBuatanIndonesia. Secara tak langsung, dengan membeli produk bikinan anak negeri pun berarti kita sudah membantu para pelaku bisnis UKM atau pun UMKM di berbagai penjuru daerah di Indonesia. 

Sumber Gambar Tokopedia


Nah, bagi kalian pengguna brand lokal maupun internasional, hayukk.. Pada komentar dan utarakan opini versi kamu dengan cara reply pada kolom komentar di bawah. Siapa tau ini jadi obrolan menarik sembari ngabuburit menunggu momen berbuka puasa emoticon-Cool.



Diubah oleh drumss 11-05-2021 07:25
mbakendutdailysocial.idnauvalaziz
nauvalaziz dan 29 lainnya memberi reputasi
28
9.6K
230
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.