News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6093eb5fbd2b3657b350a504/akun-media-sosial-universitas-di-indonesia-jarang-membahas-soal-keilmuan
TEMPO.CO, Jakarta - Pengembang aplikasi Drone Emprit, Ismasil Fahmi mengungkap akun media sosial universitas atau perguruan tinggi di Indonesia masih jarang digunakan untuk membangun narasi keilmuan. Kondisi ini berbeda dengan akun-akun media sosial universitas di luar negeri seperti Amerika yang aktif bicara soal keilmuan. Riset tersebut sebelumnya telah dipresentasikannya pada acara soft-launchi
Lapor Hansip
06-05-2021 20:13

Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan

 Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan

TEMPO.CO, Jakarta - Pengembang aplikasi Drone Emprit, Ismasil Fahmi mengungkap akun media sosial universitas atau perguruan tinggi di Indonesia masih jarang digunakan untuk membangun narasi keilmuan. Kondisi ini berbeda dengan akun-akun media sosial universitas di luar negeri seperti Amerika yang aktif bicara soal keilmuan.

Riset tersebut sebelumnya telah dipresentasikannya pada acara soft-launching Website baru @univ_indonesia bersama civitas academica UI pada 3 Mei 2021. Riset tersebut salah satunya membahas bagaimana keaktifan tiga perguruan tinggi terbesar di Indonesia dalam menggunakan media sosial untuk membangun jejaring dan narasi tentang ilmu pengetahuan.

Perguruan tinggi terbesar di Indonesia tersebut yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI).

Dalam unggahan Twitternya, Fahmi menganalisis keyword pada akun resmi masing masing perguruan tinggi tersebut. Ia ingin melihat bagaimana perguruan tinggi berinteraksi dengan civitas, alumni, industri, dan publik di media sosial.

Analisis tersebut dilakukan dalam periode 3 tahun. Pada aplikasi Drone Emprit telah menyimpan data sejak pertengahan 2017, di mana analisis tersebut dimulai pada 1 Januari 2018 hingga 2 Mei 2021.

Pada thread Twitter yang diunggah Fahmi tersebut, ia menjelaskan hal terpenting yang dilihat dari akun resmi perguruan tinggi yaitu bagaimana mereka membahas narasi pada sosial medianya terutama pada narasi keilmuan.

Pada perguruan tinggi terbesar di Indonesia, tidak banyak ditemukan tagar yang berkaitan dengan fokus keilmuannya. Justru sebaliknya, banyak ditemukan tagar dari luar khususnya terkait politik, yang memanfaatkan atau menarik ketiga perguruan tinggi ini.

Misalnya terkait @itbofficial terdapat tagar #TanyaFADJROEL, #HTIOrmasTerlarang, #01IndonesiaMaju, #TurunkanSuharto, dll.

Pada akun resmi Universitas Gajah Mada @UGMYogyakarta ditemukan banyak tagar protes dari mahasiswa, seperti #ShameUGM, #UGMBohongLagi, #bukanPANUTanku, #UGMDaruratKekerasanSeksual, dll.

Sedangkan untuk akun resmi Universitas Indonesia @univ_indonesia ada tagar #01IndonesiaMaju, #ILCHoaxBasmiUUTerorisme, #IndonesiaCallsObservers, #TangkapAdeArmando, #BasmiBuzzerRadikal, dll. Sedikit sekali ditemukan tagar terkait keilmuan dari ketiga perguruan tinggi terbesar di Indonesia ini.

Social Network Analysis (SNA) atau analisis jaringan sosial pada tiga perguruan tinggi di Indonesia yakni ITB, UGM, UI. Terlihat ketiga akun universitas tersebut saling berdekatan dan dihubungkan oleh follower yang merupakan irisan ketiganya. Akan tetapi selain cluster atau kelompoK dari universitas tersebut, terdapat dua cluster besar di luar itu, yaitu kelompok pro dan kontra pemerintah.

