• Beranda
  • ...
  • Medan
  • UMKM Hasil Berkebun Di Ladang, Berkah Dari Keringat Sendiri Itu Lebih Bermakna!

embunsuciAvatar border
TS
embunsuci
UMKM Hasil Berkebun Di Ladang, Berkah Dari Keringat Sendiri Itu Lebih Bermakna!



Hai, Sahabat Kaskus ... Semoga di bulan penuh berkah ini, di masa Pandemi kita selalu sehat dan semangat. Aamiin.

Kali ini ane ingin berbagi UMKM hasil kebun sendiri. Terdiri dari kelapa, nenas, semangka, timun, pepaya, cabai rawit, cabai merah, rimbang, tomat dan masih banyak lagi. Hasil dari kebun sendiri ini dijual di tempat strategis seperti di pinggir jalan. Nah, tempat ini tepat berlokasi tak jauh dari pasar Binanga Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.





Nah, hasil kebun ini dijual tepat di depan SPBU Utterudang, Binanga Sumatera Utara. Kelapa hasil kebun sendiri ini dijual seharga tiga sepuluh ribu, untuk yang membeli lebih dari dua puluh butir. Sedangkan untuk per biji, dihargai lima ribu satu buahnya.





Untuk nenas, dihargai sama, yakni tiga sepuluh ribu. Akan tetapi harganya akan naik menjelang lebaran seperti ini. Karena biasanya akan ramai membuat kue nastar. Dan sudah kebiasaan pedagang mengambil kesempatan dalam hal ini. Untuk menaikkan harga barang dagangannya. Hehe.





Untuk timun murah saja, karena biasanya masyarakat sekitar, banyak yang menanam dan memanen timun. Tanah sehabis bersawah akan dialihfungsikan menjadi ladang sayuran bagi masyarakat setempat. Salah satunya menanam timun dan semangka.








Berkebun dan memperjual belikan hasil keringat sendiri, akan terasa lebih berkah dan bermakna. Rasa lelah dan letih usai berpanas-panasan akan terasa nikmat setelah mendapatkan hasil yang bermanfaat. Nah, UMKM ini mudah saja, hanya modal lahan kosong, bibit dan perawatan sekedarnya. Kita sudah bisa memiliki hasil kebun yang bisa dijadikan UMKM. Modal dalam berkebun ini tidak begitu besar. Kalau tidak memiliki lahan kosong dan dengan ruang yang sempit seadanya. Zaman sekarang sudah ada yang namanya berkebun secara Hidroponik. Banyak jalan menuju Roma, bukan? Teman ane banyak yang usaha kecil-kecilan dengan berdagang sawi manis, yang hasilnya dari panen berkebun secara hidroponik. Tunggu apalagi, yuk tingkatkan kreativitas kalian dengan berdagang, usaha kecil-kecilan tapi untungnya lumayan. Hehe.


Sekian Thread sederhana ane. Semoga bermanfaat dan tertarik untuk mengikuti UMKM satu ini. Dagang adalah salah satu jalan usaha yang dianjurkan oleh Rasulullah. Semoga berkah dan selalu semangat untuk semua pedagang UMKM. Terima kasih.


Sumber : Opri dan Dokpri.
Diubah oleh embunsuci 04-05-2021 10:49
081364246972
megagledeg
selirsadis
selirsadis dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.5K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medan
Medan
icon
499Thread998Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.