• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ingin Tampil Maksimal Tanpa Rasa Gugup? Lakukan Cara Berikut Ini!

iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Ingin Tampil Maksimal Tanpa Rasa Gugup? Lakukan Cara Berikut Ini!

trustmepr.com

Tidak semua orang mempunyai pembawaan yang tenang jika sudah berbicara di depan umum. Dari kecil hingga saat ini, rasa gugup saat berada di depan umum masih suka menghantui ane. Membayangkannya saja dah bikin ane panas dingin, GanSist.

Pernah dulu waktu sekolah ane dapet tugas ikut lomba pidato mewakili sekolah. Jangan ditanya perasaan ane kek apa, dari pemberitahuan hingga hari H ane gak bisa tidur nyenyak, GanSist! Pikiran-pikiran buruk selalu menghantui. Namun, sekarang ane sudah bisa sedikit demi sedikit melawan rasa gugup tersebut.

viva.co.id

Jika GanSist punya permasalahan yang sama seperti ane, ada baiknya mencoba beberapa tips ampuh mengatasi gugup atau nervous di hadapan publik. Rasa gugup ini sebenarnya yang paling berperan besar adalah pikiran-pikiran negatif yang berjejalan di dalam otak. Umumnya yang ada di dalam pikiran kala itu adalah bagaimana kalo nanti ane membuat kesalahan fatal, bikin malu, atau apa yang harus ane lakukan nanti.

Hal yang paling utama adalah menenangkan pikiran negatif yang berkembang liar di dalam otak. Buang jauh-jauh pikiran yang membuat rasa takut, membuat gugup. Untuk mengatasinya, sering-seringlah latihan di depan cermin besar, yakinkan diri jika kita bisa melakukannya. Jika orang lain bisa, kenapa kita nggak. Tanamkan terus di dalam otak.

merdeka.com

Atur pernapasan, GanSist bisa melatih napas sesaat sebelum tampil. Tarik napas perlahan, lalu hembuskan kembali secara perlahan. Lakukan terus hingga rasa gugup sedikit berkurang. Aroma terapi juga bisa Agan gunakan untuk membuat tenang, Esse Punch Pop bisa dijadikan alternatif buat Agan yang perokok. Aroma dan sensasi yang diberikan bisa membuat rileks.

Semakin banyak latihan, semakin sering berbicara di depan umum, lama kelamaan akan membuat rasa gugup dan nervous menghilang. Tanamkan rasa percaya diri dalam hati, ane pasti bisa! Selanjutnya menjaga penampilan juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Selain menjaga penampilan, hal terpenting lainnya adalah mempersiapkan semuanya secara baik. Jangan mengacaukan apa yang akan dikerjakan.

Jika semuanya sudah dilakukan, jangan lupa berdoa agar penampilanmu lancar di depan umum nanti. Jangan takut gagal, jangan berpikiran buruk, intinya lenyapkan semua pikiran negatif di dalam otak, kemudian tanamkan semua hal positif yang bisa menambah rasa percaya diri. Yakinlah pada diri sendiri. Bagaimana pengalaman Agan dan Sista, apa ada yang seperti ane?

Ane pamit undur diri, jumpa lagi di thread ane selanjutnya. Tetap semangat, tetap percaya diri, bahagia selaluemoticon-terimakasih
Diubah oleh iissuwandi 13-04-2021 00:47
herihartawan88
zanelukman03
PutraHadikusumo
PutraHadikusumo dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.