Pada dua cluster tersebut, memperlihatkan cukup besarnya pengaruh mereka dalam percakapan terkait ketiga perguruan tinggi ini. Artinya, narasi topik di luar keilmuan yang menjadi foKus pada perguruan tinggi juga akan besar.

Fahmi memaparkan civitas dari ketiga perguruan tinggi terbesar di Indonesia dalam membahas narasi keilmuan dan besarnya cluster pro-kontra termasuk minim. Akibatnya, tagar terkait keilmuan bukan menjadi yang dominan yang seharusnya menjadi keunggulan bidang perguruan tinggi.

“Isu terkini terkait riset dan inovasi di Indonesia, dimana perguruan tinggi dan civitasnya sudah seharusnya punya pemikiran dan concern besar, yaitu tentang BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) yang menuai banyak kritikan,” tutur Fahmi dalam unggahannya.

Dari data seminggu terakhir, peta SNA BRIN memperlihatkan sebuah cluster besar dari kalangan kontra Pemerintah dan cluster sedang pro pemerintah. Selain itu ada dari akademisi yang diwakili oleh satu cluster kecil yakni @yanuarnugroho. Meskipun ia banyak dikritik, akan tetapi sulit menemukan akademisi yang bersuara terkait narasi keilmuan.

Lanjut penjelasan Fahmi dalam cuwitan Twitternya, di Indonesia, perguruan tinggi dan civitas di Indonesia belum aktif dalam memanfaatkan media sosial untuk tujuan terkait Science, Technology, Engineering, and Mathematics atau STEM. Sangat sedikit civitas yang aktif, berani, dan bisa menyampaikan pemikirannya di ruang publik media sosial.

Minimnya percakapan yang melibatkan universitas dari kalangan civitas, membuat pengaruh polarisasi politik selama dan setelah pilpres menyeret universitas menjadi tampak kuat.

Mengingat semakin pentingnya peran media sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada generasi Y dan Z. Maka perlu semakin aktif keterlibatan universitas dan civitas academicanya dalam berjejaring dan menyebarkan pemikiran, riset, dan karya mereka di platform media sosial.

link


Pada perguruan tinggi terbesar di Indonesia, tidak banyak ditemukan tagar yang berkaitan dengan fokus keilmuannya. Justru sebaliknya, banyak ditemukan tagar dari luar khususnya terkait politik, yang memanfaatkan atau menarik ketiga perguruan tinggi ini.


Misalnya terkait @itbofficial terdapat tagar #TanyaFADJROEL, #HTIOrmasTerlarang, #01IndonesiaMaju, #TurunkanSuharto, dll.

Pada akun resmi Universitas Gajah Mada @UGMYogyakarta ditemukan banyak tagar protes dari mahasiswa, seperti #ShameUGM, #UGMBohongLagi, #bukanPANUTanku, #UGMDaruratKekerasanSeksual, dll.

Sedangkan untuk akun resmi Universitas Indonesia @univ_indonesia ada tagar #01IndonesiaMaju, #ILCHoaxBasmiUUTerorisme, #IndonesiaCallsObservers, #TangkapAdeArmando, #BasmiBuzzerRadikal, dll. Sedikit sekali ditemukan tagar terkait keilmuan dari ketiga perguruan tinggi terbesar di Indonesia ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 20:17
Lucu banget tagar2 universitas2 di Indonesia ya ternyata.

emoticon-Ngakak

Mbok ya civitasnya sekali2 antusias mentweetkan penelitian2 ilmiahnya yang di luar topik sospol.

emoticon-Entahlah

Gitu itu tempo hari ada yg nyinyir soal anggaran ristek dikti dipangkas.
Enga tepat guna ya dipangkas lah.

emoticon-Betty
Diubah oleh yellowmarker
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 20:19
Kampusnya Ade Armando
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 20:20
Itukan tagar dan keyword...bukan akun nya yg mosting....semua hasil twitt nya netizen Indo....kaya ga tau kualitas netizen Indo...
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 20:20
Emang adminnya siapa
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 20:23
Nebar hoax?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 20:28
sekarang ga di sekolah dasar sd smp sma universitas yg dibahasss adalah itu haram dan itu halal...kilapah dan syaringah


lu pengen jadi peneliti, ngimpi bisa berkembang di situasi kondisi seperti itu. beda dikit dimasukin neraka, beda dikit dikatain kapir.

yg kaya dan dipuja adalah lulusan timur tengah.


tarbiahh tarbiaaahhh....

