si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Heckler & Koch MP7 - Submachine Gun yang Jadi Andalan Paspampres dan Kopassus
Uzi dan Brugger & Thormet MP9 dikenal sebagai Submachine Gun milik TNI yang hadir dengan magazine terletak di dalam grip, selain kedua senjata tersebut, ada senjata lain yang punya desain yang serupa. Senjata yang ane maksud adalah buatan Jerman, produksi Heckler & Koch yang telah digunakan oleh Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Senjata buatan Jerman tersebut diberi label H&K MP7, Submachine Gun yang menggunakan kaliber khusus, yakni 4,6 x 30 mm. Dikutip dari indomiliter.com (05/02/2019), H&K MP7 pertama kali diperlihatkan di stand Kopassus saat Pameran Alutsista TNI AD tahun 2012 di Lapangan Monas. Sebagai senjata yang datang dalam jumlah terbatas, H&K MP7 adalah barang spesial, karena kaliber munisinya tidak diproduksi oleh PT Pindad.

Dibekali kaliber 4,6 x 30 mm, MP7 yang ditembakan dari jarak 50 meter bisa menembus rompi CRISAT (Collaborative Research Into Small Arms Technology). Bahkan munisi ini masih menyisakan energi sebesar 220 joule, yang cukup untuk menghancurkan apa yang ada di balik rompi. Munisi 4,6 mm dirancang memiliki bentuk selongsong dengan bentuk leher mengecil, dan memiliki diameter lebih besar dari ukuran proyektil. Sehingga kecepatan peluru ini sangat tinggi, mencapai 735 meter per detik dengan gaya impact mencapai 420 joule.





Saat Pak JK masih jadi Wapres, ikut mencoba MP7 juga emoticon-Big Grin

Foto: antaranews.com



H&K MP7 dibuat dari material berbahan dasar polymer dengan mengusung desain kompak seperti Uzi. MP7 hadir dengan grip lipat di bagian depan untuk menstabilkan pembidikan. Mengikuti perkembangan senjata modern, H&K MP7 sudah dilengkapi picatinny rail pada bagian atas serta samping kiri dan kanan receiver.

Picatinny rail ini bisa dipasangi berbagai macam aksesoris pendukung seperti alat pembidik optik, seperti Zeiss Z-Point red dot sight yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan. Yang menjadi ciri khas lain dari MP7 adalah pemakaian silencer (peredam). Selain itu popornya bisa dipanjangkan atau dipendekan sesuai kebutuhan.

H&K MP7 mengusung sistem operasi gas dengan rotating bolt. Di mana gas hasil penembakan akan mendorong push rod, yang kemudian mendorong pegas dibelakangnya untuk memindahkan bolt carrier dan memasukan peluru 4,6 x 30 mm. Peluru ini juga biasa disebut sebagai versi miniaturisasi dari peluru kaliber 5,56 x 45 mm NATO. Untuk spesifikasi lengkap MP7 sebagai berikut:


Panjang Senjata: popor dimasukkan 415 mm, dengan popor ditarik mencapai 638 mm
Panjang Laras: 180 mm
Bobot: 2,1 kg (magazine 30 peluru) dan 1,9 kg tanpa (magazine)
Pleuru: 4,6 x 30 mm
Magazine: 20, 30, 40 peluru
Rata-Rata Tembakan: 950 butir per menit
Jarak Tembak Efektif: 200 meter
Kecepatan Peluru: 735 m/detik




Posisi saat popor dipanjangkan.


Ilustrasi: military.com




Saat popor dipendekan.

Ilustrasi: wikipedia.org




Dari kiri ke kanan 4,6 × 30 mm (peluru yang dipakai MP7), 5.7 × 28 mm, .30 M1 Carbine

Ilistrasi: wikipedia.org



Dirunut dari sejarahnya, H&K MP7 mulai diproduksi pada tahun 1999, dan mulai resmi digunakan sejak tahun 2001. Senjata ini juga digunakan oleh militer dan pasukan khusus Jerman (GSG 9). Perang Afghanistan dan Perang Irak menjadi ajang pembuktian kemampuan senjata asal Jerman ini.

Di Indonesia sendiri pengguna senjata ini adalah Kopassus serta Paspampres, desainnya yang ringkas memang membuat senjata asal Jerman ini cocok menjadi pegangan para pasukan khusus. Tercatat sekitar 20 negara lain juga sudah melengkapi pasukannya dengan MP7 ini.

Demikian sedikit bedah senjata asal Negeri Bavaria, semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan baru untuk agan dan sista di bidang tembak-menembak. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal hingga akhir, sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya emoticon-Angkat Beer










Referensi: 1.2.3
Ilustrasi Gambar: google image dan berbagai sumber
Diubah oleh si.matamalaikat 05-05-2021 02:55
asamboiganlimdarmawanminhakim20
minhakim20 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
10.7K
128
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.