• Beranda
  • ...
  • Games
  • Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan

TukangRipiewAvatar border
TS
TukangRipiew
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan


Dulu, generasi 90-an hidup dalam keterbatasan untuk memperoleh informasi, sehingga mereka lebih banyak beraktivitas di luar rumah. Memanfaatkan sumber alam disekelilingnya untuk dijadikan alat bermain, pergi ke rumah tetangga dan mengajak main satu sama lainnya. Itu mereka lakukan karena belum adanya teknologi seperti zaman sekarang gansis. Kebalikannya dengan sekarag, dimana zaman sudah modern dan tidak asing jika melihat anak kecil lebih asyik memainkan gadget mereka masing-masing. Jangan heran kalau ada anak umur lima tahun sudah mengenal Youtube, Facebook, Instagram, TikTok, dan game online. Tentu Fenomena ini akan terus berganti pada masanya, akan ada masa dimana generasi 2000-an merasakan apa yang dirasakan generasi 90-an sekarang. 

Berhubung bulan ramadan, ane mau sedikit cerita tentang dimana generasi 90-an menjalankan ibadah puasa dengan menghabiskan waktu bermain di luar bersama teman-temannya sampai menjelang buka puasa tiba. 

Beberapa permainan generasi 90-an saat ngabuburit dibulan Ramadan

Bermain Kelereng atau Gundu




Permainan simple ini sangat populer bagi generasi 90-an, mereka mengkoleksi berbagai macam warna gundu yang didapatkan ketika mereka menang melawan temannya. Kepopuleran kelereng  menyebar ke berbagai penjuru di daerah yang ada di Indonesia lho gansis.

Tak Benteng




Permainan ini biasanya dilakukan 3 orang lebih, bahkan mencapai puluhan lho gansis. Benteng yang digunakan biasanya berbentuk tiang, biasanya mereka bermain di lapangan yang ada gawang atau tiang basket, atau bahkan sekedar menggunakan tembok warga hehe. Permainannya sangat mudah, cukup menangkap lawan dan menyelamatkan teman. Sampai salah satunya kehabisan teman karena tertangkap dan inilah saatnya lawan menyentuh benteng dan berteriank "Benteng" inilah tanda akhir permainan. Seru ya gansis, selain menyenangkan permainan ini juga melatih fisik lho.

Pletokan




Permaianan yang berasal dari Jawa dan Sumatera Barat ini merupakan permainan yang sangat populer dikalangan anak laki-laki lho. Bunyinya yang keras dan biasa digunakan untuk main perang-perangan. Terbuat dari bambu atau kayu yang  tengahnya berlubang lalu diisikan peluru yang dibuat dari kertas yang dibasahkan dan didorong dengan kayu kecil sehingga menimbulkan bunyi yang nyaring. 

Tazos




Mainan ini berasal dari hadiah yang terdapat di dalam sebungkus makanan ringan. Untuk anak generasi 90-an sensasi membuka bungkus chiki dan merasakan sensasi begitu melihat isinya itu udah kayak mengeluarkan sinar kalau dapet yang langka lho gansis. Ini merupakan pengalaman yang sungguh tak terlupakan. Lucunya mereka membeli chiki dan memberikan snack tersebut kepada temannya namun tidak untuk tazosnya lho.

Cara mainnya gampang banget, salah satunya ada yang dengan adu tos-tosan. Kedua pemain melakukan tos-tosan tazosnya. Jika kepingan tazos gansis sudah ditos dan jatuh di lantai lalu menunjukkan bagian gambar, nah itu tandanya gansis menang, lainhal jika tazos gansis jatuh dan menghadap belakang itu tandanya gansis kalah. Buat yang menang akan berhak mendapatkan tazos lawan, permainan ini ngeri-ngeri sedap kalau kalah tazos yang langka pasti bakalan sedih banget. 


Selain permaianan di atas, masih banyak lho permaianan yang generasi 90-an mainkan. Seperti  monopoli, ular tangga, Gameboy aki, yoyo, tamiya, beyblade, dan masih banyak lagi. Kalau gansis dulu pas ngabuburit waktu kecil main apa nih abreng temen-temen?

 
adijaya89
azhuramasda
BocahGenit
BocahGenit dan 26 lainnya memberi reputasi
25
5.8K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.