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 20:41
emg mahasiswa belajar keilmuan ya?
profile-picture
profile-picture
Kitakaze dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 20:42
kadal gurun.
0 0
0
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 20:56
itu kan tagar dari pengguna sosmed nya ,bukan kampusnya
emang selera masyarakat kita yg kontroversi2 kok
coba itu berita pelecehan pas kkn di ugm pasti rame, sjw2 langsung turun , akun2 gosip muncul nebar spekulasi, muncul akun2 yg sok kenal sama korban dgn bahasa milenial misa 'iya korban adalah temen kakak sepupuku ku tapi beda fakultas, meski jarang ketemu tapi kata kakak sepupuku yg udah gk ketemu 10tahun, korban itu emang introvert dan penyendiri guys , so gk mungkin korban flirting duluan 😭'
tapi pas ugm bikin genose ya beritanya biasa2 aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buzzer.beater dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 20:57
ITB buzzer, UI Kadrun. sisanya mah classic Universitas Get Molested dari dulu.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh KuwuRT
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 21:06
Ane lihat yg suka bikin link jurnal itu Unpad. Meskipun branding juga sih, ngiklan keunggulan.
Tapi seenggaknya masih mending deh kalau dibandingkan tiga lainnya emoticon-Ngakak (S)

Perkecualian untuk Yujiem yg kena skandal tak terlupakan emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 21:16
sejak tarbiyah & rohis merajalela ya gak heran sih...yg penting mabok agama, sains gak bisa nganter masuk surga emoticon-Leh Uga emoticon-Wkwkwk
pantesan di Asean jg paling banter ranking 15 emoticon-Wakaka
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 21:22

Survei yg menarik dan bagus, kebetulan temen ane jg ada ambil data2 penelitian aplikasi tntng ujaran kebencian di twitter
profile-picture
profile-picture
secer dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 21:23
Mahasiswa dan dosennya hobi ngegame dan cekrek upload
emoticon-Cape d...
Ane lihat di akun fb hanya segelintir dosen yang posting keilmuan
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 21:25
Makanya yg ngaku paling pancasilais kuasain dong kampus jangan sibuk korupsi aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 22:17
Pantes aja warga depok level pengetahuannya sebatas babi ngepet. Miris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 22:59
Ya wajar kalau yg ngelola buzzer RP apalagi yg berkumis dan berkacamata mirip homok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
06-05-2021 23:35
Karena banyak anj1ng2..yg bermain politik praktis di pt, gk mahasiswa gk dosen sama aj,...
Siapa yg punya massa yah dia yg nguasain kampus...
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
07-05-2021 00:27
itu ketiga kampus PTNBH, ngejar profit kampus begini.

mereka pengelolaan keuangannya sendiri, riset bisa mendanai sendiri.

laporan ya mereka sendiri yang tau.

emoticon-Leh Uga

lah coba kampus SATKER/ BLU, dana penelitian kagak jelas, duitnya ga jelas, setelah output jadi jual produknya susah dan akhirnya cuma berakhir di administrasi.

pemerintahnya juga ga bisa bantu marketingin ke perusahaan, produk dari perguruan tinggi dijadiin barang, cuma berakhir di jurnal dan paten.

fungsi kementrian perdagangan juga ga jelas.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
steven.thereds memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akun Media Sosial Universitas di Indonesia Jarang Membahas Soal Keilmuan
07-05-2021 00:32
Malah jadi ajang buat berpolitik ya akun resmi universitas ini. Efek banyaknya buzzer di medsos kalo ane rasa
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia