adeb124
TS
adeb124
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara

Hidangan Indonesia yang populer di dunia Internasional. Wisatawan mancanegara mengenal Indonesia sebagai salah satu pusat tujuan wisata dunia. Berbagai faktor seperti masakan, budaya dan tentunya keindahan alam yang menjadi pemicu banyaknya warga asing yang mengunjungi Indonesia.

Namun, salah satu faktor penyebab mengapa Asia terutama Indonesia menjadi destinasi wisata favorit turis asing adalah karena berwisata di Indonesia, tak semahal di negara-negara eropa. Ketika krisis ekonomi melanda dunia, maka alternatif mereka adalah berkunjung ke Indonesia.



illustrasi (Image: Getty Images)

Yang menjadi salah satu faktor penarik dan penentu wisata di Tanah Air adalah dari segi kuliner. Kuliner Indonesia sudah menjadi salah satu tren makanan yang digemari di seluruh dunia. Nah, tak ada salahnya Sahabat Migran mengetahui hidangan apa saja yang menjadi kesukaan dan dikenal oleh penduduk dunia tersebut?

Berikut ini terdapat 10 hidangan khas Indonesia yang begitu populer di mancanegara dan dikenal karena kenikmatan dan cita-rasanya yang berbeda.

1. Nasi Goreng



illustrasi (Image: Getty Images)

Nasi goreng atau nasi yang digoreng, adalah makanan di urutan pertama yang paling dikenal oleh turis mancanegara. Saking populernya, hidangan nasi goreng dipastikan ada di seluruh hotel yang ada di kawasan wisata dan perhotelan di Indonesia. Jika Sahabat Migran menginap di salah satu hotel di Indonesia baik itu hotel melati atau hotel berbintang, nasi goreng dipastikan menjadi salah satu menu utama untuk sarapan.

Hidangan inipun dapat dijumpai baik di restoran kelas atas, ataupun tempat jajanan khas kaki lima. Dengan mengandalkan bumbu khas rempah-rempah asli Indonesia. Nasi Goreng seringkali diciptakan bervariasi dan dengan tambahan aneka topping nan lezat seperti daging sapi, daging ayam, sate, bakso, udang, hingga telur dadar.

Meskipun asal muasalnya bukanlah dari Indonesia, dan dari daratan China, tetapi Nasi Goreng telah menjadi ikon hidangan khas Indonesia yang mampu mempersatukan semua kalangan dan lintas strata sosial di dunia.

2. Gado-gado


illustrasi (Image: Getty Images)

Turis Asing banyak yang menyebut Gado-gado sebagai ” Salad Sayur Indonesia”. Memang, terdapat kemiripan antara hidangan Salad dengan Gado-gado.

Yang membedakan terletak pada isiannya. Gado-gado lebih banyak isian sayuran, tahu, kerupuk dan komposisi bumbu kacangnya yang terkadang diberikan tambahan cabe.

Sedangkan salad, tidak ada penambahan cabe dan gorengan seperti tahu goreng ataupun kerupuk. Karena orang barat tidak menyukai pedas.

Tetapi, karena itulah, banyak turis asing yang merasa bahwa gado-gado adalah makanan yang harus mereka nikmati ketika mereka mengunjungi Indonesia kembali. Popularitas gado-gado menjadikan hidangan khas Indonesia ini sangat dikenal di mancanegara.

3. Sate


illustrasi (Image: Getty Images)

Sate merupakan hidangan khas Indonesia lainnya yang digemari dan sangat dikenal oleh turis asing. Meskipun masakan Sate terdapat di hampir negara-negara Asia, namun Sate khas Indonesia, tetap menjadi favorit para turis dari mancanegara.

Bumbu Sate khas Indonesia memang spesial. Mereka menggunakan beberapa jenis bumbu seperti, kacang, kecap manis dan cabai atau dengan menggunakan sambal terasi. (jenis bumbu yang terakhir ini tidak semua daerah menyediakan dan ada)


Sate menjadi salah satu hidangan paling populer di dunia, karena terdapat di hampir semua restoran kelas atas, ataupun hotel berbintang dan juga tempat jajan khas kaki lima di pinggir jalan.

Terdapat beberapa daging yang sering dipergunakan untuk membuat sate, seperti kambing, ikan, ayam, babi atau jenis daging lainnya.

Untuk menikmati Sate, biasanya ditemani dengan lontong ataupun nasi hingga membuat kenyang siapapun yang menikmatinya.


4. Rendang

illustrasi (Image: Getty Images)



Popularitasnya luar biasa. Pernah dinobatkan sebagi makanan paling enak di seluruh dunia oleh media CNN. Hidangan khas dari Sumater Barat inipun memiliki banyak macam dan rasa. Karena asalnya dari Sumatera, maka banyak yang mengidentikkan makanan ini sebagai makanan khas Melayu.

Cara mengolah Rendang berbeda dengan hidangan khas Indonesia lainnya. Proses memasak hidangan ini lama, sehingga dalam membuat Rendang dibutuhkan waktu dan tenaga yang lebih.


Tak ayal membuat Rendang jauh lebih mahal harganya ketimbang hidangan lainnya. Terkadang, banyak yang mengira bahwa Rendang adalah hidangan kari. Namun, itu sangat berbeda. Rendang dibuat dengan mengeringkan santan supaya daging menjadi semakin empuk.

5. Nasi Uduk

illustrasi (Image: Tripadvisor)


Nasi uduk merupakan salah satu dari sekian banyak hidangan yang berbahan dasar nasi. Dan secara harfiah, makanan ini berarti ‘nasi campur’ dalam dialek Betawi. Nasi Uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan bersama dengan daun pandan, serai, cengkih, dan kayu manis. Tentu saja hal Ini menghasilkan tekstur nasi yang lebih lembut, lebih gurih, dan aromatik yang dipadukan dengan tempe atau ikan teri.

Telah lama, hidangan nasi uduk menjadi makanan untuk sarapan yang paling populer di Indonesia, dan sering dijual dengan lauk seperti telur, bihun goreng, atau kentang. Nasi uduk juga terkadang dikemas dengan menggunakan daun pisang berbentuk kerucut.

Nasi Uduk kini juga banyak dihidangkan di restoran-restoran kelas atas ataupun hotel-hotel berbintang. Sehingga menjadikan hidangan inipun naik kelas dan digemari oleh turis-turis mancanegara.

6. Mie Aceh

illustrasi (Image: Getty Images)



Hidangan Mie Aceh berasal dari daerah Sumatera khususnya daerah Aceh. Mie khas Aceh ini dikenal karena teksturnya yang besar dan kenyal serta pedas.

Penggemar Mie Aceh dari berbagai daerah di nusantara dan turis-turis mancanegara. Pada umumnya, Mie Aceh akan diberikan tambahan seperti irisan daging sapi, kambing ataupun seafood dan tidak lupa tambahan sayuran seperti tauge, bawang putih, kol dan tomat.

7. Kerak Telor

illustrasi (Image: Istimewa)


Hidangan Kerak telor adalah omelet pedas khas Betawi, hidangan khas Jakarta yang hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu, bahkan seringkali dapat dijumpai di area Jakarta Fair.

Kerak telor biasanya dimasak di dalam wajan kecil di atas arang. Ketan dimasak bersama telur kemudian ditambahkan toping serundeng atau kelapa parut goreng, bawang merah goreng, udang kering dan sedikit merica.


Namun, terkadang pula ditambahkan potongan telur bebek atau ayam dan disajikan panas-panas.

8. Bakso

illustrasi (Image: Getty Images)


Bakso atau sup bakso adalah hidangan yang terbuat dari daging sapi dan disantap biasanya dengan kuah panas, dan merupakan makanan jalanan favorit di negara ini. Bakso sebagian besar terbuat dari daging sapi dan tepung tapioka yang membuatnya berair dan empuk. Kemudian dipertemukan dengan bihun dan beberapa sayuran di dalam satu mangkuk.

Terdapat banyak varian bakso di Indonesia, tetapi semuanya mengandung tiga bahan utama yakni: bakso, mie dan kaldu (bakso kuah bagaimanapun adalah sup bakso yang disajikan tanpa mie). Bakso biasanya dijual di gerobak kecil atau kedai. Bahkan bisa ditemui sebagai makanan beku di supermarket.

9. Pempek

illustrasi (Image: Getty Images)



Pempek adalah penganan khas kota Palembang yang terbuat dari tepung tapioka dan digiling bersama ikan tenggiri. Teksturnya yang kenyal dan gurih, menjadikan penganan ini begitu disukai oleh semua orang.

Untuk menikmati pempek, diperlukan saus untuk cocolan yang terbuat dari cuko (saus cuka). Biasanya, pempek akan dinikmati bersama irisan timun, mie kuning dan nasi.

10. Gudeg

illustrasi (Image: Pesona Indonesia)



Hidangan Gudek, adalah masakan tradisional khas daerah Jawa yang terbuat dari nangka muda mentah yang kemudian direbus selama berjam-jam dengan menggunakan santan, gula aren, serta bumbu rempah lainnya. Adakalanya, bumbu tambahan diberikan seperti bawang putih, biji ketumbar, bawang merah, daun salam, dan daun jati (untuk memberi warna kemerahan pada hidangan).

Gudeg adalah hidangan yang sangat populer dari daerah Yogyakarta dan Solo. Hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan telur dan ayam goreng.

Terdapat dua jenis hidangan Gudeg, yaitu varian basah dan kering. Keduanya sama-sama menggunakan bahan-bahan yang sama, namun hanya di bagian santannya saja yang dikurangi dan ditambahkan.





















indramamothRifanXedv039
edv039 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
7.5K
183
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.